%0 Thesis %9 Bachelor %A Lestari, Niniek %A Erwin, Erwin %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2020 %F repository:15628 %I Universitas Muhammadiyah Prof Dr.Hamka %T Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN Palmerah 19 Pagi Jakarta Barat %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15628/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar IPA Kelas V SDN Palmerah 19 Pagi Jakarta Barat pada semester 2 tahun pelajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan hasil 30 soal valid dan 10 soal drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 diperoleh Rhitung > Rtabel yaitu 0,891 > 0,404, instrumen reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors diperoleh Kelas Eksperimen Lo = 0,095 < 0,190 = Lt dan Kelas Kontrol Lo = 0,174 < 0,190 = Lt, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung = 1,25 < 2,09 = Ft, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t-test diperoleh Thitung = 6,198 > 2,021 = Ttabel. Dengan demikian terdapat pengaruh model contextual teaching and learning terhadap hasil belajar IPA di kelas V SDN Palmerah 19 Pagi Jakarta Barat. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model contextual teaching and learning terhadap hasil belajar IPA di kelas V SDN Palmerah 19 Pagi Jakarta Barat.