eprintid: 15806 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/58/06 datestamp: 2022-07-18 04:23:36 lastmod: 2022-07-18 04:23:36 status_changed: 2022-07-18 04:23:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Yusup, Muhamad title: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Minat Belajar Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: model pembelajaran, project based learning, minat belajar, keterampilan menulis, Menulis cerpen abstract: ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran tipe picture and picture dan project based learning dan minat belajar terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMAN 82 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 82 Jakarta, kelas XI semester genap. Tahun ajaran 2019/2020.Penelitian eksperimen ini menggunakan faktorial 2x2 karena masing-masing variabel dua taraf.Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini random sampling yang diambil sebanyak 72 yang berada di kelas XI IPA 1 sebanyak 36 diajar dengan menggunakan tipe picture and picture dan di kelas XI IPA 2 sebanyak 36 diajar menggunakan tipe project based learning. Berdasarkan skor yang diperoleh dalam tes keterampilan menulis cerpen yang diajar dengan tipe picture and picture memperoleh skor empirik minimum 62 dan skor maksimum 96. Sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan tipe project based learning mendapatkan skor empirik 56 dan skor maksimum 84. Hasil perhitungan skor keragaman dengan menggunakan SPSS 22.0 diperoleh mean skor 80,58; modus 76; median 78;varian 102,19 simpangan baku 10,11 kemampuan menulis cerpen siswa dengan tipe picture and picture. Skor kemampuan menulis cerpen siswa dengan tipe project based learning diperoleh mean 69,64; median 70, varian 53,21;simpangan baku 7,29. Hasil perhitungan ukuran pusat dan letak serta keragaman skor hasil kemampuan menulis cerpen yang memiliki minat belajar tinggi dengan model tipe picture and picture dan project based learning menggunakan SPSS 22.0 diperoleh mean skor 82,04;modus 96; median 81,50; varian 76,05 simpangan baku 8,72.Sedangkan kemampuan menulis cerpen siswa yang memiliki minat rendah yang diajar dengan model tipe picture and picture dan project based learning diperoleh ; mean 68,17; modus 67; median 67, varian 41,74; simpangan baku 6,46. Bedasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap kemampuan menulis cerpen siswa. Kemampuan menulis cerpen siswa yang diajar dengan model tipe picture and picture lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model tipe project based learning. date: 2020-08-12 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Abo, L. (2016). Model Pembelajaran Menulis yang Efektif. Bandung: Mujahid Press. Al-ghazâlî. (2006). BELAJAR DAN MENGAJAR DALAM PANDANGAN AL-GHAZÂLÎ Mohammad Muchlis Solichin. Jurnal Pendidikan, 1(2), 138–153. http://www.ejournal.stainpamekasan.ac.id/index.php/tadris/article/download/202/193 Aqib, Z. (2017). Model-Model Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya. Barus, I. W. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Bantuan Media Film Pendek Pada Siswa Kelas Ix.13 Smp Negeri 2 Singaraja. Journal of Education Action Research, 2(2), 142. https://doi.org/10.23887/jear.v2i2.12322 Dasar, J. P. (2017). Penerapan Model Kooperatif Tipe Picture and Picture Pada Materi Peninggalan Sejarah Di Sekolah Dasar Negeri Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 2(3), 79–87. DJaali. (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Emzir. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Depok: Rajagrafindo Persada. Fathurrohman, M. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Fitri, A. M., Atmazaki, & Abdurrahman. (2018). Implementasi penilaian otentik dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri kota Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(3), 24–33. Hamdayana, J. (2017). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia. Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5 Keraf, G. (2007). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Putaka Utama. Kosasih. (2012). Dasar-Dasar Keerampilan Bersastra. Bandung: Yrama Wodya. Mahmud, H. (2017). Upaya Meningkatakan Keterampilan Menulis Dengan Teknik RCG (Reka Cerita Gambar) Pada Siswa Kelas VI SDN Rengkak Kecamatan Kopang, Kabupaten. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(2), 32–46. Mardiyah. (2016). Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Melalui Kemampuan Mengembangkan Struktur Paragraf (Studi pada Mahasiswa Jurusan Matematika Semester Genap Angkatan Tahun 2015 Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung). TERAMPIL, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 261–281. download.portalgaruda.org/article.php?...KETERAMPILAN MENULIS BAH... Mashura. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Strategi Copy The Master Melalui Media Audio Visual pada Siswa Kelas IX-C SMPN 2 ToliToli. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(11), 237–248. Meryam, A., & Usman, M. (2017). Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Jerman Dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas Xi Ipa Madrasah Aliyah Negeri 1 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2), 95–101. https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4404 Novakovich, J. (2003). Berguru kepada Sastrawan Dunia. Bandung: Kaifa. Nurgiyanoro, B. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPEF Yogyakarta. Nurgiyantoro, B. (2913). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta. Nurgiyantoro, B. (2015). Peniliaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Nurgiyantoro, B. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Nurhadi. (2017). Handbook of Wrting, Panduan Lengkap Menulis. Jakarta: Bumi Aksara. Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 206–216. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027 Ratmana, M. K. S. N., & Milawasri, F. A. (2017). ANALISIS KARAKTER TOKOH UTAMA WANITA DALAM CERPEN Pendahuluan Pengertian Cerpen Cerpen adalah cerita yang. 1(2), 87–94. Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108 Rusman. (2018). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Grafindo. Saddhono, S. d. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati. Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Siswanto, D. A. (2016). Model Pembelajaran Menulis Cerita. Bandung: Refika Aditama. Slameto. (2018). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. Solihati, A. H. (2016). Pengantar Kesusastraan. Jakarta: Uhamka Press. Soraya, I. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar. 6(1), 10–23. Suarni. (2016). Model Pembelajaran kooperatif dan Implikasinya pada Pemahaman Belajar Sains di SD/MI. Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 1–22. hrpp://www.ejournal.radenintan.ac.id Sugiarto, E. (2014). Mahir Menulis Cerpen, Panduan Bagi Pelajar. Yogyakarta: Suaka Media. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugono, D. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Sukardi, E. (2012). Pembelajaran Menulis. Jakarta: Uhamka Press. Supardi. (2016). Aplikasi Statistika dalam Penelitian, Konsep Statisika yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication. Susanti, P. A., & Kusmariyani, N. N. (2017). Penerapan Model Picture and Picture Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil pengetahuan Ipa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 99–106. Wagirun, W., & Irawan, B. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Menulis Teks Eksplanasi di Kelas XI SMA. Indonesian Language Education and Literature, 5(1), 74. https://doi.org/10.24235/ileal.v5i1.5033 Wajdi, F. (2017). Implementasi Project Based Learning (Pbl) Dan Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Drama Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 17(1), 86. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v17i1.6960 Tarigan, H. G. (2018). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Grup. Tineti, Y. R. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dan Penerapannya dalam Proses Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Budi Utama. Yuniari, I. G. (2017). Penerapan Model Picture and Picture untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas XI MIA 6 SMA Negeri Mengwi Tahun Pelajaran 2016/2017. E- Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 2. citation: Yusup, Muhamad (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Minat Belajar Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15806/1/SPS_INDONESIA_1809057062_MUHAMAD%20YUSUP.pdf