eprintid: 15808 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/58/08 datestamp: 2022-07-18 04:23:40 lastmod: 2022-07-18 04:23:40 status_changed: 2022-07-18 04:23:40 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Widaryanti, Titi title: Pendidikan Karakter dalam Buku Antologi "Cerita Anak Muatan Lokal Berkarakter Kabupaten Bekasi" ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: pendidikan karakter, antologi, cerita anak abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai pendidikan karakter dalam buku antologi Cerita Anak Muatan Lokal Berkarakter Kabupaten Bekasi karya Tim Komunitas Penggerak Literasi Kabupaten Bekasi. Untuk mengetahui hal tersebut, maka penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kumpulan Cerita Anak Muatan Lokal Berkarakter Kabupaten Bekasi memiliki nilai pendidikan karakter yang meliputi nilai karakter religius, integritas, gotong royong, kemandirian, dan nasionalisme. Dari hasil analisis nilai – nilai karakter dalam buku antologi “Cerita anak Muatan Lokal Berkarakter Kabupaten Bekasi” tersebut bahwa cerita – cerita tersebut mengandung nilai – nilai karakter yang bisa dijadikan contoh para siswa dalam kehidupan. Oleh karena itu, buku tersebut dapat digunakan sebagai sumber bahan bacaan pada kelas IX tingkat SMP untuk materi cerpan dan cerita inspiratif. date: 2020-11-26 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Aminuddin. 2014. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Aglesindo. Departemen Pendididkan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi IV..Jakarta : Gramedia Pustaka Utama Hapsari, Zakia. 2017. Dongeng Sebagai Pembentuk Karakter Anak . Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi Vol 1 No 1 - April 2017 (21-29) Hidayati, Panca Pertiwi. 2009. Teori apresiasi prosa fiksi. Bandung: Prisma Press. Hikmat, Ade. 2014. Nilai Pendididkan karakter dalam Kumpulan Cerpen Batu Betina . journal.unj.ac.id/unj/index.php/bahtera/article/view/806 Kemendiknas. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Jakarta. Marzuki. 2013. Revitalisasi Pendidikan Agama di Sekolah dalam Pembangunan Karakter Bangsa di Masa Depan. Jurnal Pendidikan Karakter. 3 (1): 64-76. Marzuki.2013. Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Sastra Anak dan Pembentukan Karakter. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Mei 2010, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY Nuryatin, Agus dan Wuryani, Titi. 2017. Parmini, Ni Putu. 2015. Eksistensi Cerita Rakyat dalam Pendidikan Karakter Siswa SD di Ubud jurnal ojs.unud.ac.id/index.php/kajianbali/article/view/16784 Ridwan. 2015. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung : Alfabeta Rosdiana, Yusi dkk. 2013. Buku Bahasa Indonesia di SD. Univetsitas Terbuka Samani, Muchlas. 2019. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Sari, N.K. 2013. Pendidikan dan Pembinaan Karakter Bangsa. http://nuriithaa.blogspot.com/2013/04/pendidikan-dan-pembinaankarakter- bangsa Siswanto, Wahyudi. 2008. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Grasindo Solihati, Nani, Ade Hikmat, dan Yoma Elmikasari. 2017. Nilai Moral dalam Antologi Cerpen filosofi Kopi dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, Volume 1, Nomor 2, November 2017 Stanton, Robert. 2012. Teori Fiksi Robert Stanton (Terjemahan Sugihastuti dan Rosi Abi Al Irsyad). Cetakan II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sudrajat, Adjat. 2011. Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun I, Nomor 1, Oktober 2011 Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung :Alfabeta Sumardjo, Jacob dan Saini K.M. 2014. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT. Gramedia Suryanto, Edy, dkk. 2013. Model Pendididkan Budi Pekerti Berbasis Cerita Anak Untuk Penanaman Nilai Etis – spiritual. Jurnal litera, Volume 12, Nomor 2, Oktober 2013 Widayanto. 2013. Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Bangsa di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat. Widyaiswara Madya BDK Surabaya. https://bahasa.foresteract.com/antologi-puisi http://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/ citation: Widaryanti, Titi (2020) Pendidikan Karakter dalam Buku Antologi "Cerita Anak Muatan Lokal Berkarakter Kabupaten Bekasi". Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15808/1/SPS_INDONESIA_1809057058_TITI%20WIDARYANTI.pdf