TY - THES AV - public N2 - Rumah Sakit merupakan organisasi yang paling kompleks dengan produksi yang beragam diantaranya memberikan pelayananan kesehatan pada masyarakat dengan teknologi tepat guna. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih merupakan rumah sakit swasta yang berorientasikan pada pelayanan kaum dhu?afa. Salah satunya adalah program KJS (program sebelum BPJS), banyaknya masyarakat DKI Jakarta dengan status kurang mampu/miskin yang berobat ke Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih membuat volume kerja semakin tinggi di bagian administrasi pasien dan bagian penagihan di Keuangan. Penelitian ini menggunakan rancangan Deskriptif Kuantitatif dengan melakukan pencatatan kegiatan SDM Administrasi Pasien, kemudian kegiatan itu dibagi berdasarkan variabel penelitian yaitu waktu kegiatan produktif langsung, waktu kegiatan produktif tidak langsung dan kegiatan tidak produktif untuk mendapatkan gambaran beban kerja SDM Administrasi Pasien. Penelitian dilakukan di Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih Jl. Cempaka Putih Tengah I No. 1 Jakarta Pusat. Objek penelitian ini adalah kegiatan administrasi pasien yang dilakukan oleh pegawai dengan mengamati kegiatan kerjanya. Peneliti akan mengukur waktu dan mencatat kegiatan dengan metode work sampling selama obyek melakukan aktifitas administrasi pasien. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah jam digital dan lembar formulir work sampling. Hasil penelitian menunjukan rata-rata beban kerja yang dilakukan oleh SDM Administrasi Pasien yaitu : Rata-rata beban kerja SDM Administrasi Pasien selama 2 shift yaitu: kegiatan produktif langsung shift pagi 704 menit dengan jumlah 87,78 %, kegiatan produktif tidak langsung 46 menit dengan jumlah 5,74% dan kegiatan tidak produktif 52 menit dengan jumlah 6,48%.Rata-rata kegiatan produktif langsung shift sore 448 menit dengan jumlah 86,32 %, kegiatan produktif tidak langsung 20 menit dengan jumlah 3,85% dan kegiatan tidak produktif 51 menit dengan jumlah 9,83%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui beban kerja terbilang tinggi. Saran peneliti adalah sebaiknya untuk Unit Kasir disarankan untuk lebih mengisi kegiatan yang kosong dengan membantu SDM Administrasi Pasien yang lain agar waktu kerja lebih produktif. PB - UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA A1 - Azharuddin, Azharuddin A1 - Dewi, Evindyah Prita A1 - Fikri, Ipik Muhammad ID - repository15745 UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15745/ M1 - bachelor Y1 - 2015/// TI - Gambaran Beban Kerja Sdm Administrasi Pasien Di Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih Tahun 2014 ER -