eprintid: 15837 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 2108 dir: disk0/00/01/58/37 datestamp: 2022-07-18 04:24:20 lastmod: 2022-07-18 04:24:20 status_changed: 2022-07-18 04:24:20 type: article metadata_visibility: show creators_name: rahmanto, arifin creators_id: m.arahmanto@uhamka.ac.id title: Peran Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an di SMP Islam Arraudhoh ispublished: pub subjects: ZA4450 divisions: 86208 abstract: Penilitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di SMP Islam Arraudhoh. Guru PAI memiliki peran yang sangat penting dalam pembelajaran Al-Qur’an, sebab itu guru PAI harus memperhatikan siswa khususnya memberikan perhatian lebih kepada siswa yang masih mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dan alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru PAI dan murid yang dipilih untuk wawancara secara mendalam dengan tujuan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian didapatkan ada sekitar 15 murid dari 49 siswa yang masih mengalami kesulitan membaca Al-Qur’an di kelas IX SMP Islam Arraudhoh, dan guru PAI sudah melakukan peran dengan sebaik-baiknya seperti, pembiasaan membaca Al-Qur’an sebelum mulai pembelajaran, bekerja sama dengan guru lain, mengadakan les tambahan membaca Al-Qur’an setelah pulang sekolah, dan juga dengan menggunakan metode mengajar iqra, ceramah, klasikal dan privat dalam pembelajaran. full_text_status: public publication: Jurnal Pendidikan Islam Uhamka refereed: TRUE citation: rahmanto, arifin Peran Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an di SMP Islam Arraudhoh. Jurnal Pendidikan Islam Uhamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15837/1/jurnal%20JPI_M.ARIFIN.pdf