eprintid: 15819 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/58/19 datestamp: 2022-07-18 04:24:03 lastmod: 2022-07-18 07:52:18 status_changed: 2022-07-18 04:24:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Wijayati, Eko Sri title: Perbandingan Kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Antara Menggunakan Media Papan Pintar Multifungsi Dan Media Powerpoint: Penelitian mix method pada SD Al-Azhar Syifa Budi Cibubur-Cileungsi ispublished: pub subjects: C divisions: 86122 keywords: Higher Order Thinking Skills, media papan pintar multifungsi, media powerpoint abstract: Tesis ini bertujuan untuk merancang rencana pembelajaran yang efektif meningkatkan kemampuan HOTS siswa dengan menggunakan media papan pintar multifungsi serta membandingkannya dengan kelas yang menggunakan media powerpoint, di kelas 6 SD Al-Azhar Syifa Budi Cibubur-Cileungsi. Hipotesis penelitian ini adalah Peningkatan kemampuan HOTS siswa yang melakukan pembelajaran IPA dengan menggunakan media papan pintar multifungsi lebih tinggi dibandingkan dengan yang melakukan pembelajaran IPA dengan menggunakan media powerpoint. Penelitian dilakukan dengan populasi siswa SD Al-Azhar Syifa Budi Cibubur-Cileungsi sampel untuk design research ditentukan dengan teknik non probability sampling (non random sampling) yaitu dengan cara purposive sampling Untuk eksperimen sampel ditentukan dengan teknik Probability sampling (random sampling) yitu dengan dengan cara cluster sampling. Metode yang digunakan adalah gabungan design research dengan quasi eksperimental design desain penelitian Pre test-post test control grup design. Pengumpulan data menggunakan soal pre test dan post test, skala likert, lembar observasi dan wawancara. Independent Sample t-test dengan bantuan program SPSS 21 digunakan untuk menganalisis pre test kedua kelas, hasilnya nilai signifikansi (2-tailed) 0,973. Hasil terhadap gain diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,000. t-test sample related digunakan untuk menguji pre test dan post test, hasil uji untuk kelas eksperimen nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 dan kelas kontrol nilai signifikansi (2-tailed) 0,000. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Rancangan pembelajaran berbantuan papan pintar multifungsi yang digunakan dalam penelitian ini dapat lebih baik meningkatkan keseluruhan aspek kemampuan HOTS siswa dibandingkan dengan pembelajaran berbantuan media powerpoint. Siswa dapat terlibat aktif dalam pembelajaran. Pemilihan media yang tepat menjadi sebuah langkah startegis yang menentukan keberhasilan suatu rancangan pembelajaran berbasis HOTS date: 2019-02-26 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Agustina, D. (2014). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Gambar Bergerak Dengan Gambar Diam, 25–34. Aprianti, V. (2013). Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ekonomi. Universitas Pendidikan Indonesia. Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Asdiana. (2015). High Order Thinking Pada Pembelajaran IPA Melalui Teknik Make - A Match Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 202–2011. Bakker, A. (2004). Design research in statistics education On symbolizing and computer tools. Utrecht University. Brookhart. (2010). How To Assess Higher Order Thinking Skills In Your Classroom. Alexandria, Virginia: ASCD. BSNP. (2018). Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional Sekolah Dasar/MI Tahun Pelajaran 2017/2018. Cartwright, F. (2013). Item and Test Analysis ( Iata ), (May), 1–11. Chinedu, C. C. (2015). Strategies For Improving Higher Order Thinking Skills In Teaching And Learning Of Design And Technology Education. Journal of Technical Education and Training (JTET) |35, 7(2), 35–43. Cox, J. (2017). Teaching Strategies that Enhance Higher-Order Thinking. Retrieved from http://www.teachhub.com/teaching-strategies-enhance-higher-order-thinking Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga Davidson, J. E. (2009). Preceptor Use of Classroom Assessment Techniques to Stimulate Higher. The Journal of Continuing Education in Nursing, 40(3), 139– 143. https://doi.org/10.3928/00220124-20090301-06 Dimyati. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta. Fajriyah, K. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Sd Pilot Project Kurikulum 2013 Kota Semarang. Elementary School 5, 5, 1–6. Fanani, A., dan Kusmaharti, D. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) Di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 1–11. https://doi.org/doi.org/10.21009/JPD.091.01 Fedorov, A. (2014). Media Education in Russia: Past and Present. European Researcher, 67(1–2), 168–175. https://doi.org/10.13187/issn.2219-8229 Fitriyati, I. (2017). Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1), 27–34. Frau-Meigs, D. (Ed.). (2006). Media Education A kit for techers, students, parents and professionals. UNESCO. Gani, A. R. A. (2008). the Effects of Formative Test and Learning Autonomy on the Sma Learners’ Achievementin Economics. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 162–176. Gani, A. R. A. (2018). Handout Matakuliah Metodologi Penelitian. Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. Gani Gondo Kusumo, F. P. S. (2017). Perancangan Mebel Multifungsi Untuk Villa Grand Trawas Di Mojokerto. Jurnal Intra, 5(2), 769–776. Goodson, L., and Rohani, F. (2018). Higher Order Thinking Skills • Definition • Teaching Strategies • Assessment. In Assessment and Evaluation Educational Service Program (pp. 1–176). A publication of the Educational Services Program, now known as the Center for Advancement of Learning and Assessment. Retrieved from http://dikdasebook.blogspot.com/2018/05/high-order-thinking-skills-hots-fjking. html Gravemeijer, K. (2004). Local Instruction Theories as Means of Support for Teachers in Reform Mathematics Education. Mathematical Thinking and Learning, 6(2), 105– 128. https://doi.org/10.1207/s15327833mtl0602_3 Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Indiana USA. Hill, R. (1998). What sample size is “enough” in internet survey research. Interpersonal Computing and Technology: An Electronic Journal for the 21st Century, 6(3–4), 1–12. Retrieved from http://www.reconstrue.co.nz/IPCT-J Vol 6 Robin hill SampleSize.pdf Hugerat, M., and Kortam, N. (2014). Improving Higher Order Thinking Skills among freshmen by Teaching Science through Inquiry. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 10(5), 447–454. https://doi.org/10.12973/eurasia.2014.1107a Jafar, ahiri, et al. (2015). The effect of leraning strategies on higher-order thinking skills students with different learning styles. International Journal of Science and Research, 4(9), 1204. Jang, H. (2015). Identifying 21st Century STEM Competencies Using Workplace Data. Journal of Science Education and Technology, 25(2), 284–301. https://doi.org/10.1007/s10956-015-9593-1 Jenkins, H., et al. (2007). Confronting the challenges of participatory culture : Media Khuriyati, L. (2015). Desain Pembelajaran Operasi Pecahan Menggunakan Kertas Berpetak Di Kelas IV, II(2), 104–114. Koonce, G. L., & Kelly, M. D. (2014). Analysis of the Reliability and Validity of a Mentor ’ s Assessment for Principal Internships. NCPEA Education Leadership Review, 15(2), 33–48. Krathwohl, D. R. (2002). A Revision of Bloom ’ s Taxonomy , 41(4), 212–219. Kristiadji, B. (2010). “ Penataan Bukit Gombel , Semarang dengan Bangunan multifungsi ” Penekanan pada Green Architecture. Semarang. Kusdiwelirawan. (2014). Statistika Pendidikan. Jakarta: UHAMKA Press. Kustandi, C. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia. Kusumawati. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menyebutkan Bunyi Huruf Melalui Media Papan Pintar Pada Anak Kelompok B Tk Aisyiyah 65 Surabaya. Jurnal PAUD TERATAI, 7(1), 1–7. Larson, L. C., and Miller, T. N. (2012). 21st Century Skills: Prepare Students for the Future. Kappa Delta Pi Record, 47(3), 121–123. https://doi.org/10.1080/00228958.2011.10516575 Lestari, A. (2016). Pengembangan Soal Tes Berbasis Hots Pada Model Pembelajaran Latihan Penelitian Di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, 74–83. Lewis, A., et al. (2009). Defining higher order thinking: Theory Into Practice, 32(3), 131–137. https://doi.org/10.1080/00405849309543588 Lusyana, E., and Wangge, M. (2016). Increasing Higher Order Thinking Skill to Build Utari, R. (2011). Taksonomi Bloom Apa dan Bagaimana Menggunakannya. Van den Akker, J., Bannan, B., Kelly, A. E., Nieveen, N., & Plomp, T. (2010). An Introduction to Educational Design Research. Proceedings of the Seminar Conducted at the East China Normal University, Shanghai, November 23-26, 2007, 126. Waskito, D. (2014). Media Pembelajaran Interaktif Matematika Bagi Sekolah Dasar Kelas 6 Berbasis Multimedia. Speed Journal – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 11(3), 59–65. Yamin, S. (2017). Perancangan Mebel Multifungsi untuk Apartemen Tipe Studio. Jurnal INTRA, 5(2), 168–173. Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. (S. F. S. Sirate, Ed.). Jakarta: Prenada Media Group. Yu, S. F. K. (2015). How an integrative STEM curriculum can benefit students in engineering design practices. International Journal of Technology and Design Education. https://doi.org/10.1007/s10798-015-9328-x Yusuf, Y. (2017). Learning Chemistry by ICT (Virtual Animation) at Maumere High School, East Nusa Tenggara. Journal of Education Teaching and Learning, 2, 67. citation: Wijayati, Eko Sri (2019) Perbandingan Kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Antara Menggunakan Media Papan Pintar Multifungsi Dan Media Powerpoint: Penelitian mix method pada SD Al-Azhar Syifa Budi Cibubur-Cileungsi. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15819/1/SPS_PENDAS_1609087005_EKO%20SRI%20WIJAYATI.pdf