eprintid: 15841 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3859 dir: disk0/00/01/58/41 datestamp: 2022-07-18 04:10:17 lastmod: 2022-07-18 04:10:17 status_changed: 2022-07-18 04:10:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Kardilah, Siti title: Peran Pendidik Sebaya Terhadap Pengetahuan Dan Praktik Potong Kuku Dan Cuci Tangan Pakai Sabun Di Madrasah Ibtidaiyah Zahrotul Athfal Jakarta Barat Tahun 2017 ispublished: pub subjects: RA0421 divisions: 13201 abstract: Pendidikan sebaya dapat memberikan tekanan atau pengaruh terhadap perilaku sehat dan lebih praktis dibandingkan dengan pengajaran yang diterangkan dalam kurikulum kesehatan. Penyuluhan potong kuku dan cuci tangan pakai sabun oleh pendidik sebaya memegang peranan penting di Sekolah terutama untuk meningkatkan kesadaran anak dalam menjaga kebersihan kuku dan tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendidik sebaya terhadap praktik potong kuku dan cuci tangan pakai sabun di Madrasah Ibtidaiyah Zahrotul Athfal Jakarta Barat Tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-eksperimental dan jenis rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pelajar yang duduk di kelas V yang berjumlah 35 anak. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 35 responden dengan teknik sampling jenuh. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan 29 siswa sebagai responden dan 5 siswa sebagai pendidik sebaya. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat (Uji T. Test (Paired sample t. test), dan Uji Wilcoxon Match Pairs Test). Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan skor pengetahuan potong kuku dan cuci tangan pakai sabun yaitu, rata-rata skor pengetahuan sebelum diberikan informasi oleh pendidik sebaya (pretest) sebesar 6,69 naik menjadi 8,55 setelah diberikan informasi oleh pendidik sebaya (posttest) dengan nilai signifikan diperoleh (Pvalue 0,000) dan terjadi peningkatan skor praktik potong kuku dan cuci tangan pakai sabun yaitu, rata-rata skor praktik pada saat pretest 17,45 naik menjadi 18,66 pada saat posttest dengan nilai signifikan diperoleh (Pvalue 0,043). Saran pada penelitian ini adalah hendaknya pihak sekolah dan petugas kesehatan setempat mengaktifkan program UKS dalam upaya promotif dan preventif berupa pemberian informasi tentang kebersihan kuku dan kebiasaan cuci tangan dan pemeriksaan umum kesehatan secara rutin. date: 2017 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Ilmu Kesehatan thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Achmadi, U.F. (2013). Kesehatan Masyarakat Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Cahyaningrum, Riesti. (2016). Tingkat Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) Terhadap Kebersihan Pribadi Siswa Kelas Iv Dan V Sd Negeri Kraton Yogyakarta Tahun 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta. Dahlan, M. Sopiyudin. (2009). Besar Sampel dan Cara Pengambilan Sampel dalam Penelitian Kedokteran dan Kesehatan. Jakarta : Salemba Medika Dermawan, Deden. 2012. Buku Ajar Keperawatan Komunitas Edisi 1. Yogyakarta : Gosyen Publishing. Desiyanto, F, A & Djannah, S, N. (2013). Efektivitas Mencuci Tangan Menggunakan Cairan Pembersih Tangan Antiseptik (Hand Sanitizer) Terhadap Jumlah Angka Kuman. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Vol. 2. No.2. Fitriani, Dianita. (2011). Pengaruh Edukasi Sebaya Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Agregat Anak Usia Sekolah Yang Beresiko Kecacingan Di Desa Baru Kecamatan Manggar Belitung Timur. Tesis. Depok : Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Grenn, L.W., et all. (2005). Health Education Planning, A diagnostic Approach. California : Mayfield Publishing Company. Hastono, Sutanto Priyo dan Sabri Luknis. (2010). Statistik Kesehatan. Jakarta : Rajawali Pers. Islamiyati, Nur Khasanah. (2013). Pengaruh Pemberdayaan Peer Group Terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Anak Sekolah Dasar Negeri 1 Kasihan Ngentakrejo Lendah Kulon Progo. Naskah Publikasi. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan „Aisyiyah Yogyakarta. 26 Oktober 2017 http://digilib.unisayogya.ac.id/168/1/pdf%20naskah%20publikasi.pdf Laporan Riset Kesehatan Dasar Nasional 2013. (2013). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI [serial online]: 14 Januari 2017. Diakses dari : www.litbang.depkes.go.id. Lestari, Sri. (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Oleh Peer Educator Terhadap PHBS Pada Anak Kelas V SD N 2 Di Jambidan Banguntapan Bantul. Naskah Publikasi. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan „Aisyiah Yogyakarta. 10 April 2017 http://digilib.unisayogya.ac.id/54/1/NASKAH%20PUBLIKASI%20NURMA.pdf Listyowati D. (2012). Pengaruh Intervensi Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Praktek Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa Kelas 5 Di Sdn Pengasinan Iv Kota Bekasi Tahun 2012. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Depok : Universitas Indonesia. Maryunani, A. (2013). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jakarta : Trans Info Media Maulana, H.D.J. (2009). Promosi Kesehatan. Jakarta : EGC Mubarak, Wahid Iqbal dkk. (2007). Promosi Kesehatan : Sebuah Pengantar Proses Belajar Mengajar Dalam Pendidikan. Yogyakarta : Graha Ilmu. Notoatmodjo, S. (2007). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. Onggowaluyo JS. (2002). Parasitologi Medik I (Helmintologi). Jakarta: EGC Prasetyo, Bambang dan Lina Miftahul Jannah. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada Profil Anak Indonesia 2015. (2015). Jakarta: [serial online]: 6 Februari 2017. Diakses dari: www.kemenpppa.go.id Profil kesehatan Indonesia 2014. (2015). Jakarta: Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI [serial online]: 01 Januari 2017. Diakses dari : www.litbang.depkes.go.id Proverawati, A., & Rahmawati, E. (2012). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Yogyakarta : Nuha Medika Santrock, John W. (2009). Perkembangan Anak. Edisi 11. Jakarta. Erlangga Siswanto, Hadi. (2010). Pendidikan kesehatan anak usia dini. Yogyakarta : Pustaka Rihama Sukardi. (2003). Metodologi penelitian pendidikan kompetensi dan praktiknya. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada Swarjana, I Ketut. (2012). Metode Penelitian Kesehatan. Bali : Andi Uyanto, Stanislaus S. (2009). Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta : Graha Ilmu citation: Kardilah, Siti (2017) Peran Pendidik Sebaya Terhadap Pengetahuan Dan Praktik Potong Kuku Dan Cuci Tangan Pakai Sabun Di Madrasah Ibtidaiyah Zahrotul Athfal Jakarta Barat Tahun 2017. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15841/1/FIKES_KESMAS_1305015171_SITI%20KARDILAH.pdf