eprintid: 15760 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/57/60 datestamp: 2022-07-12 08:49:57 lastmod: 2022-07-12 08:49:57 status_changed: 2022-07-12 08:49:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Wardoyo, Gregorius Agung Dwi creators_name: Tarmini, Wini creators_name: Syafii, Imam creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Peningkatan Kemampuan Menulis Berita Melalui Media Pembelajaran Google Classroom Pada Siswa Kelas VIII SMP Pangudi Luhur Jakarta. ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: Menulis Berita, Google Classroom, Kemampuan Menulis, media pembelajaran, Google classroom abstract: Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana proses pembelajaran keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Pangudi Luhur Jakarta dan meningkatkan hasil keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Pangudi Luhur Jakarta melalui Media pembelajaran google classroom. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah melalui model pembelajaran google classroom dapat meningkatkan proses pembelajaran menulis berita siswa kelas VIII SMP Pangudi Luhur Jakarta. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Pangudi Luhur Jakarta yang berjumlah 27 orang. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes dan Telaáh Pustaka. Hasil Penelitian proses pembelajaran menulis narasi siswa melalui model google classroom pada siswa kelas VIII SMP Pangudi Luhur Jakarta, yaitu siswa menuliskan apa yang mereka dapatkan saat pembelajaran dengan media google classroom, juga berimbas pada meningkatnya hasilnya kemampuan menulis berita pada siswa kelas VIII. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan keterampilan menulis berita dari aspek pemahaman isi, ketepatan struktur kalimat, tata bahasa, ejaan dan tata tulis. Hasil Perolehan penelitian siklus I dari hasil tes siswa kompetensi inti 3 (pengetahuan) muatan pelajaran bahasa Indonesia materi menulis teks berita pada proses pembelajaran siklus I diperoleh skor rata-rata siswa kelas VIIIA SMP Pangudi Luhur Jakarta adalah 72 dan ketuntasan kelas mencapai 35%, ini artinya hasil rata-rata kelas dan ketuntasan kelas ini belum mencapai Kriteria Batas Minimum 75 berdasarkan KBM satuan pendidikan. Karena peningkatan hasil rata-rata kelas dan ketuntasan kelas belum maksimal, maka dilanjutkan ke siklus II. Dari Hasil Siklus II kemampuan menulis berita melalui model pembelajaran google classroom pada siswa kelas VIII SMP Pangudi Luhur Jakarta dari hasil nilai kognitif siswa pada pertemuan kedua untuk rata-rata kelas sudah mencapai KBM satuan pendidikan yaitu 78. Secara persentase jumlah siswa yang mencapai KBM dapat dinyatakan berhasil karena dari 27 siswa dinyatakan tuntas berdasarkan KBM satuan pendidikan, yaitu 100%. date: 2020-08-12 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Arikunto, Suharsimi dan Suhardjono, Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Creswell, John W. (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Djuraid, Husnus N. (2006). Panduan Menulis Berita (Edisi Revisi). Malang: UMM Press. Fajrin, Rivan.(2015). Pengertian dan Definisi Berita oleh Ahli.http://www.rifanfajrin.com/2015/10/pengertian-dan-definisi-beritaoleh. html. Diunduh pada tanggal 21 April 2018. Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia. Nurcahyani, Prapti Dwi. (2011). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Menggunakan Media Video Klip pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Samigaluh. Skripsi S1. Yoyakarta: Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS UNY. Nurgiyantoro, Burhan. (2009). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta. Sadiman, Arief S, dkk. (2008). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Waluyo, Budi.(2015). Bahasaku Bahasa Indonesia. Surakarta: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. Yunus, Syarifudin. (2015). Kompetensi Menulis Kreatif. Bogor: Ghalia Indonesia. _______________.(2015). Jurnalistik Terapan. Bogor: Ghalia Indonesia. JURNAL Aini, Ria. Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS di SMAN 8 Pontianak, Artikel penelitian Universitas Tanjungpura Pontianak, 2014. Bora, M. Ansyar. Analisa Kepuasan Penggunaan E-Learning Cloud Sekolah Tinggi Teknik (STT) Ibnu Sina Batam. Jurnal Kreatif Industri (JIK) Sekolah Tinggi Teknik (STT) Ibnu Sina Batam. Vol. 1 No. 1. 2017. Dicky Pratama dan Hendri Sopryadi, Pengaruh Pemanfaatan Kelas Elektronik Terhadap Efektifitas dan Efisiensi Proses Belajar STMIK XYZ, Jurnal Jatisi, Vol. 03 No. 1 Tahun 2016, STMIK GI MDP, Palembang. Hakim, Abdul Barir. Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. Jurnal I-Statement Vol. 02 No 1. 2016. Hardiyana, Andri. Implementasi Google Classroom Sebagai Alternatif Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah. Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Tingkat Nasional. SMAN 1 Losari Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat. 2015. Hidayat, Syamsir, dkk. Pengaruh Pemberian Assessment Essay terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa dalam Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan Ekspositori dan Inkuiri di Kelas XI IA SMAN 1 Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 2012. Imaslihkah, Sitti, dkk. Analisis Regresi Logistik Ordinal terhadap Faktorfaktor yang Mempengaruhi Predikat Kelulusan Mahasiswa S1 di ITS Surabaya. Jurnal Sains Dan Seni Pomits Vol. 2 No. 2. 2013. ISSN: 2337-3520. Iftakhar, Shampa. “Google Classroom: What Works And How?”. Journal of Education and Social Sciences. Vol. 3. 2016. Lestari, Indah. Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif 3. ISSN: 2088-351X. Pradana, Diemas Bagas Panca dan Rina Harimurti. Pengaruh Penerapan Tools Google Calssroom Pada Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal IT-Edu Universitas Negeri Surabaya. Vol 02 No 01. 2017. Sofi, Euis. Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan (TANZHIM) Vol 01 No.1 2016. MTs N 1 Model Pandeglang. Surayya, Ely. Pengaruh Media Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal ATTA’LIM; Vol. 3. 2012. Wicaksono,Vicky Dwi dan Putri Rachmadyanti, Pembelajaran Blended Learning Melalui Google Classroom Di Sekolah Dasar, Jurnal Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa, Universitas Negeri Surabaya, h. 515 citation: Wardoyo, Gregorius Agung Dwi dan Tarmini, Wini dan Syafii, Imam (2020) Peningkatan Kemampuan Menulis Berita Melalui Media Pembelajaran Google Classroom Pada Siswa Kelas VIII SMP Pangudi Luhur Jakarta. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15760/1/SPS_INDONESIA_1809057014_GREGORIUS%20AGUNG.pdf