eprintid: 15803 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/58/03 datestamp: 2022-07-18 04:23:32 lastmod: 2022-07-18 04:23:32 status_changed: 2022-07-18 04:23:32 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Astutik, Rugi title: Kompetensi Menulis Kisah Inspirasi Melalui Metode Atap Pada Asosiasi Guru Belajar. ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: Kompetensi menulis, kisah inspirasi, metode ATAP (Awalan, Tantangan, Aksi, Pelajara abstract: Tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi menulis guru di Asosiasi Guru Belajar dalam mendeskripsikan awalan, tantangan, aksi, dan pelajaran (ATAP) (dari kisah-kisah inspirasi guru). Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara ilmiah dan dengan teknik pengumpulan data studi kasus yaitu (yang meliputi) kejadian sesuatu, kondisi aktual dari keadaan atau situasi, dan lingkungan atau kondisi tertentu tentang orang atau sesuatu. Penelitian dilakukan pada karya para guru di Asosiasi Guru Belajar yang berjumlah 31. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru dalam mendeskripsikan bagian awalan masuk dalam kriteria kurang. Hal tersebut dibuktikan dengan peroleh persentase sebesar 48,39%. Namun demikian, Kompetensi guru dalam mendeskripsikan bagian tantangan, aksi dan pelajaran masuk dalam kriteria tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan peroleh persentase sebesar 83,87 %, 100 % dan 93.55 % secara berurutan. Diharapkan metode ATAP (awalan, tantangan, aksi, dan pelajaran) dapat menjadi teori inovasi tentang metode menulis kisah inspirasi. Selain itu, guru dapat mengaplikasikan metode ATAP dalam pengajaran di kelas untuk keterampilan menulis sehingga siswa dapat meningkatkan kompetensi menulis karena teori ini terbukti lebih mudah diterapkan date: 2020-08-12 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Abdul Majid. (2005). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya. Abidin, Yunus. (2015). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PTRefika Aditama. Afnita. 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Inspiratif Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas Ix Smp Negeri 1 Kota Sawahlunto. Prosiding Sembadra Universitas Sriwijaya. Albarikah, K Rizkiah. 2017. Analisis Isi pada Artikel Romansa di Zetizen.Com. http://eprints.ums.ac.id/57315/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI. Jakarta: PT Rineka Cipta. Cahyaningsih, Andriani Agustina, dkk. 2019. Gadget dan Mahasiswa (Studi tentang Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Mahasiswa di Universitas Brawijaya). Jurnal Respon Publik. Cardoso, Idalia. 2018. Penerapan Metode Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas Vii Smpn Satap Heut’utan. Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 3 (2). 47-56. Kemdikbud. 2019. Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. https://kemdikbud.go.id Kurniawan, Heru dan Sutardi. 2012. Penulisan Sastra Kreatif. Lamongan: Pustaka Ilalang. Kusmana, S. (2014). Kreativitas Menulis. Yogyakarta: Ombak. Lexy J. Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Remaja Rosdakarya. M. Atar Semi. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa. Melawati, Avanda. 2017. Hubungan Kemampuan Membaca dengan Kemampuan Menulis dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III di SD N 1 Sokawera Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2016/2017. IAIN Purwokerto. Meryam, Andi & Usman, Misnawaty. 2017. Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Jerman Dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas Xi Ipa Madrasah Aliyah Negeri 1 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra . 1 (2). http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:H22mIUcROD8J:ojs.unm.ac.id/eralingua/article/download/4404/2543+&cd=14&hl=id&ct=clnk&gl=id&client=firefox-b-d Mikics, David. 2007. A New Handbook of Literary Term. London: Yale University Press. Moedjiono, H Imam. 2005. Sertifikasi, Kompetensi, dan Profesionalitas Guru. JPI FIA Jurusan Tarbiyah. XIII. Mulyana, Deddy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Muqowim. (2012). Pengembangan Soft Skills Guru. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:Dq6SkMRFe2gJ:https://journal.uii.ac.id/Tarbawi/article/view/5972/5394+&cd=7&hl=id&ct=clnk&gl=id&client=firefox-b-d Nasution, Wan Nurul Atikah. 2018. Penerapan Metode Quantum Writing Dan Media Gambar Seri Dalam Pembelajaran Menulis Narasi. Jurnal Komunitas Bahasa. 6 (1). http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:URiXX8g7zioJ:jurnal.una.ac.id/index.php/jkb/article/download/488/411+&cd=19&hl=id&ct=clnk&gl=id&client=firefox-b-d Nussbaum, Paul. (2009). Which “soft skill” do you think is most important. http://it.toolbox.com/blogs/contactcenterview. Pendidikan, dosen. 2020. Teks Cerita Inspirasi. Pendidikan, guru. 2020. Teks Cerita Inspirasi. https://www.gurupendidikan.co.id/teks-cerita-inspirasi/ Phani,Challa S. S. J. R. (2007). The top 60 soft skills at work. http://www.rediff.com/getahead/2007/jan/08soft.htm Poerwadarminta W.J.S. 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka. Okta Setyarokhim. 2015. Skripsi: Rekonstruksi Cerita Rakyat Jaka Umbaran. Universitas Negeri Malang. Retnoningtyas, Diah Widyawati., Atmaja, A. A. Gede Agung Angga., Pratiwi A. A. Inten., & Rahayu, Kadek Dilan Ari. 2012. Pengaruh Expressive Writing terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Tahun Pertama. Jurnal Psikologi “Mandala”. 1 (1). 14-25. ISSN: 2580-4065 https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:fYpK9sQ4IlUJ:https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/JPM/article/download/579/506+&cd=1&hl=id&ct=clnk&gl=id&client=firefox-b-d Rosyidah, Khafiyatur & Ranu, Meylia Elizabeth. 2012. Meningkatkan Kemampuan Menulis Dan Membaca Stenografi Melalui Metode Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. _______. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta. Suhartini, Eka. 2015. Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Perbandingan Antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan Fakultas Syariah dan Hukum Uinam). UIN Alauddin. Tarigan. & Guntur, H. 2008. Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa. Trianto, Agus. 2007. Pasti Bisa Pembahasan Tuntas Kompetensi Bahasa Indonesia untuk SMP dan MTs Kelas IX. Jakarta: Erlangga Turistiani, Trinil Dwi. 2017. Struktur Alur Dan Bentuk Konflik Yang Membangun Novel Saman Karya Ayu Utami. Jurnal Pena Indonesia (JPI). 3 (2). Kompetensi Menulis Kisah Inspirasi ... , Rugi Astutik, MPB Indonesia, 2020. 75 citation: Astutik, Rugi (2020) Kompetensi Menulis Kisah Inspirasi Melalui Metode Atap Pada Asosiasi Guru Belajar. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15803/1/SPS_INDONESIA_1809057063_RUGI%20ASTUTIK.pdf