eprintid: 15749 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/57/49 datestamp: 2022-07-13 03:34:34 lastmod: 2022-07-13 03:34:34 status_changed: 2022-07-13 03:34:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sugiyarti, Sugiyarti creators_name: Akhadiah, Sabarti creators_name: Ibrahim, Nini creators_id: nini_ibrahim@uhamka.ac.id title: Hubungan Penguasaan Kosakata dan Minat Membaca Sastra dengan Kemampuan Menulis Cerita Pendek (Studi Korelasi pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 242 Jakarta). ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: Penguasaan Kosakata, Minat Membaca Sastra dan Kemampuan Menulis Cerita Pendek. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis Hubungan Penguasaan Kosakata dan Minat Membaca Sastra dengan Kemampuan Menulis Cerita Pendek meliputi: 1) Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Menulis Cerita Pendek. 2) Hubungan Minat Membaca Sastra dengan Kemampuan Menulis Cerita Pendek. 3) Hubungan Penguasaan Kosakata dan Minat Membaca Sastra Secara Bersama-sama dengan Kemampuan Menulis Cerita Pendek. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen studi korelasi. Sampel yang digunakan adalah 38 siswa terdiri dari kelas IX-G SMP Negeri 242 Jakarta, dengan teknik sampling yang digunakan yaitu random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes penguasaan kosakata bentuk pilihan ganda telah diuji validitasnya dengan koefisien reliabilitas = 0,90 > 0,7; dan angket minat baca siswa yang telah diuji validitasnya dengan koefisien reliabilitas = 0,86 > 0,7. Sedangkan untuk tes kemampuan menulis cerpen dengan siswa membuat cerpen dengan koefisien reliabilitas =0,798 > 0,7. Analisis data menggunakan teknik regresi. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Terdapat hubungan positif penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis cerita pendek koefisien korelasi 56.628. Y = 56.628 + 1.958 X1 dengan sig sebesar = 0.000 < 0,05 dan thitung = 6,058. Koefisien determinasi sebesar 9,37% (2) Terdapat hubungan positif minat membaca sastra dengan kemampuan menulis cerita pendek koefisien korelasi 21.632. Y = 21.632+ 0,279 X2 dengan sig sebesar 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,028. Koefisien determinasi sebesar 9,12% (3) Terdapat hubungan positif penguasaan kosakata dan minat belajar sastra secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis cerita pendek, koefisien korelasi 41.214. Y = 41.214 + 1.207 X1 + 0,303 X2 nilai Sig = 0. 000 < 0,05 dan Fhitung = 390,317. Koefisien determinasi sebesar 9,78%. Penelitian ini berimplikasi untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen dengan menguasai kosakata dan mempunyai minat baca yang tinggi, hal ini terdapat interaksi pengaruh penguasaan kosakatadan minat belajar sastra terhadap kemampuan menulis cerita pendek. Secara keseluruhan ditemukan bahwa kemampuan menulis cerita pendek akan meningkat ketika siswa mempunyai penguasaan kosakatadan minat belajar sastra yang baik. date: 2019-06-25 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Akhadiah, Sabarti, Maidar G Arsjad., dan sakura H. Ridwan. 2012. Pembinaan kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga. Alfianika, Ninit. 2016. Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish Agus, Mikha. 2013. Statiska Terapan: Konsep Aplikasi SPSS/LISREL dalam Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: PT Alex Media Komputindo Antilan, Purba. 2012. Sastra Indonesia Kontemporer. Yogyakarta: Graha Ilmu Atmazaki, Abdurrahman., dan Ria. 2015. Hubungan Minat Baca dan Motivasi Belajar dengan Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 24 Padang. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran Volume 2 Nomor 1 Aziez, Furkqonul., dan Hasim Abdul. 2013. Menganalisa Fiksi. Jakarta: Multi kreasi Satu Delapan. Bambang, dwi Kusumaningsih, Sri Wahono, Suparmin., dan Titik Sudiatmi. 2013. Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: CV. Andi Offset. Basri, Irfani, Ermant., dan Liga F. 2013. Kontribusi Minat Baca Cerpen dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X MAN 1 Padang. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran Volume 1(1). Budiyani, Sari. 2013. Writing Tips. Yogyakarta: PT Citra Aji Parama Dalman, H. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada Djiwandono, Soenardi. 2008. Tes Bahasa dalam Pengajaran. Bandung: ITB. Djojosuroto, Kinayati. 2014. Korelasi Antara Penguasaan Kosakata, Minat Baca, dan Kemampuan Meresepsi Cerpen Sufistik: Survei Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Kampung Jawa Tondano Minahasa. Jurnal el Harakah Vol.16(1). Effendi, Harris. 2014. Kiat Menulis Cerita Pendek. Bandung: Angkasa Eva, Roida. 2012. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 2(2). Erwin. 2014. Hubungan Antara Minat Membaca Karya Sastra dengan Kemampuan Menulis Cerpen (pada Siswa Kelas X SMAN 1 Sambas). Artikel Penelitian Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tanjung Pura Pontianak. Eva, Roida. 2012. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 2(2) Guntur, Henry., dan Tarigan. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Hadi, Sutrisno. 2010. Metodologi Research 4. Yogyakarta: Andi Offset. Heru, Kurniawan., dan Sutardi. 2011. Penulisan Sastra Kreatif. Lamongan: CV Pustaka Ilalang. Jannah, Lina., dan Bambang Prasetyo. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. Kadir. 2015. Statistika Terapan: Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Kasupardi, Endang., dan Supriatna. 2012. Pengembangan Keterampilan Menulis. Jakarta: Multi Kreasi Satudelpan. Keraf, Gorys, 2007. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Komariah, Aan., dan Djam’an Satori. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alvabeta. Mardiana, Ria & Darman. 2018. Komitmen Organisasi: Definisi, Dipengaruhi, Mempengaruhi. Makasar: Nas Media Pustaka. Martono, Deden., dan Erwin. 2014. Hubungan Antara Minat Membaca Karya Sastra dengan Kemampuan Menulis Cerpen (pada Siswa Kelas X SMAN 1 Sambas). Artikel penelitian Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjung Pura Pontianak. Meliyawati. 2016. Pemahaman Dasar Membaca. Yogyakarta: Deepublish Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Murwani, Santoso. 2016. Model Proposal. Sekolah Pascasrjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. Nurgiyantoro, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi . Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Priyatni, Endah Tri. 2010. Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: Bumi Aksara Sanusi, Effendi. 2013. Penilaian Pengajaran Bahasa dan Sastra. Bandar Lampung. Universitas Lampung. Slamet. 2009. Dasar-dasar Keterampilan Bernahasa Indonesia. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press. Soelaiman. 2007. Manajemen Kinerja: Langkah Efektif untuk Membangun, Mengendalikan dan Evaluasi Kerja.Cetakan Kedua. Jakarta: PT Intermedia Personalia Utama. Solihati, Nani, Ade Hikmat., dan Syarif Hidayatullah. 2016. Teori Sastra: Pengantar Kesusastraan Indonesia. Jakarta: Uhamka Press. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta Sukmadinata. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Supardi, U.S. 2013. Aplikasi statistika dalam penelitian edisi revisi, konsep statistika yang lebih komprehensif. Jakarta: PT. Prima Ufuk Semesta. Suyatno. 2011. Cerdas Membaca Sebuah Strategi Pembelajaran Bahasa di Perguruan Tinggi. Jakarta: Uhamka Press. Syafi’ie, I. 2010. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud P2LPTK. Thomas, Tan. 2017. Theaching Is an Art. Yogyakarta: Deepublish. Waluyo, Herman J.., dan Nugraheni E. W. 2009. Pengkajian Prosa Fiksi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Widiyarto, Sigit. 2017. Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Menulis Eksposisi. Jurnal Pesona Volume 3(1). citation: Sugiyarti, Sugiyarti dan Akhadiah, Sabarti dan Ibrahim, Nini (2019) Hubungan Penguasaan Kosakata dan Minat Membaca Sastra dengan Kemampuan Menulis Cerita Pendek (Studi Korelasi pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 242 Jakarta). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15749/1/SPS_INDONESIA_1709057023_SUGIYARTI.pdf