eprintid: 15754 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/57/54 datestamp: 2022-07-13 03:34:23 lastmod: 2022-07-13 03:34:23 status_changed: 2022-07-13 03:34:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Witdianti, Yeni creators_name: Sukardi, Sukardi creators_name: Safii, Imam creators_id: edy.sukardi@uhamka.ac.id creators_id: imamsafii2077@uhamka.ac.id title: Instrumen Evaluasi Berstandar Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Buku Teks Bahasa Indonesia SMA Kelas X. ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: HOTS, High order Thinking Skill, Instrumen evaluasi abstract: king Skills), relevansi aspek HOTS terhadap KD pelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013 SMA, kesesuaian instrumen evaluasi dengan kriteria buku teks yang baik berdasarkan standar kelayakan bahasa versi BNSP, dan kesesuaian instrumen evaluasi aspek HOTS (Higher Order Thinking Skills) dengan perkembangan kognitif siswa dalam instrumen evaluasi pada buku teks Bahasa Indonesia SMA kelas X terbitan Tiga Serangkai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi yaitu dengan cara mendeskripsikan aspek-aspek HOTS (Higher Order Thinking Skills) yang ada pada instrumen evaluasi buku teks bahasa Indonesia SMA kelas X terbitan Tiga Serangkai, Solo. Data pada penelitian ini adalah aspek HOTS yang terdapat dalam BTBI SMA kelas X meliputi kemampuan berpikir kreatif, berpikir kritis, problem solving, dan membuat keputusan. Data tersebut diambil dari instrumen evaluasi berbentuk tes esai sebanyak 60 butir tes esai. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis isi model Philip Mayring. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sebaran aspek HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada BTBI SMA kelas X terbitan Tiga Serangkai belum merata. Berpikir kreatif sebanyak 55, 33%, berpikir kritis 70 %. Sedangkan aspek problem solving dan membuat keputusan di bawah 50%, yaitu aspek problem solving 35% dan aspek membuat keputusan 30%. Juga ditemukan instrumen evaluasi pada BTBI SMA kelas X yang belum berstandar HOTS sebanyak 28,33%. Adapun relevansi aspek HOTS terhadap KI dan KD Kurikulum 2013 SMA kelas X adalah sesuai. Kesesuaian aspek HOTS pada instrumen evaluasi yang ada dalam buku teks Bahasa Indonesia SMA kelas X terbitan Tiga Serangkai terhadap kriteria buku teks yang baik versi BNSP aspek kebahasaan adalah juga sesuai. Instrumen evaluasi pada BTBI SMA kelas X terbitan Tiga Serangkai sudah sesuai dengan perkembangan kognitif siswa SMA kelas X yang rata-rata usianya sudah mencapai 15 tahun date: 2020-02-24 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Sumber Buku: Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara. Asrul, dkk. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Ciptapusaka Media. Boeree, George. 2016. General Psychology: Psikologi Kepribadian, Persepsi, Kognitif, Emosi dan Perilaku (terjemahan). Jakarta: Prismasophie. Cottrell, Stella. 2005. Critical Thinking Skills: Developing Effective Analysis and Argument. New York: Palgrave Macmillan. Creswell, J. W. 2012. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: Sage. Djiwandono, Soenardi. 2011. Tes Bahasa: Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: Indeks Emzir. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Frankel, J.R; Wallen, N. E. & Hyun, H.H. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education (eight edition). New York: MCGraw Hill. Gube, M., & Lajoie, S. 2020. Adaptive expertise and creative thinking : A synthetic review and implications for practice. Thinking Skills and Creativity, 100630. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100630 Helmawati. 2019. Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: Remaja Rosdakarya. Kuswana, Wowo Sunaryo. 2013. Taksonomi Berpikir. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Muslich, M. 2010. Textbook Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Mussen, PH. 2005. Perkembangan Anak dan Kepribadian Anak. Jakarta: Erlangga. Nugroho, R. Arifin. 2018. HOTS (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-Soal). Jakarta: Grasindo Sani, Ridwan Abdullah. 2019. Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tanggerang: Tira Smart. Santrock, W. John. 2009. Psikologi Pendidikan (terjemahan). Jakarta: Salemba Humanika. Satori, Djam’an & Komariah, Aan. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Sihotang, Kasdin dkk. 2012. Critical Thinking: Membangun Pemikiran Logis. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan. Sitepu, B.P. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Situmorang, Jamisten. 2018. Higher Order Thingking Skills. Bandung: MDP Media. Slavin, Robert E. 2011. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik (Edisi 9 Jilid 1). Jakarta: PT.Indeks. Suwarni, Sri dan Nurhayat, Yayat. 2018. Buku Teks Pelajaran: Bahasa Indonesia Kebanggaan Bangsaku SMA dan MA Kelas X. Solo: Tiga Serangkai Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rajawali Pers. Tarigan, HG & Tarigan, D. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa. Uno, Hamzah B. 2010. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, Wuryani, Sri Esti. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo. Yulaewati, Ella. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran: Filosofi Teori dan Aplikasi. Bandung: Pakar Raya. Sumber Artikel: Batey, Mark & Andrian Furnham. 2006. Creativity, Intelligence, and Personality: A Critical Review of the Scattered Literature. Genetic, Social, and General Psychology Monograph, 132 (4), hal. 353-429. Facione, P. A. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. California: Measured Reasons LLC and Insight Assessment. Retrieved from https://www.student.uwa.edu.au/__data/assets/pdf_file/0003/1922502/Criti cal-Thinking-What-it-is-and-why-it-counts.pdf Heong, Y.M., dkk. 2011. The Level of Marzano Higher Order Thinking Skills Among Technical Education Students. International Journal of Social and Humanity, Vol. 1, No. 2, July 2011, 121-125. Hu, W. & Adey, P. 2002. A scientific creativity test for secondary school students. International Journal of Science Education, 24(4), hal 389-403. Johnson, P. 2009. The 21st century skills movement. Educational Leadership, 67, 11. Maman Suryaman. 2015. Dimensi-Dimensi Kontekstual di Dalam Penulisan Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia. Diksi Vol: 13. No. 2 Juli 2015, hlm. 167- 168. McCammon, I. 2001. Decision Making for Wilderness Leaders: Strategies, Traps and Teaching Methods. Proc. Wilderness Risk Manager’s Conf. Oct, 26-28, 2001, Lake Geneva, WI, hal. 16-29. McLean, C.L. 2005. Evaluating Critical Thinking Skills: Two Conceptualizations. Journal of Distance Education Revue de L’Èducation À Distance Spring/Printemps, Vol. 20, No. 2, hal. 1-20. Plucker, Beghetto, & Dow. 2004. Why isn’t creativity more important to educational psychologist? Potentials, pitfalls, and future directions in creativity research. Educational Psychologist, 39 (2), hal. 83-96. Rohana, Fadilah, & Maria Mintowati. 2015. Buku Teks Bahasa Indonesia SMP dan SMA Kurikulum 2013 Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2014. Jurnal Pena Indonesia (JPI) Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, dan Pengajarannya Volume 1, Nomor 1, Maret 2015 ISSN: 22477-5150, hal. 26- 49. Safi’i, Imam dan Amar, Faozan. 2019. Pelatihan Penyusunan Evaluasi Berstandar HOTS Bagi Guru-Guru SD di Wilayah Banyudono. Abdimas Dewantara, Vol. 2 No. 2, hal. 149-157. Sastrawati. 2011. Problem Based Learning, Strategi Metakognisi, dan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa. Teno-Pedagogi, Vol. 1 No. 2, hal. 1-14. Solihati, Nani dan Hikmat, Ade. 2018. Critical Thinking Task Manifested in Indonesia Language Textbooks for Senior Secondary Students. SAGE Publications Ltd. July-September 2017: hal 1–8 Tindowen, Darin Jan C., Bassig, John Michael, dkk. 2017. Twenty-First-Century Skills of Alternative Learning System Learners. SAGE Publications Ltd. July-September 2017: hal 1–8 Zaini, Herman. 2013. Karakteristik Kurikulum 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jurnal Idaroh, Vol. 1, No. 1, Juni, 15 – 31 Sumber Aturan Hukum: Salinan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Buku, pdf. Salinan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, pdf. Paparan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I Bidang Pendidikan. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Jakarta, 14 Januari 2014). Pdf. Instrumen Evaluasi citation: Witdianti, Yeni dan Sukardi, Sukardi dan Safii, Imam (2020) Instrumen Evaluasi Berstandar Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Buku Teks Bahasa Indonesia SMA Kelas X. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15754/1/SPS_INDONESIA_1709057045_YENI%20WITDIANTI.pdf