eprintid: 15756 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/57/56 datestamp: 2022-07-13 03:34:10 lastmod: 2022-07-13 03:34:10 status_changed: 2022-07-13 03:34:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Handayani, Anita Rachayu Eka creators_name: Solihati, Nani creators_name: Tarmini, Wini creators_id: nani_solihati@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Efektivitas pemanfaatan sastra anak sebagai media penanaman karakter dan kesiapsiagaan terhadap bencana di SDN Pantai Bahagia 04 Muaragembong Bekasi ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: penanaman karakter, kesiapsiagaan bencana, sastra anak abstract: Tujuan penelitian ini adalah Mengidentifikasi bagaimana sastra anak dapat dimanfaatkan sebagai media mitigasi bencana. Menganalisis Bagaimana sastra anak dapat dimanfaatkan sebagai media penanaman karakter kesiapsiagaan terhadap bencana. Sastra anak dapat menanamkan karakter kesiapsiagaan terhadap bencana di SDN Pantai Bahagia 04 Muaragembong. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa kelas I sampai kelas VI SDN Pantai Bahagia 04 Muaragembong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata, gambar, bukan angka-angka.Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah Muatan mitigasi bencana dalam cerita fabel yang terdapat pada buku sastra anak Muaragembong terdapat pada unsur-unsur intrinsiknya.Unsur intrinsik di dalam fabel tersebut antara lain tema, tokoh, alur,latar, dan amanat. Tema di dalam keempat cerita fabel ini adalah tentang penanganan bencana di daerah pesisir. baik sebelum, pada saat terjadi bencana, dan pasca bencana. Hasil penelitian ini selaras dengan amanat Undang-undang No. 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana yang harus terintegrasi ke dalam program pembangunan termasuk dalam sektor pendidikan. Dalam undangundang tersebut dijelaskan pula bahwa pendidikan menjadi salah satu factor penentu dalam kegiatan pengurangan risiko bencana. Melalui sastra anak, siswa dilatih mengimplementasikan nilai-nilai karakter yang diperoleh dari hasil membaca, mendengarkan, menganalisis tokoh, mencari tema, menyimpulkan pesan moral, serta mengimplementasikannya dalam kehidupan. Melalui karya sastra anak yang mengetengahkan berbagai tema, siswa dapat diajak untuk mengenali dan memahami kualitas tingkatan watak atau karakternya sendiri. Setelah siswa mengenali dan memahami kualitas tingkatan karakternya, maka guru dan orang tua berkolaborasi membimbing atau mengarahkan kualitas tingkatan karakter ke arah yang lebih baik. Dengan begitu pendidikan karakter terinternalisasi dalam diri siswa dan dapat diaktualisasikan dalam perilaku seharihari. Hasil observasi menunjukan dari 18 butir nilai- nilai karakter yang telah dirumuskan oleh Depdiknas, yaitu Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokrastis, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Menghargai Prestasi, Bersahabat/komunikatif, Cinta Damai, Gemar Membaca, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung jawab. Hanya 9 karakter yang berhasil ditanamkan melalui cerita fabel dalam buku Sastra anak Muaragembong yaitu Gemar membaca, bersahabat/ komunikatif, disiplin, kerja keras, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, cinta tanah air, Jujur dan cinta damai. date: 2020-08-12 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Adzimatinur, Nisa. 2017. “Penanaman Karakter Percaya Diri Siswa Pada Program Ekstrakurikuler Pencak Silat Tapak Suci di MI Muhammadiyah Kembaran Wetan Kaligondang Purbalingga”.Tesis. Purwokerto: IAIN Purwokerto. Aini, Ummu Mufidatun. 2016. “Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Pada Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Bela Diri Tapak Suci di MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul Kabupaten Banyumas”. Tesis. Purwokerto: IAIN Purwokerto. Aminudin.2013.Mitigasi dan Kesiapsiagaan Bencana Alam.Bandung : Penerbit Angkasa Bandung. Anies. 2017. Negara Sejuta Bencana. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. ISBN: 978- 602- 313-089-4 Apriliya, S. (2016). Revitalisasi pengajaran sastra dalam perspektif di era global. Jurnal UPI, 1 (1) [online]. Diakses dari http://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/7148/4755 Asdak, C. 2014. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta Danandjaja. 2012. Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Graha Ilmu Emzir. 2015. Teori dan Pengajaran Sastra. Bandung: PT Raja Grafindo Persada. Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta. Hamid, Hamdani dan Beni Ahmad Saebani.2013. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Pustaka Setia. Handayani, Nita Warih dan Sumaryati.Jurnal Citizenship. “Upaya Orang Tua Dalam Menanamkan Karakter Kerja Keras Anak Usia Remaja di Dusun Tegalyoso Banyuraden Gamping Sleman Yogyakarta”. Vol. 4, No. 1. Diakses pada tanggal 17 Januari 2020 21:30:49http://journal.uad.ac.id/index.php/Citizenship/article/downloa d/6280/3327 Hendriana, Evinna Cinda dan Arnold Jacobus. 2016. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. “Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Melalui Keteladanan dan Pembiasaan”. Vol. 1,No 2. Diakses pada tanggal 17 Januari 2020 21:04:35http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPDI/article/vi ew/262 Hidayatullah, M Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka. Hikmat, Ade dan Nani Solihati, 2013. Bahasa Indonesia (untuk Mahasiswa S1 & Pascasarjana, Guru, Dosen, Praktisi, dan Umum). Jakarta: Grasindo Hikmat, A. (2014). NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KUMPULAN CERPEN BATU BETINA KARYA SYARIF HIDAYATULLAH. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(1), 20 - 29. https://doi.org/10.21009/BAHTERA131.03 Muslich, Masnur. 2013. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara. Mulyadi, Mohammad. 2016. Metode Penelitian Praktis Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Publica Press. Nurjanah, dkk. 2011. Manajemen Bencana. Jakarta: Alfabet. Purnomo, Hadi dan Ronny Sugiantoro.2010. Manajemen Bencana : Respon Dan Tindakan Terhadap Bencana. Yogyakarta: Media Pressindo Rahman, A.A. (2017). Pembelajaran sastra di perguruan tinggi yang berkarakter. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4,(2). [online]. Diakses dari http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/dialektika Resmini, N. (2014). Sastra anak dan pengajarannya. [Online]. Diakses dari:http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BHS._DAN_SA STRA_INDONESIA/196711031993032NOVI_RESMINI/SASTRA_ ANAK_DAN_PENGAJARANNYA.pdf Rudito, Bambang dan Melia Famiola. 2013. Social Maping (Metode Pemetaan Sosial, Teknik Memahami Suatu Masyarakat Suatu Masyarakat atau Komuniti). Bandung : Reakayasa Sains. Sarumpaet, R.K.T. (2010). Pedoman penelitian sastra anak edisi revisi. Jakarta: Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan Nasional. Solihati, N, NanidanAde Hikmat, Ade (2016) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA LIRIK LAGU ANAK-ANAK TEMPO DULU (Tinjauan Budaya). In: Revitalisasi Nilai-Nilai Arkeologi, Sejarah, Bahasa, Budaya, dan Alam Melayu Melalui Riset Multidisipliner. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin, Makasar, pp. 240-246. Solihati, N. (2017). Aspek pendidikan karakter dalam puisi hamka. Jurnal: LITERA, 6 (1). [online]. Diakses dari https://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/view/14250 Sopaheulawan, Jan. 2016. Kajian Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Mengantisipasi Bencana Gempabumi dan Tsunami. Jakarta: LIPIUNESCO/ ISDR Sumiyadi. (2015). Sastra Pendidikan dan Pendidikan Sastra. [Online]. Diakses dari:http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BHS._DAN_SA STRA_INDONESIA/196603201991031- SUMIYADI/SUMIYADI/SASTRA_PENDIDIKAN_DAN_PENDIDI KAN_SASTRA.pdf Suryaman, Maman. 2010. “Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sastra.”Cakrawala Pendidikan, XXIX, 114. Wuryandari, Wuri. 2016. “Implementasi Pendidikan Karakter Kemandirian di Muhammadiyah Boarding School.” Cakrawala Pendidikan, XXXV (3), hlm. 208-216. Zulela. (2012). Pembelajaran Bahasa Indonesia Apresiasi Sastra Di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya citation: Handayani, Anita Rachayu Eka dan Solihati, Nani dan Tarmini, Wini (2020) Efektivitas pemanfaatan sastra anak sebagai media penanaman karakter dan kesiapsiagaan terhadap bencana di SDN Pantai Bahagia 04 Muaragembong Bekasi. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15756/1/SPS_INDONESIA_1809057005_ANITA%20RACHAYU%20EKA%20HANDAYANI.pdf