eprintid: 15658 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3873 dir: disk0/00/01/56/58 datestamp: 2022-07-02 04:07:17 lastmod: 2022-07-02 04:07:17 status_changed: 2022-07-02 04:07:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Drestiani, Tri Anti creators_name: Fahmi, Ari Khairurrijal title: Implementasi Konsep Pendidikan Islam Perspektif Ibnu Taimiyah Dan Muhammad Abduh Dalam RPP Kurtilas ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86208 abstract: Pendidikan Islam sesungguhnya ialah yang dibangun berangkat dari konsep manusia berbasis Islam. Berbagai usaha pemikiran dalam rangka mewujudkan pendidikan sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah seperti pemikiran Ibnu Taimiyah dan Muhammad Abduh. Semua telah mereka rintis dalam karya mereka yang dapat menjadi acuan dalam mengkonsepkan pendidikan Islam di Indonesia. Oleh karena itu penulis akan menganalisis pemikirannya terhadap pendidikan agar dapat di petik buah pembaharuannya yang patut dikinikan, diimplikasikan, diaplikasikan dan diaktualisasikan bagi dunia pendidikan Islam di Indonesia untuk saat ini. Sehingga sistem, tujuan, kurikulum, metode serta muatan materi pendidikan Islam terus dapat diinovasi secara terus menerus sesuai fi Kulli al-Makan wa fi Kulli al-Zaman. Tulisan ini merupakan penelitian kualitatif, yakni peneliti yang menekankan makna, bukan pengukuran data. Untuk mendapatkan data yang valid dalam penelitian ini maka penulis mengumpulkan data menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan teknik content analysis. Penelitian ini dilakukan dalam rangka mengetahui konsep pembaruan pendidikan Islam perspektif Ibnu Taimiyah dan Muhammad Abduh. Penulis mencoba menganalisis RPP kurtilas dengan konsep pendidikan Islam perspektif Ibnu Taimiyah dan Muhammad Abduh yang kemudian akan diimlementasikan untuk sekolah memalui analisis yang dijadikan RPP baru. Cara mengimlementasikannya dengan menggunaan metode imtaq. Metode berbasis imtaq merupakan metode yang dimodifikasi peneliti, baik sebagian maupun seluruh isi konten yang berlandaskan Al-Qur’an dan Hadits pada materi struktur. Bahan ajar berbasis imtaq diharapakan dapat berkontribusi bagi dunia pendidikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, baik peningkatan secara IQ (Intelligence Quotient), EQ (Emotional Quetion) maupun SQ (Spiritual Quotien). date: 2018 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka department: Fakultas Agama Islam thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Assegaf, Abd. Rachman. Aliran Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers, 2013 Daulay, Haidar Putra., Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2014 Daulay, Haidar Putra. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012 Iqbal, Abu Muhammad. Pemikiran Pendidikan Islam (Gagasan-Gagasan Besar Para Ilmuan Muslim), Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015 Kadir, Abdul. Dkk., Dasar-Dasar Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2015 Khaeroni, Cahaya. Gagasan Pembaharuan Pendidikan Islam Muhammad Abduh (1849-1905). At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam. Vol 1, No 01 (2017). Available At: Date Accessed: 29 July 2018 Kurniawan, Syamsul Dan Erwin Mahrus, Jejak Pemikiran Tokoh Pemikiran Islam.. Jogjakarta, 2011 Muhaimin, Pengembangan Kurikulum, Pendidikan Agama Islam Di Sekolah, Madrasah Dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Rajawali Pres, 2014 Nata, Abuddin., Pemikiran Pendidikan Islam Dan Barat. Jakarta: Rajawali Pers, 2012 Putra, Nusa Dan Santi Lisnawati. Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013 Ramayulis. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia. 2014 Soebahar, Abd. Halim., Kebijakan Pendidikan Islam: Dari Ordonasi Guru Sampai UU Sisdiknas, Jakarta: Rajawali Pers, 2013. Suharto, Toto., Filsafat Pendidikan Islam (Menguatkan Epistimologi Islam Dalam Pendidikan), Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014 Sugiono., Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D), Bandung: Alvabeta, 2015 Abbas, Nurlaelah Abbas. Muhammad Abduh: Konsep Rasionalisme Dalam Islam. Jurnal Dakwah Tabligh, Vol. 15, No. 1, Juni 2014 : 51 – 68 < Http://Journal.Uin Alauddin.Ac.Id/Index.Php/Tabligh/Article/View/338> Date Accessed: 11 Nov 2017 Ainiyah, Nur. Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum, [S.L.], V. 13, N. 1, P. 25-38, June 2013. ISSN 2442-8213. Available At: . Date Accessed: 27 June 2018. Choiri, Moch. Miftachul; Fitriani, Aries. Problematika Pendidikan Islam Sebagai Sub Sistem Pendidikan Nasional Di Era Global. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, [S.L.], V. 11, N. 2, P. 303-325, Nov. 2011. ISSN 2502-2210. Available At: . Date Accessed: 16 July 2018. Doi: Https://Doi.Org/10.21154/Al-Tahrir.V11i2.37 Fahmi, Muhammad. Pendidikan Islam Perspektif Fazlur RAHMAN. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal Of Islamic Education Studies), [S.L.], V. 2, N. 2, P. 273-298, Feb. 2016. ISSN 2527-4511. Available At: . Date Accessed: 11 Okt. 2017. Doi:Http://Dx.Doi.Org/10.15642/Jpai.2014.2.2.273-298. Fardiana, Iis Uun. Keselarasan Imtaq Dan Iptek. Jurnal Al-Adabiya, Vol. 10 No. 1, Januari – Juni 2015 Available At: Date Accessed: 29 July 2018 Fuad, Ah. Zakki., Taksonomi Transenden (Paradigma Baru Tujuan Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal Of Islamic Education Studies), [S.L.], V. 2, N. 1, P. 1-25, Feb. 2016. ISSN 2527-4511. Available At: . Date Accessed: 14 Nov. 2017. Doi:Http://Dx.Doi.Org/10.15642/Jpai.2014.2.1.1-25 Haryati, Sri. Penenaman Nilai-Nilai Imtaq Melalui Proses Pembelajaran Ppkn Di SMA Negeri 1 Imogiri Bantul. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, [S.L.], V. 8, N. 1, June 2006. ISSN 2338-6061. Available At: . Date Accessed: 29 July 2018. Doi:Http://Dx.Doi.Org/10.21831/Pep.V8i1.2014. Hidayat, Nur., Peran Dan Tantangan Pendidikan Agama Islam Di Era Global. Jurnal Pendidikan Agama Islam, [S.L.], V. 12, N. 1, P. 61-74, June 2016. ISSN 2502-2075. Available At: . Date Accessed: 6 Nov. 2017 Jupriadi. Analisis Dan Implementasi Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Gaya Mengajar Guru Disekolah. Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 4 No. 3 Nopember 2017, Hal 217-226. Available At: Date Accessed: 10 Sep. 2018 Kumalasari, Dyah., Konsep Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Dalam Pendidikan Taman Siswa (Tinjauan Humanis-Religius). Journal Uny ISTORIA Volume VIII Nomor 1 Sept < Https://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Istoria/Article/View/3716/3190> Date Accessed: 2 Jan 2018 Makhin, Akhmad; Maryuningsih, Yuyun; Saifuddin, Saifuddin. Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Imtaq Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi Manusia Di Kelas Xi Ipa Sma Negeri 1 Astanajapura Kabupaten Cirebon.Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, [S.L.], V. 3, N. 1, Jun. 2014. ISSN 2527-7596.AvailableAt:Http://Www.Syekhnurjati.Ac.Id/Jurnal/Index.Php/Sceducatia/Article/View/551 Date Accessed: 29 Jul. 2018. Doi: Http://Dx.Doi.Org/10.24235/Sc.Educatia.V3i1.551 Mahsun, Ali. Pendidikan Islam Dalam Arus Globalisasi Sebuah Kajian Deskriptif Analitis. Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman. Epistemé, Vol. 8, No. 2, Desember 2013. Available At: >. Date Accessed: 13 July. 2018 DOI: 10.21274/Epis.2013.8.2.259-278 Rappe. Konsep Pendidikan Menurut Ibnu Taymiyah. Jurnal Shaut Al-'Arabiyah Vol 5, No 1 (2017) < Http://Journal.Uin-Alauddin.Ac.Id/Index.Php/Shautul-Arabiyah> Date Accessed: 28 Jun 2018 Sarifandi, Suja’i., Ilmu Pengetahuan Dalam Perspektif Hadis Nabi. Jurnal Ushuluddin Vol. XXI No. 1, Jan 2014 Date Accessed 6 Nov 2017 Setiawan, Heru. Nidhomul Haq, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (Islamic Education Of Management) Vol 1 No 2 (2016) Published 2016-07-25. Available At: Date Accessed: 29 July 2018. DOI: Https://Doi.Org/10.31538/Nidhomulhaq.V1i2.9 Supriyono. Studi Analisis Konsep Pengembangan Kurikulum 2013; Sebuah Tantangan Bagi Pendidikan Islam. Jurnal Didaktika Islamika, Volume 5 Nomor 1 Pebruari 2015. Available At: Date Accessed: 10 Sep 2018 Taubah, Mufatihatut., Pendidikan Anak Dalam Keluarga Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal Of Islamic Education Studies), [S.L.], V. 3, N. 1, P. 109-136, Feb. 2016. Issn 2527-4511. Available At: . Date Accessed: 02 Jan. 2018. Doi:Http://Dx.Doi.Org/10.15642/Jpai.2015.3.1.109-136 Umam, Khotibul., Pemikiran Pendidikan Ibnu Taimiyah Relevansinya Dengan Pendidikan Kontemporer. Jurnal Falasifa. Vol. 1 No. 2 Sep 2010 Date Accessed: 12 Nov 2017 Yusuf, Nasrudin. Perbandingan Pemikiran Muhammad Abduh Dan Rasyid Ridha Tentang Pendidikan. Jurnal Sosial Budaya, Vol. 8 No. 01 Jan – Jun 2011 . Date Accessed: 11 Nov 2017 , Al-Qur’an , Undang-Undang No. 23 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara, 2016. citation: Drestiani, Tri Anti dan Fahmi, Ari Khairurrijal (2018) Implementasi Konsep Pendidikan Islam Perspektif Ibnu Taimiyah Dan Muhammad Abduh Dalam RPP Kurtilas. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15658/1/FAI_PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM_%201407015058%20_%20TRI%20ANTI%20DRESTIANI.pdf