eprintid: 15652 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3873 dir: disk0/00/01/56/52 datestamp: 2022-07-02 03:35:28 lastmod: 2022-07-02 03:35:28 status_changed: 2022-07-02 03:35:28 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Wirana, Tanjung Surya creators_name: lismawati, lismawati creators_id: lismawati@uhamka.ac.id title: Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI (Di SD Muhammadiyah 5 Jakarta) ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86208 abstract: Salah Satu Kebutuhan Yang Dimiliki Siswa Adalah Kebutuhan Penghargaan Yang Terdapat Dalam Kebutuhan Intelektual (Berprestasi). Kegiatan Yang Dapat Dilakukan Oleh Guru Untuk Memenuhi Kebutuhan Penghargaan Dalam Pembelajaran Yaitu Dengan Cara Memberikan Reward Dan Punishment. Pemberian Reward Dan Punishment Dalam Pembelajaran Memiliki Implikasi Yaitu Siswa Diakui Sebagai Individu Unik Yang Memiliki Kemampuan Tertentu Dan Karakteristik Yang Dapat Dihargai. Penelitian Ini Menggunakan Metode Kuantatif, Untuk Mengetahui Berapa Persentase Pengaruh Reward Dan Punishment Pada Mata Pelajaran PAI Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Populasi Yang Digunakan Yaitu Kelas V Di SD Muhammadiyah 5 Jakarta. Pengambilan Data Menggunakan Metode Sampling Jenuh Karena Dengan Itu Diharapkan Dapat Mewakili Populasi Yang Ada. Instrumen Penelitian Yang Digunakan Pada Penelitian Kali Ini Menggunakan Kuesioner Dengan Model Skala Likert. Kuesioner Diberikan Kepada Sampel Yang Berjumlah 95 Orang. Untuk Pengujian Data, Penulis Menggunakan Uji Regresi Linear Sederhana. Sedangkan Dalam Mengolah Data, Penulis Menggunakan Alat Bantu Statistik Yaitu SPSS Versi 22.0 Dengan Cara Analyze – Regression – Linear. Hasil Penelitian Menunjukan Adanya Pengaruh Reward Dan Punishment Pada Mata Pelajaran PAI Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dengan Tingkat Persentase 14 % Sedangkan 86 % Dijelaskan Oleh Sebab-Sebab Lain Di Luar Reward Dan Punishment Pada Mata Pelajaran PAI. Untuk Persamaan Regresi Linear Terjadi Hubungan Positif Antara Dua Variabel Di Mana Semakin Baik Isi Dari Reward Dan Punishment Pada Mata Pelajaran PAI Maka Semakin Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. date: 2016 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka department: Fakultas Agama Islam thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Abu Ahmadi & Joko Tri Prasetya, Strategi Belajar Mengajar. Bandung:Pustaka Setia,1997.Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Prespektif Islam. Bandung:Remaja Rosdakarya, 2004. Ali Imran, Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2011. Alisuf Sabri, Ilmu Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1999. Ananda S. dan S. Priyanto, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Kartika Putra Press, 2010. Depdiknas, Tim Penyusun, SISDIKNAS: Undang-Undang Replubik Indonesia No. 20 Tahun 2003. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Sekjen Depdiknas, 2003. Elizabeth B. Hurlock, Alih Bahasa Meitasari Tjandrasa, Perkembangan Anak Jilid II. Jakarta: Erlangga, 1978. Eti Marwati, “Pemberian Reward dan Punishment Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa PGRI 56 Ciputat, “ Skripsi UIN Syarif Hidayatulah. Jakarta, 2010. Hamzah B., Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara, 2008. Hj. Rusdiana Hamid, Reward dan Punishment dalam Perspektif Pendidikan Dalam Islam (http://www.academia.edu/1339973). 11 Februari 2013. Jhon M. Echols dan Hasan Shadily, Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia, 1996. John W. Santrok, Alih Bahasa Tri Wibowo, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gramedia, 2011. Jusuf Soewadji, Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2012. M. Athiyah al-Abrasyi, Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 2011. M. Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009. Moh. Nazir, Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014. Muhibin Syah, Psikologi Belajar. Ciputat: Logos Wacana Ilmu, 1999. P. Joko Subagyo, Metode Penelitian dalam Teori & Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2011. Prof. Dr. Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2009 Radhiya Bustan, dkk, “Pengaruh Pendidikan Islam terhadap Kecerdasan Spiritual pada Remaja yang Tinggal di Lingkungan Pekerja Seks Komersial (PSK) Tanah Abang jakarta Pusat”, dalam Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, Vol. 2, No.1. (2013) dari http://jurnal.uai.ac.id/index.php/SH/article/view/117/107. diakses 2 Juni 2016 Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2012. Riduwan, Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta, 2013. Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010. Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 2011. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011 Sugiyono, Statistika untuk Penelitian, h. Sunjoyo, dkk, Aplikasi SPSS untuk SMART Riset. Bandung: Alfabeta, 2013. Sunarto, Pengertian Prestasi Belajar dalam Belajar Mengajar http://sunartombs.wordpress.com/ Sunjoyo, dkk. Aplikasi SPSS untuk SMART Riset. Bandung: Alfabeta, 2013. Tukiran Taniredja dan Hidayanti Mutafidah, “Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Alfabeta: Bandung, 2014. Tulus Tu’u, S.Th., MM.Pd, “Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa”. Jakarta: PT Grasindo, 2004Uyoh Sadulloh, Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung:Alfabeta, 2011. unus, Filsafat Pendidikan. Bandung: Citra Sarana Grafika, 1999. citation: Wirana, Tanjung Surya dan lismawati, lismawati (2016) Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI (Di SD Muhammadiyah 5 Jakarta). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15652/1/FAI_PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM_1207015068_TANJUNG%20SURYA%20WIRANA.pdf