eprintid: 15628 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/56/28 datestamp: 2022-07-01 08:20:10 lastmod: 2022-07-01 08:20:10 status_changed: 2022-07-01 08:20:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Lestari, Niniek creators_name: Erwin, Erwin creators_id: ninik.lestari2808@gmail.com title: Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN Palmerah 19 Pagi Jakarta Barat ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar IPA Kelas V SDN Palmerah 19 Pagi Jakarta Barat pada semester 2 tahun pelajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan hasil 30 soal valid dan 10 soal drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 diperoleh Rhitung > Rtabel yaitu 0,891 > 0,404, instrumen reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors diperoleh Kelas Eksperimen Lo = 0,095 < 0,190 = Lt dan Kelas Kontrol Lo = 0,174 < 0,190 = Lt, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung = 1,25 < 2,09 = Ft, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t-test diperoleh Thitung = 6,198 > 2,021 = Ttabel. Dengan demikian terdapat pengaruh model contextual teaching and learning terhadap hasil belajar IPA di kelas V SDN Palmerah 19 Pagi Jakarta Barat. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model contextual teaching and learning terhadap hasil belajar IPA di kelas V SDN Palmerah 19 Pagi Jakarta Barat. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (R. Damayanti (ed.)). Sinar Grafika Offet. Ariyanto, M. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble, 3(2), 134–140. Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar & Pembelajaran. In Belajar dan Pembelajaran (p. 9). PT RINEKA CIPTA. Djamarah, S. B., & Zain, A. (2015). Strategi Belajar Mengajar. In Strategi Belajar Mengajar (p. 38). PT RINEKA CIPTA. Enoh, M. (2004). Implementasi Contextual Teaching and Learning ( CTL ) dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(1), 1–14. Hamalik, O. (2015). Proses Belajar Mengajar. PT Bumi Aksara. Herianto, A., & Ibrahim. (2017). Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UM Mataram. 17–27. Ismoyo, C. B., & Istianah, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Ctl Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(10), 1738–1747. Komariyah, S., & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 1(3), 116360. Kusdiwelirawan. (2014). Statistika Pendidikan. UHAMKA Press. Luh, N., & Sariani, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Ctl Berorientasi Matematika Siswa Kelas Iii. International Journal of Elementary Education, 2, 95–1 02. Maolani, R. A., & Cahyana, U. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan. Kharisma Putra Utama Offset. Nasution, W. H. R. (2019). Pemanfaatan Media Kahoot dalam pembelajaran IPA Pada Sekolah Dasar Di Era Revolusi 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 894–898. http://semnasfis.unimed.ac.id2549-435x Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center. Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945 Rahayu, S. E., & Febriaty, H. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Pasar Valuta Asing Pada Mata Kuliah Ekonomi Internasional 2 (Studi Mahasiswa Semester 5 Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi UMSU). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Rosyidi, A. M. (2017). Model dan Srategi Pembelajaran Diklat (Kajian Alternatif yang Efektif). Andragogi Jurnal Diklat Teknis, 5(1), 100–111. https://media.neliti.com/media/publications/275079-model-dan-strategi-pembelajaran-diklat-77b29938.pdf Sappe, I., Ernawati, E., & Irmawanty, I. (2018). Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V sdn 231 Inpres Kapunrengan Kecamatan Mangarabombang Kabupaten takalar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 3(2), 530. https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i2.1419 Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Sulfemi, W. B., & Supriyadi, D. (2018). Pengaruh kemampuan pedagogik guru dengan hasil belajar ips. Ilmiah Edutecno, 18(106), 1–19. Sumanto. (2014). Teori Dan Aplikasi Metode Penelitian. PT BUKU SERU. Surya, Y. F. (2019). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 011 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. Wahyuni, D., Hendra, A. N., & Natalia, A. (2018). Efektivitas Model SAVI dan Model CTL dalam Mata Kuliah Kaiwa pada Mahasiswa Semester II Program Studi Sastra Jepang STBA JIA Dian Wahyuni , Akbar Nadjar Hendra , Ana Natalia. 2(01), 1–20. Widodo, S., & Rusijono. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas V DI SD Negeri Tambak Sawah Sidoarjo. Widyaiwaswara, G. P., Parmiti, D. P., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(1), 83. https://doi.org/10.22219/jinop.v5i1.8021 Yuliani, E., Syaban, M., & Anita, I. (2019). Penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) untuk meningkatkan pemahaman siswa sekolah dasar. 02(06), 252–257. citation: Lestari, Niniek dan Erwin, Erwin (2020) Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN Palmerah 19 Pagi Jakarta Barat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15628/1/FKIP_PGSD_16010125098_NINIEK%20LESTARI.pdf