eprintid: 15816 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/58/16 datestamp: 2022-07-18 04:23:59 lastmod: 2022-07-18 07:53:25 status_changed: 2022-07-18 04:23:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pratiwi, Dwi Annisa Setya title: Persepsi Anak Jalanan Usia 10 – 14 Tahun Mengenai Pendidikan Formal Pada Tahun 2019 di Rawa Buaya Cengkareng Jakarta Barat ispublished: pub subjects: C divisions: 86122 keywords: persepsi, anak jalanan, pendidikan formal, Panti Sosial abstract: Tahun 2019 Dwi Annisa Setya Pratiwi, Mahasiswa Pasca Sarjana UHAMKA melakukan profil anak jalanan di kota Jakarta Barat. Hasilnya dikembangkan melalui teknik bola salju (snow ball). Penelitian yang menggunakan teknik bola salju (snow ball) ini diuji cobakan di Provinsi DKI Jakarta selama 2 bulan. Uji coba di Kota Jakarta Barat di mulai pada bulan Juni hingga bulan Juli 2019 dengan mengunjungi Panti Sosial “Asuhan Putra Utama 4” , bertempat di Rawa Buaya Cengkareng Jakarta Barat. Yayasan Sosial Panti Asuhan Putra Utama 4 ini membina anak jalanan di bawah naungan DINSOS sebagai tujuan utamanya. Salah satu poin terpenting dalam pembinaan anak jalanan adalah bagaimana peran Panti Sosial yang menampung anak jalanan berupaya penuhi hak-hak anak dan mendidik anak jalanan agar mengenyampingkan permasalahan ekonomi dan fokus kepada masalah pendidikan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif (qualitative research) Studi Kasus. Sumber-sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Trianggulasi Data. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.Yayasan Panti Asuhan Putra Utama 4 lahir karena ada upaya pemerintah untuk menuntaskan masalah anak jalanan dengan pendekatan yang berbeda. Yayasan Panti Asuhan Putra Utama 4 menggunakan pendekatan yang mengutamakan prinsip-prinsip kekeluargaan sehingga anak jalanan lebih nyaman mengikuti program-program dari Yayasan Panti Asuhan Putra Utama 4 Anak Jalanan. Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa persepsi anak jalanan mengenai pentingnya pendidikan formal berbeda satu sama lainnya. Hal ini dikarenakan perbedaan latar belakang ekonomi dan faktor lingkungan keluarga serta lingkungan masyarakat. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Yayasan Panti Asuhan Putra Utama 4 belum mampu secara maksimal dalam mensosialisasikan pentingnya pendidikan formal untuk anak jalanan. Karena masih banyak warga binaan yang masih banyak menghabiskan waktu di jalanan serta berpengaruh kepada prestasi belajar anak di sekolah. date: 2019-02-26 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Ahmad Darlis. 2017.(Jurnal Pendidikan). Hakikat Pendidikan Islam: Telaah Antara Hubungan Pendidikan Informal, Non Formal dan Formal. Langkat : Sekolah Tinggi Agama Islam Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Akhmat Muhaimin Azzet.2014.Pendidikan Yang Membebaskan. Yogyakarta: ARRUZZ MEDIA Anon. Undang-Undang SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003, Jakarta: Absolut, 2003 Arnianti.2019. Analisis Pendidikan Informal Keluarga Petani Jagung Kaitannya Dengan Keinginan Menyekolahkan Anak. Makasar: Universitas Negri Makasar Atwar Bajari. 2012.Anak Jalanan. Bandung: humaniora Azizi Yahaya1 & Nurfaizah Abd. Majid.2011.(jurnal of education). Hubungan Antara Budaya Formal Bagong Suyanto. 2003. Pekerja Anak dan Kelangsungan Pendidikannya. Surabaya: Airlangga University Press Bagong Suyanto. 2003. Pekerja Anak dan Kelangsungan Pendidikannya. Surabaya: Airlangga University Press Bagong Suyanto. 2010. Masalah Sosial Anak.Jakarta: Prenadamedia Group Bambang Sumintono, dkk. (jurnal).2012. Pendidikan Moral Di Malaysia: Tantangan Dan Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah.Malaysia: Fakulti Pendidikan Universiti Teknologi Malaysia Budi Handari. 2014. Persepsi dan Motivasi Pustakawan Dalam Program Sertifikasi Kompetensi Menghadapi Implementasi ASEAN Econimic Community (AEC) dan ASEAN Free Trea (AFTA) 2015.Banjar Negara:Perpustakaan Nasional RI Clara R.P. Ajisukmo.2012.(jurnal). Faktor-Faktor Penting Dalam Merancang Program Pendidikan Luar Sekolah Untuk Anak Jalanan Dan Pekerja Anak.Jakarta: Universitas Katolik Atma Jaya Darmaningtyas. 2005. Pendidikan Rusak-Rusakan Darmaningtyas. 2005. Pendidikan Rusak-Rusakan. Yogyakarta: Lkis Dinas Sosial Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 4 Cengkareng Jakarta Barat Fadlullah. 2011 Pendidikan Entrepreneurship. Jakarta Diadit Media Press H.A.R. Tilaar. 2002. Peendidikan Untuk Masyarakat Indonesia Baru. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia hukum.unsrat.ac.id/uu/uu_20_03.htm Ilyas Ismail. 2008. Ilmu Pendidikan Teoretis. Jakarta: Ganeca Exact Irwanto. 2016. Psikologi Umum. Jakarta: APTIK, PT Prenhallindo Istiqomah.2016.(jurnal). Pendidikan Karakter Keagamaanislam Pada Anak Asrama Pendidikan Islam (Api) Baitul Hikmah Di Desa.Semarang: Universitas Negri Semarang Jalaluddin Rakhmat. 2017. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya Kartini Kartono. 2017. Kenakalan Remaja. Jakarta: Rajawali Pers, Kiki Zakiah.2005.(jurnal).Penelitian Etnografi Komunikasi:Tipe dan Metode Kustina Lestari. 2008. Skripsi Persepsi anak Jalanan Tentang Fungsi Keluarga.Jakarta:UNJ Lexi J. Moleong.2017.Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung:PT.Remaja Rosdakarya Machful Indra Kurniawan.(journal pedagogia ISSN).2015. Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar .Sidoarjo:Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Monty P. Satiadarma.2001. Persepsi Orang Tua Membentuk Perilaku Anak. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, Muhamad Mulyadi 2014. Kemiskinan Identifikasi Penyebab dan Strategi Penanggulangannya Jakarta: P3DI Setjen DPR RI dan Publica Press Muhammad Said, Junimar Affan. 1990. Psikologi dari Zaman ke Zaman. Bandung: Penerbit Jemmars, Muhsin Kalida dan Bambang Sukamto.2012.Jejak Kaki Kecil di Jalanan.Yogyakarta: Cakruk Publishing,h Ngalim Purwanto.2009. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis.Jakarta: Rosda karya Nur Kamila. 2013. Masalah Pendidikan Anak Jalanan di Kecamatan Panji Situbondo.Jurnal.Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember Pardede, Yudit Oktaria Kristiani. 2008. Konsep Diri Anak Jalanan Usia Remaja. Jurnal. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma: Bandung Paul Hager,dkk.2006. Recovering Informal Learning. Netherlans: Springer Riezky Maulana Affandie.2017. Persepsi Anak Jalanan Mengenai Pentingnya Pendidikan Formal.Yogyakarta: Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Robert K. Yin.2015.Study Kasus Desain &Metode Rohmalina Wahab. 2015 Psikologi Agama. Jakarta : Rajawali Pers Saleh Marzuki.2010.Pendidikan Non Formal.Bandung:PT Remaja Rosdakarya Sarlito W. Sareono.2014. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers Sarlito Wirawan Sarwono.2015. teori-teori Psikolohi Sosial. Jakarta: Rajagrafindo Persada Sekolah Dan Gaya Pembelajaran Pelajar Dengan Pencapaian Akademik Pelajar Sekolah Menengah.Johor Malaysia: Universiti Teknologi Malaysia Shukia dan Chand. 2004. Advanced Child Psychology. Jaipur India: ABD Publishers Soedijarto. 2003. Pendidikan Nasional Sebagai Proses Transformasi Budaya. Jakarta: Balai Pustaka Sofan Amri. 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya, Sofyan .S Willis. 2005. Remaja dan Masalahnya. Bandung: Alfabeta Sugiono.2018.Metode Penelitian.Bandung: Alfabeta Suswandari 2001. Laporan Hasil Penelitian. Perilaku Hidup Anak Jalanan di Pasar Induk Kramat Jati Jakarta Timur Jakarta: FKIP UHAMKA Suswandari. 2001. Perilaku Hidup Anak Jalanan di Pasar Induk Kramat Jati Jakarta Timur. Jakarta: PROF.DR.HAMKA Syamsi, Ibnu.2010.( Diklus, Jurnal Pendidikan Luar Sekolah). Pendidikan Luar Sekolah Sebagai Pemberdaya Dalam Masyarakat Tjutjup Purwoko.2013. (eJournal Sosiologi). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keberadaan Anak Jalanan Di Kota Balikpapan Yudrik Jahja.2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group Yutinus Semiun.2013. Teori-Teori KepribadianPsikoanalitik Kontemporer.Yogyakarta: Penerbit Kanisius citation: Pratiwi, Dwi Annisa Setya (2019) Persepsi Anak Jalanan Usia 10 – 14 Tahun Mengenai Pendidikan Formal Pada Tahun 2019 di Rawa Buaya Cengkareng Jakarta Barat. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15816/1/SPS_PENDAS_1609087004_DWI%20ANNISA%20SETYA%20PRATIWI.pdf