eprintid: 15812 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/58/12 datestamp: 2022-07-18 04:23:51 lastmod: 2022-07-18 04:23:51 status_changed: 2022-07-18 04:23:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Daliyem, Yuliana title: Peningkatan Pemahaman isi Dongeng dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas I SDN Wanasari 08 Cibitung ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 abstract: Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat saat ini menuntut suatu negara meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan agar mampu bersaing dengan negara di dunia. Salah satunya adalah pembelajaran di sekolah untuk dapat selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penerapan teknologi dalam proses pembelajaran diharapkan dapat lebih memberikan kemudahan, kemandirian, ketertarikan siswa dalam pemberian materi pembelajaran. Agar proses pembelajaran berhasil yaitu menggunakan media pembelajaran yang tepat yang membuat siswa tertarik untuk belajar sehingga siswa berminat untuk belajar dan dapat memahami materi dengan baik. Salah satunya penggunaan media pembelajr untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas 1 SDN Wanasari 08 Cibitung tentang isi dongeng adalah dengan menggunakan media Audio Visual. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas I SDN Wanasari 08 Cibitung terhadap isi dongeng. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas I yang berjumlah 25 orang Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes dan wawancara. Hasil Penelitian Pada Siklus I guru memberikan tindakan melalui media Audio Visual dan hasil nilai rata- rata siswa adalah 51.20, yang melampaui nilai KKM hanya ada 2 orang. Di siklus II pembelajaran dilakukan sama seperti di siklus I, Perolehan hasil tes memahami isi dongeng siswa berbeda pada Siklus I, pada siklus II ini semua siswa melampaui nilai KKM. Nilai rata- rata meningkat menjadi 84.80.Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai acuan bagi guru mata pelajaran bahasa Indonesia kiranya dapat menerapkan Media pembelajaran yang menarik perhatian siswa, sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran dalam memahami isi dongeng pada kurikulum 2013. Pendekatan pembelajaran tersebut telah terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam memahami isi dongeng. Selain itu pembelajaran ini terbukti membuat proses belajar menjadi lebih menarik karena menggunakan media yang menyenangkan bagi siswa. date: 2020-11-26 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Amri, S. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. PT Prestasi Pustakaraya. Jakarta. Ardi. (2012). Teori Belajar Bloom. Diakses dari http://www. psychologymania.com/2012/06/teori-belajar-bloom.html diunduh pada tanggal 01 Februari 2020, jam 21.43 Ardini, P. P. 2012. Pengaruh Dongeng dan Komunikasi Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 7-8 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak. 1(2) : 44–58. 10.21831/jpa.v1i1.2905. Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran (16 ed.). Jakarta: Rajawali Pers. Arunals. (2013). Mendongeng Pesan Kebaikan Dalam Cerita. Diakses dari http://www.artikelarunals.com/?p=20229 pada tanggal 01 Februari 2020, jam 00:06 WIB Azis, A, Hajrah. 2013. Dongeng Sebagai Bahan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kebahasaan Dan Kesastraan 5(2) : 191-196. Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera. Dudung. (2015). Deskripsi, Narasi Dan Eksposisi Menurut Ahli Sastra. Diambil dari: http://www.dosenpendidikan.com/pengertian-deskripsi-narasidan- eksposisimenurut-ahli-sastra/. (01 Februari 2020) Faizah, U. 2009. Keefektifan Cerita Bergambar Untuk Pendidikan Nilai Dan Keterampilan Berbahasa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesoa. Japanese Society of Biofeedback Research. Jurnal Cakrawala Pendidikan. 19(3) : 249–256. https://doi.org/10.20595/jjbf.19.0_3 Fatimah, S. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Menyimak Dongeng Berbasis Strategi Metakognitif Siswa SMP Kelas VII. Jurnal NOSI. 3(2) : 318–326. Hamalik, Oemar. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran. Rosda. Jakarta Louk, M. H., & Sukoco, P. (2016). Pengembangan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Keterampilan Motorik Kasar pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Keolahragaan, 4(1), 24-33. Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia Moloeng, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Musa Ismail. (2013). Menghidupkan mendongeng itu penting. Diakses dari http://sastra-indonesia.com/2013/06/menghidupkan-tradisimendongeng- itu-penting/ pada tanggal 01 Februari 2020. jam 00:00 WIB Rahmawati, A. 2013. Peningkatan Keterampilan Menyimak Dongeng Melalui Model Paired Storytelling Dengan Media Wayang Kartun Pada Siswa Kelas II SDN Mangunsari Semarang. Skripsi. Unnes Sabarti. 2018. Pembinaan kemampuan menulis Bahasa Indonesia. Erlangga. Jakarta Tarigan. 2018. Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa.Angkasa Bandung Jakarta citation: Daliyem, Yuliana (2020) Peningkatan Pemahaman isi Dongeng dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas I SDN Wanasari 08 Cibitung. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15812/1/YULIANA%20DALIYEM.pdf