eprintid: 15764 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/57/64 datestamp: 2022-07-12 08:48:45 lastmod: 2022-07-12 08:48:45 status_changed: 2022-07-12 08:48:45 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mulyani, Sri creators_name: Solihati, Nani creators_name: Sukardi, Sukardi creators_id: nani_solihati@uhamka.ac.id creators_id: edy.sukardi@uhamka.ac.id title: Realisasi Kesantunan Berbahasa dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata serta Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA (Kajian Pragmatik). ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: tindak tutur, strategi realisasi kesantunan berbahasa. abstract: Tujuan penelitian ini meliputi tiga hal: (1) mendeskripsikan dan menjelaskan tindak tutur yang muncul dalam novel Ayah karya Andrea Hirata, (2) mendeskripsikan dan menjelaskan strategi penutur merealisasikan kesantunaan berbahasa yang terdapat dalam novel Ayah karya Andrea Hirata. (3) implikasi penelitian dalam pembelajaran sastra. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode penelitian ialah deskriptif kualitatif dengan melakukan pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan studi pustaka. Teknik analisis data dilakukan secara bersiklus dimulai dari tahap kodifisikasi, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teori. Hasil penelitian ini mencakup Tindak tutur dalam novel Ayah karya Andrea Hirata terdiri atas 63 tindak. Tindak tutur tersebut terbagi menjadi lima kelompok tindak tuturasertif, tindak tutur direktif, tindak tutur ekspresif, tindak tutur komisif, dan tindak tutur deklarasi seperti terurai sebagai berikut: (1)Asertif :a) pernyataan menegaskan, b) pernyataan laporan, c) menyebutkan, d) pernyataan asumsi, e) mengingatkan, dan f) menyanggah. (2) Direktif : a) menyarankan, b) memutuskan, c) menyuruh, d) menanyakan, e) membujuk, f) meminta ijin, g) menegaskan, h) memperingatkan, dan g) meminta tolong. (3) Ekspresif :a) menolak, b) bahagia, c) penasaran, d) terpesona, e) tindakan, f) tidak percaya, g) memuji, h) meyakinkan, i) mengumpat, j) kecewa, k) menyangkal, l) menyindir, m) mengucapkan terima kasih, n) menyalak/menyanggah, o) menyesal, p) heran, q) malu, r) bingung, s) bangga, t) takut, u) marah, v) sedih, w) memberi saran, x) cemas, y) kaget, z) bersemangat, a2) percaya diri, b2) tidak mau kalah, c2) terkejut (4) Komisif mengancam (5) Deklarasi : a) mengijinkan, b) memberi maaf, c) memutuskan, d) menerima maaf, f) memuji, dan g) menolak. Strategi realisasi kesantunan berbahasa dalam novel Ayah karya Andrea Hirata terdapat dalam 6 tindak tutur 1) Strategi realisasi kesantunan berbahasa dalam menerima maaf. 2) Strategi realisasi kesantunan berbahasa dalam memberi maaf. 3) Strategi realisasi kesantunan berbahasa dalam menawarkan 4) Strategi realisasi kesantunan berbahasa dalam memuji 5) Strategi realisasikesantunan berbahasa dalam memberi saran 6) Strategi realisasi kesantunan berbahasa dalam menyepakati. Realisasi keenam strategi tersebut dalam keenam maksim kesantunan berbahasa Leech : 1) Realisasi maksim kearifan 2) Realisasi maksim kedermawanan 3) Realisasi maksim pujian 4) Realisasi maksim kerendahan hati. 5) Realisasi maksim kesepakatan. 6) Realisasi maksim simpati. date: 2020-08-12 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Arikuntolo, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Gramedia. Alviah, I., & Artikel, I. 2014. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 3(2), 128–135. Afrizal. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Asiati Basin, Seni & Evaliesti. 2016. Pelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Bogor: Cinta Indonesia. Beden, S., & Zahid, I. 1983. Pemetaan Struktur Peristiwa Kesopanan Berbahasa : Kombinasi Model Leech ( 1983 ) & Grice ( 1975 ). Pendeta- Jurnal Bahasa Dan Sastera Melayu, 41–71. Beden, S., Zahid, I., & Maksim, P. K. 2016. Manifestasi Pola Kesopanan Berbahasa Melunas ( Manifestation of Language Politeness Pattern in Melunas. 2(2), 1–10. Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta. Cummings, Louise terj. Eti, dkk, 2007. Pragmatik Sebuah Perspektif Multidisipliner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Darwowidjojo, Soenjono. 2012. Psikolinguistik. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia Anggota IKAPI DKI Jakarta. Emzir. 2018. Metodelogi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Depok: PT. Rajagrafindo Persada Anggota Ikapi. Esten, Mursal. 2013. Kesusastraan Pengantar Teori dan Sejarah. Bandung: Angkasa. George Yule terj. Indah Fajar Wahyuni. 2014. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hanafi, Muhammad. 2014. Kesantunan Berbahasa dalam Perspektif Sosiolinguistik. Jurnal Ilmu Budaya Vol. 2 No.2, Jurusan sastra Perancis Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin. http://repository.unhas.ac.id/bitstream/handle/123456789/19283/Journal%20JIB%20 Desember%202014.pdf?sequence=1#page=62 Hasibuan, N. H. 2005. Perangkat Tindak Tutur dan Siasat Kesantunan Berbahasa (Data Bahasa Mandailing). Logat: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, I(2), 87—95. Hirata, Andrea. 2019. Ayah. Yogyakarta: PT. Bentang Pustaka. Ibrahim, Abdul Syukur. 2014. Sosiolinguitik. Univeritas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/4828/1/PBIN4431-M1.pdf Isnaniah, Siti. 2015. Kajian Sosiolinguistik Terhadap Bahasa Dakwah Aktivis Dakwah Kampus ADK Surakarta. Journa of Social and Islamic. http://www.ejournal.stainpamekasan.ac.id/karsa/article/download/521/504 Ismawati, Esti. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak. Isnawati, Esti. 2013. Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Ombak Anggota Ikapi. Media. Ivanovich Agusta. 2014. Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 02(1998), 1–11. J. Waluyo, Herman,. 2017. Pengkajian dan Apresiasi Prosa. Yogyakarta: Penerbit Ombak Anggota Ikapi. Kamini, Ni Nyoman. 2011. Teori Pengkajian Prosa Fiksi dan Drama. Bali: Pustaka Larasan. Kemendikbud, B. K. dan L. M. (BKLM). (2016). Literasi Dasar: Enam Komponen Literasi Dasar. Jendela Pendidikan Dan Kebudayaan, 04–21. Kuntarto, Eko. 2017. Memahami Konsepsi Psikolinguaitik. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. https://repository.unja.ac.id/5907/1/BUKU%20PSIKOLINGUISTIK.pdf Kushartanti, dkk. 2009. Pesona Bahasa Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: Gramedia. Leech, Geoffrey terj. M.D.D. Oka. 2015. Prinsip-Prinsip Pragmatik. Jakarta: UI-Press. Lisnawati, IIs. 2008. Psikolinguitik dalam Pembelajaran Bahasa. Educare Jurnal Pendidikan dan Budaya, Vo; 6, No 1. http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/70/70. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana. Majid, Abdul. 2016. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Menengah, S., Madrasah, A., Sekolah, A., Kejuruan, M., Aliyah, M., Ma, S. M. A., Mak, S. M. K., & Pelajaran, M. 2016. KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN. Minderop, Albertina. 2013. Metode Karakterisasi Telaah Fiksi. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia. Mulyadi, Yadi, dkk.2016. Intisari Sastra Indonesia. Bandung: Yrama Widiya. Nurgiyantoro, Burhan . 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press Anggota Ikapi. Pangaribuan, Tagor. 2008. Paradigma Bahasa. Yogyakarta: Graha Ilmu. Pranowo.2012. Berbahasa Secara Santun. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Pujiharto. 2012. Pengantar Teori Fiksi. Yoyakarta: Ombak Anggota Ikapi. Purba, A. 2011. Tindak Tutur dan Peristiwa Tutur. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 77–91. https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/1426 Rahardi, Kunjana. 2005. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga. Ramadhani, Dina. 2016. Buku Ajar Apresiasi Prosa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish. Rohmani, S., Fuady, A., & Anindyarini, A. (2013). Analisis Alih Kode Dan Campur Kode Pada Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(2), 328–345. Rokhmansyah, Alfian. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu. Sadapotto, Andi & Muhammad Hanafi. 2016. Kesantunan Berbahasa dalam perspektif Pragmatik. Publikasi Ilmiah, STKIP Muhammadiyah Sidrap. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/7862/68.pdf?sequenc e=1&isAllowed=y Sari, Panca Junita. 2015. Sosiolinguistik Sebagai Landasan Dasar Pendidikan di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB 2015. http://repository.unib.ac.id/11126/1/21-Panca%20Junita%20Sari.pdf Setyawan, B. W. 2018. Kajian Pragmatik Mengenai Tindak Tutur Direktif dalam Serat Joko Lodhang Karangan Raden Ngabehi Ranggawarsita. Jalabahasa: Jurnal Ilmiah Kebahasaan, 14(2), 67–79. http://jurnal.balaibahasajateng.id/index.php/jalabahasa/article/view/206/pd. Sinaga, M. (n.d.). Tindak tutur dalam dialog indonesia lawyers club. Jurnal Bahasa, 8(1), 15– 24. Siregar dan Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia. Studi, P., Bahasa, P., Universitas, P., & Maret, S. (2010). DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugono, Dendy. 2014. Peran Kekuatan Bahasa Indonesia dalam Industri Kreatif Kebahasaan. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Suhendi, Yohanes. 2014. Mengenal 25 Teori Sastra. Yogyakarta: Ombak Anggota Ikapi. Suaka, I Nyoman. 2013. Analisis Sastra Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Ombak. Semi, Atar. 2012. Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya Padang. citation: Mulyani, Sri dan Solihati, Nani dan Sukardi, Sukardi (2020) Realisasi Kesantunan Berbahasa dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata serta Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA (Kajian Pragmatik). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15764/1/SPS_INDONESIA_1809057026_SRI%20MULYANI.pdf