eprintid: 15859 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/58/59 datestamp: 2022-07-19 04:36:22 lastmod: 2022-07-19 04:36:22 status_changed: 2022-07-19 04:36:22 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Yusuf, Maulana title: Evaluasi Kebijakan Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar Wilayah II Kecamatan Kebayoran Baru Jakarta Selatan ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: Evaluasi Kebijakan Pendidikan, Pendidikan Inklusif abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kebijakan pendidikan inklusif di Sekolah Dasar yang berada di Wilayah II Kecamatan Kebayoran Baru, mencakup (1) kesesuaian penyelenggaraan pendidikan inklusif dengan delapan Standar Nasional Pendidikan khususnya untuk pendidikan inklusif yaitu standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar penilaian, standar kompetensi guru dan tenaga kependidikan, standar sarana prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan, (2) mendeskripsikan berbagai hambatan dalam pelaksanaan pendidikan inklusif, dan (3) solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala saat penyelenggaraan pendidikan inklusif. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan model Discrepancy (kesenjangan). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar yang berada di Wilayah II Kecamatan Kebayoran Baru. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas 1-6, dan guru pembimbing khusus yang berada di Sekolah Dasar yang berada di Wilayah II Kecamatan Kebayoran Baru. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan kebijakan pendidikan inklusif di Sekolah Dasar yang berada di Wilayah II Kecamatan Kebayoran Baru belum sesuai dengan standar pelayanan minimal pendidikan inklusif, yang mencakup pada kedelapan Standar Nasional Pendidikan standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar penilaian, standar kompetensi guru dan tenaga kependidikan, standar sarana prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan, dengan tingkat pencapaian 40.34% yang berada pada kategori kurang baik dan tingkat kesenjangan 59.66% (2) hambatan yang dihadapi adalah tidak adanya Guru Pembimbing Khusus (GPK) dan minimnya pemahaman guru reguler tentang pendidikan inklusif, sarana dan prasarana yang belum memadai bagi peserta didik berkebutuhan khusus, dan (3) solusi yang dapat dilakukan guna mengatasi kendala tersebut adalah menyediakan elaborasi, memberikan pelatihan-pelatihan bagi guru-guru regular tentang pendidikan inklusif, dan berkerjasama dengan pihak-pihak terkait agar dapat membantu pelaksanaan pendidikan inklusif. date: 2019-02-26 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA A.K. Mudjito dan Harizal. 2012. Pendidikan Inklusif, Jakarta: Baduose Media Abd, Rahman A. Ghani . 2009. Mengurai Simpul Pendidikan. Jakarta: Uhamka. Press Abdul Majid, 2014. Evaluasi Kinerja SDM. Jakarta: Haja Mandiri Afrina Devi Marti. Pendidikan Inklusif Disekolah Dasar Kota Padang.Volume 1 Nomor 3 September 2012 E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus) http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu Allen, K. Eillen. (1980). Mainstreaming in Early Childhood Education. New York, USA : Delmar Publisher Inc. Anas Sudijono. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Armansyah.2009. Perspektif Pendidikan Inklusif Pendidikan Untuk Semua, Padang:UNP Press, Budi Winarno. 2012. Kebijakan Publik: Teori, Proses dan Study Kasus. Yogyakarta: Centre for Academic Publisihing. Budiyanto. 2005. Pengantar Pendidikan Inkusif Berbasis Budaya Lokal. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Dadan Rachmayana, 2013. Menuju Anak Masa Depan yang Inklusif, Jakarta : PT Luxima Metro media. Deden Saepudin. 2013. Pengembangan SLB sebagai Pusat Sumber Belajar, Jakrta: PT Luxima Metro Media Dedi Kustawan. 2013. Model Pembelajaran Inklusif, Jakarta:PT. Luxio Metro Media Dedy Kustawan. 2012. Pendidikan Inklusif dan Upaya Implementasinya. Jakarta: PT Luxima Metro Media Dedy Kustawan. 2013. Manajemen Pendidikan Inklusif, Jakarta: PT. Luxima Metro Media Dedy Kustawan. 2016. Manajemen Pendidikan Inklusif. Jakarta :Luxima Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa. 2007. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan inklusi . Jakarta : Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, hal. 3-4Wahyu Sri Ambar Arum. 2005. Perspektif Pendidikan Luar Biasa dan Implikasi bagi penyiapan Tenaga Kependidikan . Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Nasional, Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Pendidikan Dasar dan Menengah Permendiknas Nomor 70 Tahun 2009 Direktorat Pendidikan Luar Biasa. 2004. Panduan Penyelenggaraan Pendidikan Terpadu/Khusus: Pengadaan Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta : Ditrektorat jendral Pendidikan dasar dan menengah Direktorat Pendidikan luar Biasa. 2004. Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Terpadu/Khusus Pengadaan dan Pembinaan TENAGA Kependidikan. Jakarta : Direktorat Jendral pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Luar Biasa. 2007. Pedoman Penyelengaran Pendidikan Khusus Terpadu/Khusus Pengadan dan Pengelolaan Sarana dan parasarana. Jkarta:Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat PLB. 2004. Pedoman Penyelenggaraan pendidikan Terpadu / Khusus: Pengembangan Kurikulum. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Djali dan Puji Muliono. 2008. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan, jakarta: Garasindo Echols, Jhon M dan Hasan Sadily. 2000. Kamus bahasa Inggris-Indonesia . Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Eko putro Widoyoko. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Fernandes. (1984). Evaluation of Educational Program. Jakarta : BP3K Hari Setiadi, Abd. Rahman, A. Ghani, Suyatno. 2006. Evaluasi Pendidikan Konsep dan Aplikasi. Jakarta : Uhamka Press Ina Agustin FKIP, Universitas PGRI Ronggolawe Tuban. Manajemen Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Sumbersari 1 Kota Malang. Kemendiknas. 2010. Modul Pelatihan Pendidikan Nasional. Cetakan pertama Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Strategi Umum Pembudayaan Pendidikan Inklusif di Indoensia. Jakarta: Kemendikbud Lay kekeh marthan . 2007. Manajemen Pendidikan Inklusif. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Mohammad Takdir Illahi. (2013). Pendidikan Inklusif : Konsep dan Aplikasi. Mudjito. 2012. Pendidikan Inklusif. Jakarta: Baduose Mulyono Abdurrahman. 1995. Pendidikan Bagi anak Bekesulitan Belajar. Jakarta: departemen Pendidikan dan kebudayaan Oemar Hamalik. 2006. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Pedoman penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Peratiran Pemerintah. 2005. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan .Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Richard A. Villa & Jacqueline S. Thousand. (2005). Creating an Inclusive School.second edition. USA : ASCD Sarlito W. Sarwono. 1999. Pengantar Psikologi. Jakarta: Balai Pustaka Sudibyo Setyobroto. 2003. Psikologi Sosial Pendidikan. Jakarta: PT. Solo Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kebijakan. Bandung. Alfabeta Suharsimi Arikunto dan Cepi Safruddin Abdul Jabar, 2004. Evaluasi Program pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Suharsimi Arikunto dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2004. Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksaea Suharsimi Arikunto. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi askara Sunardi. 1996. Kecenderungan dalam Pendidikan Luar Biasa, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Suyatno. 2012. Masa Depan Pendidikan Inklusif. Jakarta : Direktur Jendral Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tarmansyah.2007. Inklusi:Pendidikan Untuk Semua. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Tim ASB. (2011). Panduan I : Kriteria Standar Pelayanan Minimum Sekolah Inklusi. Yogyakarta : Dinas Dikpora DIY dan ASB Indonesia Umar Tirtahardja. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta:PT. Rineka Cipta Wahyu Sri Ambar Arum. 2005. Perspektif Pendidikan Luar Biasa dan Implikasi bagi Penyiapan Tenaga Kependidikan. Jakarta : direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Nasional Winda Quida Sari. Pelaksanaan Inklusi Disekolah Dasar Negeri 14 Pakan Sinayan Payakumbuh. Volume 1 Nomor 1 Januari 2012 E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus) http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu Wirawan. 2012. Evaluasi Teori Model Standar Aplikasi dan Profesi. Jakarta :PT Raja Grafindo Persada WS. Winkel. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi citation: Yusuf, Maulana (2019) Evaluasi Kebijakan Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar Wilayah II Kecamatan Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15859/1/SPS_PENDAS_1609087012_MAULANA%20YUSUF.pdf