@phdthesis{repository15627, school = {Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka}, title = {Hubungan Motivasi Masuk Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Dengan Lama Masa Studi Mahasiswa Angkatan 2015 Universitas Prof. Dr. HAMKA}, year = {2020}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15627/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan motivasi saat memasuki program studi dengan lamanya masa studi pada program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar angkatan 2015 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Prof. Dr. Hamka. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret - Agustus 2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif korelasional. Populasi penelitian adalah mahasiswa angkatan 2015 sebanyak 332, dengan sampel yang berjumlah 60 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrumen penelitian menggunakan SkalaLlikert dengan jumlah 24 pertanyaan yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Dalam pengujian Analisi Korelasi dengan menggunakan uji korelasi product moment diperoleh hasil bahwa nilai rhitung = 0,635. Rtabel untuk 60 siswa atau n = 60 yang dilihat pada tabel product moment adalah 0,254. Sehingga rhitung = 0,635 {\ensuremath{>}} 0.254 Rtabel. Maka derajat hubungan variable X dengan variable Y "Terdapat Korelasi". Pada uji hipotesis digunakan statistic Student t diperoleh thitung 6,257 dan ttabel 2,002. Maka didapati hasil bawah thitung {\ensuremath{>}} ttabel yang berarti bahwa "koefisien korelasi signifikan". Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hipotesis H1 diterima yang artinya bahwa terdapat korelasi antara motivasi masuk program studi dengan lama masa studi pada mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar angkatan 2015 Universitas Prof. Dr. Hamka.}, author = {Arifin, Muhammad Agus and Rahmiati, Rahmiati} }