eprintid: 15809 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/58/09 datestamp: 2022-07-18 04:23:44 lastmod: 2022-07-18 04:23:44 status_changed: 2022-07-18 04:23:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Suparmi, Suparmi title: Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Melalui Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas VI di SDN Wanasari 08 Cibitung Kabupaten Bekasi ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: menulis narasi, contextual teaching and learning, wanasari abstract: Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui bagaimana proses pembelajaran keterampilan menulis cerita narasi siswa kelas VI SDN Wanasari 08 Cibitung, Kab. Bekasi dan Meningkatkan hasil keterampilan menulis cerita narasi siswa kelas VI SDN Wanasari 08 Cibitung melalui Metode pembelajaran contextual teaching and learning (ctl). Manfaat tindakan dalam penelitian ini adalah Melalui Metode pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) dapat meningkatkan proses pembelajaran menulis cerita narasi dan dapat meningkatkan hasil kemampuan menulis cerita narasi siswa kelas VI SDN Wanasari 08 Cibitung, Kab. Bekasi. Populasi penelitian ini adalah peseta didik kelas VI yang berjumlah 34 orang Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes dan Telaáh Pustaka. Hasil Penelitian proses pembelajaran menulis narasi siswa melalui metode Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas VI SDN Wanasari 08 Cibitung, yaitu siswa menuliskan apa yang mereka rasakan dari pegalaman langsung. juga berimbas pada meningkatnya hasilnya kemampuan menulis cerita siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan keterampilan menulis cerita narasi dari aspek isi gagasan, organisasi dan penyajian, bahasa, mekanik. Hasil Perolehan Pratindakan pada siswa kelas VI SDN Wanasari 08 Cibitung pada aspek isi gagasan mendapat nilai rata- rata 38.87, pada aspek organisasi dan penyajian 38.81, pada aspek Bahasa 35.87, pada aspek mekanik 39.40. Penelitian dilanjutkan ke siklus I engan hasil pada aspek isi gagasan mendapat nilai rata- rata 61.15, pada aspek organisasi dan penyajian 80.56, pada aspek Bahasa 69.97, pada aspek mekanik 81.73. Rata- rata keselurtuhan nilai siklus I adalah 73.35, ini artinya ada peningkatan dari yang sebelumnya mendapat nilai rata- rata hanya 37.49. Namun peningkatan itu belum maksimal hingga dilanjutkan ke siklus II. dari Hasil Siklus II kemampuan menulis cerita melalui metode pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) pada siswa kelas VI SDN Wanasari 08 Cibitung pada aspek isi gagasan mendapat nilai rata- rata 82.91, pada aspek rganisasi dan penyajian 90.55, pada aspek Bahasa 86.40, pada aspek mekanik 82.9, Nilai rata- rata meningkat menjadi 85.70. date: 2020-11-26 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Anisa. (2009). Kelebihan Pembelajaran CTL. [Online] Tersedia:http://www.sekolahdasar.net/2012/05/kelebihan-dan kelemahan pembelajaran. html (diakses 05 Februari 2020) Anggraini, Novita. 2017. Pembelajaran Membaca Pemahaman Wacana Naratif Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi di Kelas VII SMP Negeri 29 BandungTahun Pelajaran 2016/2017. Bandung. http://digilib.upi.edu/pasca/available/etd-0201108-155451/. Diakses 23 Januari 2020 jam 13.30 WIB Amri, S. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. PT Prestasi Pustakaraya. Jakarta. Daryanto. Model Pembelajaran Inovatif. (Yogyakarta: Gava Media, 2012), 156 Elaine. 2014. CTL contekstual teaching & learning. Mizan. Jakarta Ellsyah, S. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kontextual Teaching andLearning (CTL) Pada Kompetensi Menguasai Teori Dasar ElektronikaPada Siswa Kelas X Program Keahlian Audio Vidio SMK Negri PercutSei Tuan.Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negri Medan. Medan. Handayani, Dwi. (2011). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa MelaluiModel Pembelajaran Contextual Teaching and Learning ( CTL ) PadaMata Pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi Kelas X 3 Semester IT.P 2011/2012 SMKKristen Salatiga. Iskandar. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran. Rosda. Jakarta Maghfiroh, & Julianto. 2014. Penerapan Model Pembelajaran CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD 2(2). Diakses pada 13 Januari 2020 (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnalpenelitianpgsd/ article/view/10618). M. Fakhrur saifudin, 2015. Strategi pembelajaran keterampilan menulis narasi dengan teknik urai ruang waktu (urw) di kelas III sekolah dasar. Profesi pendidikan dasar vol. 2, no. 2, desember 2015 : 80 – 86. Mujiyanto. 2019.”Pembelajaran Keterampilan Menulis di SMP,” Makalah disajikan pada ToT Guru Pemandu SMP Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan LPMP pada tanggal 1-4 Desember 2019 Sabarti. 2018. Pembinaan kemampuan menulis Bahasa Indonesia. Erlangga. Jakarta Tarigan. 2018. Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa Bandung Jakarta. Yamin. 2015. Teori dan metode pembelajaran. Madani. Jakarta citation: Suparmi, Suparmi (2020) Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Melalui Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas VI di SDN Wanasari 08 Cibitung Kabupaten Bekasi. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15809/1/SPS_INDONESIA_1809057057_SUPARMI.pdf