eprintid: 15751 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/57/51 datestamp: 2022-07-13 03:34:17 lastmod: 2022-07-13 03:34:17 status_changed: 2022-07-13 03:34:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hilmanuddin, Iman creators_name: Tarmini, Wini creators_name: Safii, Imam creators_id: imamsafii2077@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dan motivasi menulis terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation, Motivasi Menulis, Menulis Eksposisi abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dan motivasi belajar terhadap keterampilan menulis eksposisi. Penelitian ini dilakukan di SMP MBS KS Bekasi, kelas VIII pada semester ganjil. Tahun ajaran 2019 – 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan deasin factorial. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian hasil motivasi menulis dengan penyebaran angket motivasi menulis siswa. Analisis data terdiri dari pengujian instrument selanjutnya dilakukan uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan homogenitas. Pengajuan hipotesis dengan uji Tukey Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data, disimpulkan bahwa: (1) keterampilan menulis eksposisi pada kelompok siswa yang diberi model pembelajaran GI lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang diberi model pembeljaaran STAD yaitu Thitung =5,22 > Ttabel = 1,73 (2) keterampilan menulis teks eksposisi siswa yang memiliki motivasi tinggi pada kelas eksperimen dan diberi model pembelajaran GI lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang diberi model pembelajaran STAD, yaitu Thitung = 3,31 > Ttabel = 1,73 (3) hasil keterampilan menulis siswa yang memiliki motivasi rendah pada kelas kontrol dan diberi model GI lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang diberi model STAD, yaitu Th = 2,11 > Ttabel = 1,73 (3) terdapat pengaruh antara model pembeleajaran koooperatif tipe group investigation (GI) dengan motivasi menulis terhadap keterampilan menulis eksposisi siswa yaitu, Fh = 1,75 > Ft = 1,73 Secara umum, disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe groupinvestigation dan motivasi menulis siswa berpengaruh terhadap keterampilan menulis eksposisi siswa. date: 2020-02-24 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Agung, Iskandar. 2010. Menigkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni. Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Huda, Miftahul, 2011. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar Ibrahim, Nini. 2012. Bahasa Indonesia. Jakarta: UHAMKA PRESS. Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran kontekstual (konsep dan Aplikasi). Badung: IKAPI. Miftahul, Huda. 2012. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model Suprapto dan Hamid Al-Jufri., 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan, Jakarta: Smart Gafika. Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana. Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Penelitian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE. Priyatni, Endah Tri. 2013. Bahasa dan sastra Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara. Purwanto, Ngalimun. 2011. Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. __________. 2014. Starategi dan model pembelajran. Yogyakarta: Aswaja Perssindo. Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers. Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press. Sigyanto, 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif, Surakarta: YMA Pustaka. Sukardi, Edy. 2012. Pembelajaran Menulis. Jakarta: UHAMKA PRESS. Sunarti dan Subana. 2011. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia. citation: Hilmanuddin, Iman dan Tarmini, Wini dan Safii, Imam (2020) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dan motivasi menulis terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15751/1/SPS_INDONESIA_1609057030_IMAN%20HILMANUDDIN.pdf