TY - THES N2 - Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui bagaimana proses pembelajaran keterampilan menulis cerita narasi siswa kelas VI SDN Wanasari 08 Cibitung, Kab. Bekasi dan Meningkatkan hasil keterampilan menulis cerita narasi siswa kelas VI SDN Wanasari 08 Cibitung melalui Metode pembelajaran contextual teaching and learning (ctl). Manfaat tindakan dalam penelitian ini adalah Melalui Metode pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) dapat meningkatkan proses pembelajaran menulis cerita narasi dan dapat meningkatkan hasil kemampuan menulis cerita narasi siswa kelas VI SDN Wanasari 08 Cibitung, Kab. Bekasi. Populasi penelitian ini adalah peseta didik kelas VI yang berjumlah 34 orang Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes dan Telaáh Pustaka. Hasil Penelitian proses pembelajaran menulis narasi siswa melalui metode Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas VI SDN Wanasari 08 Cibitung, yaitu siswa menuliskan apa yang mereka rasakan dari pegalaman langsung. juga berimbas pada meningkatnya hasilnya kemampuan menulis cerita siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan keterampilan menulis cerita narasi dari aspek isi gagasan, organisasi dan penyajian, bahasa, mekanik. Hasil Perolehan Pratindakan pada siswa kelas VI SDN Wanasari 08 Cibitung pada aspek isi gagasan mendapat nilai rata- rata 38.87, pada aspek organisasi dan penyajian 38.81, pada aspek Bahasa 35.87, pada aspek mekanik 39.40. Penelitian dilanjutkan ke siklus I engan hasil pada aspek isi gagasan mendapat nilai rata- rata 61.15, pada aspek organisasi dan penyajian 80.56, pada aspek Bahasa 69.97, pada aspek mekanik 81.73. Rata- rata keselurtuhan nilai siklus I adalah 73.35, ini artinya ada peningkatan dari yang sebelumnya mendapat nilai rata- rata hanya 37.49. Namun peningkatan itu belum maksimal hingga dilanjutkan ke siklus II. dari Hasil Siklus II kemampuan menulis cerita melalui metode pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) pada siswa kelas VI SDN Wanasari 08 Cibitung pada aspek isi gagasan mendapat nilai rata- rata 82.91, pada aspek rganisasi dan penyajian 90.55, pada aspek Bahasa 86.40, pada aspek mekanik 82.9, Nilai rata- rata meningkat menjadi 85.70. TI - Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Melalui Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas VI di SDN Wanasari 08 Cibitung Kabupaten Bekasi Y1 - 2020/11/26/ ID - repository15809 UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15809/ M1 - masters AV - public PB - Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA A1 - Suparmi, Suparmi KW - menulis narasi KW - contextual teaching and learning KW - wanasari ER -