eprintid: 15813 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/58/13 datestamp: 2022-07-18 04:23:55 lastmod: 2022-07-18 04:23:55 status_changed: 2022-07-18 04:23:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hidayatullah, Yusuf title: Fakta Sosial dalam Novel Ya, Aku Lari! Karya Hasan Aspahani dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fakta sosial nonmaterial pada novel Ya, Aku Lari! karya Hasan Aspahani. Penelitian menggunakan metode analisis oisi dengan teknik analisis data, karena penenelitian yang dilakukan peneliti hanya bersifat mengumpulkan data, menganalisis data dan enjelaskan data. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan cara membaca novel terlebih dahulu, setalah itu tahap awal mencari unsur pembangun novel, kemudian mencari fakta sosial nonmaterial yang terdapat di dalam novel. Selanjutnya, menganalisis data yang diperoleh, lalu memasukannya ke dalam tabel penelitian untuk tahap berikutnya membahas data yang diperoleh dan terakhir mengambil kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dari keempat fakta sosial nonmaterial yang ditemukan, yaitu moralitas, kesadaran kolektif, representasi kolektif dan arus sosial, novel tersebut merepresentasikan kejadian ataupun peristiwa yang ada di dunia nyata. Semua fakta sosial yang terdapat di dalam novel memberikan gambaran bagaimana seharunya seseorang manusia bertindak saat berinterkasi sosial. Bahkan representasi diterapkan karena abstrak yang ada dalam pikiran harus diaplikasikan dengan tanda atau simbol-simbol tertentu pada realitas yang ada. Dengan begitu, setiap individu akan menjunjung tinggi rasa kemanusiaan dan mengedepankan nilai-nilai atau norma-norma yang berlaku dimasyarakat sebagai bentuk perjuangan ataupun pedoman dalam hidup. Kedua hal itu, menjadi fondasi terciptanya fenomena sosial yang hadir sebagai bentuk kekuatan kolektif. Dengan demikian novel Ya, Aku Lari! karya Hasan Aspahani dapat diimplikasikan dalam pembelajaran sastra di SMA sebagaimana yang terdapat pada kelas XI Semester 1 dengan Kompetensi Dasar (KD) 3.27 dan 4.27 Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca. Sebab, puisi dapat memicu semangat belajar siswa dengan sangat relevan guna memperoleh ilmu dan pengetahuan. date: 2020-12-20 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Ahmadi, Rizqa dan Wildani Hefni. 2019. Solidaritas Sosial di Era Post-Modern: Sakralitas Komunitas Salawatan Jaljalut Indonesia. Jurnal Lektur Keagamaan: Tulungagung. Vol. 17, No. 1. Ainiyah, Qurrotul. 2017. Social Learning Theory dan Perilaku Agresif Anak dalam Keluarga. Vol. 2, No. 1. Al-Mar’ruf, Ali Imron. 2010. Dimensi Sosial Keagamaan dalam Fiksi Indonesia Modern. Solo: Smart Media. Aminuddin. 2009. Pandai Memahami dan Menulis Cerita Pendek. Bandung: Pribumi Mekar. _________. 2015. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset. Amriani H. 2014. Realitas Sosial dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari. Sawerigading. Vol. 20. Ana, Helena dan Rustiati. 2015. Penokohan, Alur, Latar, Tema, dan Amanat serta Nilai Moral dalam Novel Surga Retak Karya Syahmedi Dean. Educatio Vitae: Madiun. Vol. 2, No. 1 Anwar, Ahyar. 2010. Teori Sastra Sosial. Yogyakarta: Ombak. Ar, Eka Hendry, dkk. 2013. Integrasi Sosial dalam Masyarakat Multi Etnik. Walisongo: Pontianak. Vol. 21, No. 1. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek edisi revisi 2010. Jakarta: Rineka Cipta. Asfari, Ria Wulan. 2016. Aspek Moralitas dalam Novel Delusi Karya Supaat I. Latief. Jurnal Bahasa dan Sastra: Ponorogo. Vol. 3, No. 1. Aziez, Furqonul dan Abdul Hasiem. 2010. Menganalisis Fiksi: Sebuah Pengantar. Bogor: Ghalia Indonesia. Bakara, Pestaria, Laura Yohanna Tambunan, Putri Yola Yolanda Panggabean, Lenny Cibro, Relika Sinaga, Syahrizal Akbar. 2019. Pembelajaran Sastra Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa Kelas Viii-1 SMP Yp. Pangeran Antasari Medan. Vol. 2, No. 2. Barker, Chris. 2004. The SAGE Dictionary of Cultural Studies. London: Inggris. Brown, Murshall. 2007. The Cambridge History Of Literary Criticism. New York: Cambridge University Press. Chaer, Abdul. 2007. Kajian Bahasa: Struktur Internal, Pemakaian dan Pemelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Damono, Sapardi Djoko. 2014. Sosiologi Sastra: Edisi Revisi. Jakarta: Editum. Durkheim, Emile. 1982. The Rules of Sociological Method. New York: The Free Press. Endraswara, Suwardi (a). 2012.Teori Pengkajian Sosiologi Sastra. Yogyakarta: UNY Press. _________________ (b). 2013. Sosiologi Sastra: Studi, Teori, dan Interpretasi. Yogyakarta: Ombak. Erlina. 2017. Analisis Unsur Ekstrinsik Novel “Sang Pemimpi” Karya Andrea Hirata. Jurnal Kata. Vol. 1, No. 2. Esten, Mursal. 2003. Kesusastraan Pengantar Teori dan Sejarah. Bandung: Angkasa. Habsari, Sri Kusumo, dkk., 2011. Representasi Dominasi Perempuan dalam Rumah Tangga: Analisis Tekstual terhadap Situasi Komedi (Sitkom) “Suami-Suami Takut Istri”. Humaniora: Yogyakarta. Vol. 23 Hall, Stuart (Ed). 2003. Representation: Cultural Representation and Signifying Practices. London: Sage Publication. Hans, Evaldo S.R., Mirza Dwinanda Ilmawan, Aditya Narendra Wardhana. 2018. Motivation Of Fresh Graduate Students Who Leave A Family Business. Jurnal Manajerial: Jakarta Istiyani, Ugni. 2015. Analisis Nilai Moral dalam Novel Krikil-krikil Pasisir karya Tamsir AS. Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Universitas Muhammadiyah Purworejo. Vol. 07, No. 01. Jabrohim. 2003. Sosiologi Sastra: Beberapa Konsep Pengantar dalam Jabrohim (Ed.) Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha Widya. Jusuf, Chusnan. 2007. Filantropi Modern Untuk Pembangunan Sosial. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial: Jakarta. Vol 12, No. 01. Kafid, Nur. 2015. Agama di Tengah Konflik Sosial: Tinjauan Sosiologis Atas Potensi Konflik Keberagaman Agama di Masyarakat. Al-A’raf Jurnal Pemikiran Islam dan Filsafat: Surakarta. Vol. XII, No. 1. Kosasih, E. 2012. Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Trama Widya. Kurniawan, Heru. 2012. Teori, Metode, dan Aplikasi Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu. Kyrou, Christos N. dan Robert A. Rubinstein (Ed: Lester Kurtz). 2008. Cultural Anthropology Cultural Studies of Conflict. Armsterdam: Elsevier. Mahayana, Maman S. 2006. Bermain dengan Cerpen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Mihardja, Ratih. 2012. Buku Pintar Sastra Indonesia. Jakarta: Laskar Aksara. Minderop, Albertine. 2005. Metode Karakterisasi Telaah Fiksi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Muflikhah, Darti, Andayani, Raheni Suhita. 2014. Masalah Sosial dalam Novel Air Mata Tjitanduy Karya Bambang Setiaji. Basastra: Surakarta. Vol. 1, No. 3. Muhtadin & Sugi Murniasih. 2018. Moralitas dalam Novel Negeri di Ujung Tanduk Karya Tere Liye. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing: South Sumatera. Vol. 1, No. 1. Muslimin. 2011. Modernisasi dalam Novel Belenggu Karya Armijn Pane. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya: Gorontalo. Vol. 1, No. 1. Neolaka, Amos. 2014. Metode Penelitian dan Statistik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Nurhapidah, Anisa Amalia dan Teti Sobari. 2019. Kajian Sosiologi Sastra Novel Kembali Karya Sofia Mafaza. IKIP Siliwangi: Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia). Vol. 2, No. 4. Platt, Varity. 2011. Facing the Gods: Epiphany and Representation in Graeco-Roman Art, Literature, and Religion. Cambridge: Cambridge University Press. Pramudianto, Galeh. 2019. https://basabasi.co/kembang-kempis-sampai-garis-finis/, pada tanggal 26 Maret 2019 pukul 21.15 Wib. Pujiharto. 2012. Pengantar Teori Fiksi. Yogyakarta: Ombak. Purwandari, Retno dan Qoni’ah. 2012. Buku Pintar Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Emilia. Rafiek. 2015. Teori Sastra:Kajian Teori dan Praktik. Bandung: Refika Aditama. Rahmasari, Lisda. 2012. Pengaruh Kecerdasan Intelektual , Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan. Majalah Ilmiah INFORMATIKA: Jakarta .Vol. 3, No. 1. Ratna, Nyoman Kutha. 2013. Paradigma Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Ritzer, George. 2010. Sociological Theory, Eighth Edition. New York: The McGraw-Hill Companies. Rokhmansyah, Alfian. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra: Pengenalan Awal terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu. Rokhmawan, Tristan dan Mochammad Bayu Firmansyah. 2019. Kenapa Kita Harus Percaya Legenda Kiai? Studi Kepercayaan Masyarakat Muslim terhadap Legenda Kiai Sepuh di Kota Pasuruan. Jurnal Al-Makrifat: Pasuruan. Vol. 4, No. 1. Santosa, Donald Samuel Slamet. 2019. Determinan Antusiasme Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Tari Bambu. Jurnal Ecodunamika: Salatiga. Vol. 2, No. 2. Sarkowi. 2015. Membangun Kesadaran Kolektif : Ikhtiyar Menuju Keberhasilan Pendidikan Islam. Jurnal Qolamuna: Lumajang. Vol. 1, No. 1. Segara, I Nyoman Yoga. 2018. Mencegah Penistaan Agama di Indonesia dengan Melek Literasi Keragaman Budaya. Maha Widya Bhuwana: Denpasar. Vol. 1, No.1. Semi, M. Atar. 1993. Anatomi Sastra. Jakarta: Erlangga. Solihati, Nani, Ade Hikmat, dan Syarif Hidayatullah. 2016. Teori Sastra: Pengantar Kesusastraan Indonesia. Jakarta: UHAMKA Press. Syahputra, Iswandi. 2016. Agama Di Era Media: Kode Religius dalam Industri Televisi Indonesia. Esensia: Yogyakarta . Vol 17, No. 1. Syarifudin, Muhamad dan Nursalim. 2019. Strategi Pengajaran Sastra. PENTAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 5, No. 2. Tjahyadi, Sindung. 2007. Teori Sosial dalam Perspektif Teori Kritis Max Horkheimer. Jurnal Filsafat. Vol.17, No. 1. Viora, Dwi. 2017. Sejarah, Mitos, dan Parodi dalam Penciptaan Karya Sastra Modern Indonesia Warna Lokal. Jurnal Basicedu: Riau. Vol. 1, No. 2. Wahyudi, Tri. 2013. Sosiologi Sastra Alan Swingewood: Sebuah Teori. Jurnal Peotika: Yogyakarta. Vol. 1, No. 1. Warsiman. 2016. Membumikan Pembelajaran Sastra yang Humanis. Malang: Universitas Brawijaya Press. Wellek, Rene dan Austin Warren (Penerj. Melani Budianta). 2016. Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia. Wigati, Indah, 2013. Teori Kompensasi Marah dalam Perspektif Psikologi Islam. TA’DIB: Palembang. Vol. XVIII, No. 02. Wiyatmi. 2013. Sosiologi Sastra: Teori dan Kajian terhadap Sastra Indonesia. Yogyakarta: Kanwa Publisher. Yanti. Prima Gusti. 2014. Representasi Gender dalam Novel Cabaukan, Kembang Jepon, Kerudung Merah Kirmizi. Official Conference Prociding; International Conference of Education: Sabah. 2014. Yuantisya, Mutia. 2018. Representasi Fakta-Fakta Sosial-Politik dalam Novel Amba Karya Laksmi Pamuntjak. Jurnal Bahasa dan Sastra. Vol. 5, No. 2. Yusuf, Muhamad Fahrudin. 2016. Komodifikasi: Cermin Retak Agama di Televisi: Perspektif Ekonomi Politik Media. Inject: Interdisciplinary Journal of Communication: Salatiga. Vol. 1, No.1. citation: Hidayatullah, Yusuf (2020) Fakta Sosial dalam Novel Ya, Aku Lari! Karya Hasan Aspahani dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15813/1/YUSUF%20HIDAYATULLAH.pdf