eprintid: 15811 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/58/11 datestamp: 2022-07-18 04:23:48 lastmod: 2022-07-18 04:23:48 status_changed: 2022-07-18 04:23:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Juariah, Juariah title: Peningkatan kemampuan membaca cepat dan memahami isi bacaan dengan metode skimming dan scanning pada siswa kelas V SDN Wanasari 12 Cibitung ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: Membaca Cepat, Memahami isi bacaan, Teknik skimming dan scanning abstract: Tujuan penelitan ini adalah Untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca cepat dan memahami isi bacaan siswa kelas V SDN Wanasari 12 Cibitung dengan teknik skimming dan scanning. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah Teknik skimming dan scanning dapat meningkatkan kemampuan membaca cepat dan memahami isi bacaan siswa kelas V SDN Wanasari 12 Cibitung. Teknik skimming dan scanning dapat meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan siswa kelas V SDN Wanasari 12 Cibitung. Populasi penelitian ini adalah 42 siswa kelas V SDN Wanasari 12 Cibitung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes dan wawancara. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas pembelajaran siswa. Sedangkan tes dilakukan setiap akhir siklus untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca cepat dan memahami isi bacaan dengan teknik skimming dan scanning. Dilihat dari persentase Tingkat kemampuan membaca mengalami peningkatan mulai dari siklus I sampai siklus II. Dari siklus I sebesar 45,23 % dan menglami peningkatan pada siklus II sebesar 100 % . Peningkatan juga terlihat dari hasil tes kemampuan memahami isi bacaan dengan metode Skimming dan Scanning mulai dari siklus I sampai siklus II. Dari siklus I sebesar 50 % dan menglami peningkatan pada siklus II menjadi 100%. Dengan demikian di siklus II siswa dapat mencapai indikator ketercapaian kemampuan membaca cepat dan memahami isi bacaan dengan metode Skimming dan Scanning. Kemampuan siswa dalam membaca cepat dan memahami isi bacaan dengan metode Skimming dan Scanning juga meningkat. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran keterampilan membaca cepat dapat ditingkatkan melalui teknik skimming dan Scanning. Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran dengan teknik skimming dan scanning ditentukan oleh peranan guru sebagai stimulator. Apalagi penelitian sempat terbentur dengan adanya Pandemi Covid- 19. Prinsip ini mengandung makna bahwa keberadaaan Pembelajaran dengan teknik skimming dan scanning ini akan menjadi sebuah metode pembelajaran yang baik untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat dan memahami isi bacaan jika guru dapat mendorong semua pengetahuan awal yang dimiliki siswa dan mengembangkannya. date: 2020-11-26 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Admin.2012. Teknik Membaca Cepat Skimming dan Scanning.Jakarta: Atmajaya Agunawan . 2009. Kemampuan Membaca Cepat Dengan Teknik Skimming dan Scanning. lib.unnes.ac.id/1282/diakses pada tanggal 13 oktober 2012. Arikunto, Suharsimi dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara Baridatul Munawaroh,, 2018. Teknik membaca sekilas (skimming) dalam meningkatkan kemampuan memahami teks narasi. Wahana sekolah dasar (Kajian Teori dan Praktik Pendidikan) Tahun 26, Nomor 1, Januari 2018: 7 – 12 Firman, Hery. 2014. Penerapan Teknik Skimming dan Scanning Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Paragraf Eksposisi Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Bintan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Tanjung Pinang: UMRAH Komalasari, Hilda. 2014. Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat Melalui Teknik Skimming pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Al-Zahra Indonesia Pamulang pada Tahun Pelajaran 2013/2014. Tersedia di http://uinsyarifhidayatullah /. Diunduh pada tanggal tanggal 20 Maret 2020. Jayanti, Desi. 2013. Studi Deskriptif Kemampuan Membaca Cepat Dengan Teknik Skimming Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2012/2013. Tersedia di http://universitas.maritimrajaalihaji/. Diunduh pada tanggal tanggal 20 Maret 2020. Nurhadi, Membaca Cepat Dan Efektif, (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2010) h. 39 Prabasasti, Ni Kadek Ayu, Diah Made Sri Indriani, Ni Made Rai Wisudariani. 2014. Penerapan Teknik Skimming Ayunan Visual untuk Meningkatkan Keterampilan membaca Cepat Siswa Kelas XI IPA2 SMA Dharma Praja Bandung. Jurnal Pendidikan Bahasca dan Sastra Indonesia. Vol. 2 No. 1: hal. 1-11. Setiawan, Agus. 2011. Baca Kilat-Kiat Membaca 1 halaman/Detik. Jakarta: Gramedia. http://merahitam.com/teknik-membaca-cepat-skimming-danscanning. html/diakses tanggal 18 Maret 2020. Somadayo, S. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Grahailmu Sungkawa. 2013. Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat dengan Menggunakan Teknik Skimming dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Tersedia di http://repository.upi.edu/. Diunduh pada tanggal 15 Oktober 2015. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Surahmad. 2012. The Effectiveness of Skimming and Scanning Techniques in Improving Students Reading Ability.http://gudangmakalah.blogspot.com/2012/04/tesis-effectivenessof- skimming-and.html/diakses tanggal 20 Maret 2020. Yana, Y. 2015. Manfaat Membaca Cepat dan Cara Mudahnya. (http:// manfaat.co.id/manfaat-membaca-cepathambatan- dan-cara-mudahnya) diakses pada 16 Januari 2020. Wainwright, Gordon. 2016. Speed Reading Better Recalling:Manfaatkan TeknikTeknik Teruji untuk Membaca Lebih Cepat dan Mengingat secara maksimal. Jakarta: Gramedia. citation: Juariah, Juariah (2020) Peningkatan kemampuan membaca cepat dan memahami isi bacaan dengan metode skimming dan scanning pada siswa kelas V SDN Wanasari 12 Cibitung. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15811/1/JUARIAH.pdf