eprintid: 15757 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/57/57 datestamp: 2022-07-12 08:50:02 lastmod: 2022-07-12 08:50:02 status_changed: 2022-07-12 08:50:02 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sri Wahyuni, Eka creators_name: Tarmini, Wini creators_name: Safii, Imam creators_id: imamsafii2077@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Peningkatan kemampuan berbicara melalui media gambar seri pada siswa kelas III SDN Sukarapih 03 kecamatan Tambelang ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: berbicara, media gambar, Kemampuan Berbicara, proses pembelajaran abstract: Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana proses pembelajaran berbicara siswa melalui media gambar seri pada siswa kelas III SDN Sukarapih 03 Kecamatan Tambelang, meningkatkan kemampuan berbicara melalui melalui media gambar seri pada siswa kelas III SDN Sukarapih 03 Kecamatan Tambelang. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah Melalui media gambar seri dapat mengetahui proses pembelajaran berbicara melalui media gambar seri pada siswa kelas III SDN Sukarapih 03 Kecamatan Tambelang , Melalui media gambar seri dapat meningkatkan hasil kemampuan berbicara melalui media gambar seri pada siswa kelas III SDN Sukarapih 03 Kecamatan Tambelang. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 23 orang Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes dan wawancara. Dilihat dari ketercapaian kemampuan berbicara siswa dalam Prapenelitian adalah hasil pencapaian siswa dalam berbicara menggunakan kalimat yang lengkap masih sangat rendah dan belum memenuhi nilai KKM yaitu 67. Secara individu masih ada sekitar 12 siswa dari 23 siswa yang belum mencapai nilai KKM, maka penelitia dilakukan dengan menggunakan media gambar seri agar kemampuan berbicara siswa lebih meningkat.Berdasarkan hasil penelitian siklus I, kemampuan berbicara siswa sudah melampaui KKM yaitu 93, karena siswa ketika maju kedepan untuk berbicara terbantu dengan gambar yang ditempel di papan tulis, namun masih ada sekitar 4 siswa yang belum berhasil melampaui nilai KKM, serta untuk memastikan pencapaian ini bukanlah hal yang kebetulan, maka peneliti memutuskan untuk melanjutkan ketindakan ke Siklus II. Berdasarkan Observasi siklus II hasil perolehan tes kelancaran berbicara siswa meningkat menjadi 97, begitu juga kemampuan berbicara siswa menggunakan artikulasi yang jelas, meningkat menjadi 96 dan pencapaian siswa dalam berbicara menggunakan kalimat yang lengkap juga meningkat menjadi 96. Hanya tersisa 2 siswa yang belum berhasil mencapai nilai KKM, hasil penelitian di Siklus II menunjukan adanya peningkatan kemampuan berbicara siswa dan hal ini terjadi bukan karena kebetulan semata, namun karena proses serta ketepatan guru dalam memilih media pembelajaran yang mudah, murah dan menyenangkan. date: 2020-11-26 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Ahsin, Muhammad Nur. 2016. “Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Media Auidovisual dan Metode Quantum Learning”. Jurnal Refleksi Edukatika. Vol. 6. No. 2. Amriadi, Rio. 2014. “Pengaruh Penggunaan Media Gambar Dan Tidak Menggunakan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas X SMAN1 Koto XI Tarusan”. E Jurnal, Tahun II. No. 3, Juli, 2014. Padang. Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP). Anitah, Sri. 2012. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka. Apriani, Hani Solihah. Pengembangan Keterampilan Berbicara Melalui Teknik Reka Cerita Gambar Pada Anak Taman Kanak-kanak, (http://repository.upi.ed, diakses 20 Maret 2013). Aqib, Zainal. 2013. Model-model Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya. Arifin, Zaenal. (2011). Penelitian Pendidikan (Metode dan Paradigma Baru). Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Ghazali, A. Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif – Interaktif. Bandung: Refika Aditama. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia. Henry Guntur Tarigan. 2018. Menulis Sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa. Febriani, dkk. 2014. Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script di SMP Negeri 13 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 5, No 5. Idris, Yossy. 2012. “Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan DeskripsiMelalui Metode Discovery Dengan Menggunakan MediaGambar Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Dan SastraIndonesia Tahun 2011/2012 Universitas Ekasakti Padang”. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran, Volume 2 Nomor 3, Oktober 2014. Padang. Universitas Ekasakti Padang. Kusuma, Wardani. 2011. “Penerapan Media Gambar Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas II SD Negeri 2 Karangsari”. Jurnal Ilmiah, Vol. 5, No. 2 Halaman 70-80. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Leksono, Gilar Pandu. 2013. Kemampuan Berbicara Siswa Kelas Tinggi di SD Negeri 1 Kedunglenggok, Kecamatan Kemangkon, Kabupaten Purbalingga. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Mabruri, Zuniar Kamaluddin. 2017. Peningkatan Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Melalui Penerapan Strategi Role Playing Sekolah Dasar Negeri Ploso I Pacitan. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan. Maryani, Sri. 2013. “Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMPN 4Soromadi Kabupaten Bima NTB”. E-Journal Ilmiah, Volume 1 Tahun 2013. Nusa Tenggara Barat. Universitas Pendidikan Ganesha. Permana, Tiara Ajeng. 2016. Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Model Paired Storytelling Siswa Kelas VA DI SD Negeri Demakijo 1 Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: UNY Saddhono, Kundharu & Slamet. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati. Samsul. 2014., Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN 1 Galumpang Melalui Metode Latihan. Jurnal Kreatif Online Tadulako. Tadulako: Universitas Tadulako Vol.4 No. 8. Sugiarsih, Septia. Artikel Berbicara pendekatan Pengalaman Berbahasa. (Https://Staff.Uny.Ac.Id/Sites/Default/Files/Penelitian/Septia_sugiarsi h,S.Pd.Artikel-Berbicara-Pendekatan-Pengalaman-Berbahasa. Diakses 29 Januari 2020 jam 02:45 WIB) citation: Sri Wahyuni, Eka dan Tarmini, Wini dan Safii, Imam (2020) Peningkatan kemampuan berbicara melalui media gambar seri pada siswa kelas III SDN Sukarapih 03 kecamatan Tambelang. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15757/1/SPS_INDONESIA_1809057010_EKA%20SRI%20WAHYUNI.pdf