eprintid: 15626 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/56/26 datestamp: 2022-07-01 08:11:53 lastmod: 2022-07-01 08:11:53 status_changed: 2022-07-01 08:11:53 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Musyafa’ah, Musyafa’ah creators_name: Iba, Khairil creators_id: khairil.dosen@gmail.com title: Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Kata Lembaga Pada Peserta Didik Kelas 1 SDN Pinangsia 03 Kecamatan Tamansari Jakarta Barat. ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada pada peserta didik kelas awal. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pinangsia 03 Kecamatan Tamansari Jakarta Barat pada semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Subyek penelitian ini berjumlah 32 peserta didik kelas 1B SDN Pinangsia 03 yang seluruhnya diteliti dengan membaca menggunakan metode kata lembaga. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas (PTK), prosedur penelitian yang digunakan berbentuk siklus dan masing-masing siklus dilakukan melelui empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes, alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan instrument soal. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan metode kata lembaga dalam pembelajaran membaca permulaan kelas 1B SDN Pinangsia 03 dapat meningkatkan kemampuan membaca peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar dan capaian KKM. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata nilai hasil belajar peserta didik siklus I (65) dan siklus II (81). Sedangkan ketuntasan hasil belajar atau peserta didik yang telah mencapai KKM pada siklus I yaitu 20 peserta didik (63 %), dan terjadi peningkatan pada siklus II yaitu 29 peserta didik (91 %). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode kata lembaga dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas 1B SDN Pinangsia 03 Kecamatan Tamansari Jakarta Barat. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Dalman. (2013). Keterampilam Membaca. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Enny Zubaidah. (2013). Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Diagnosa dan Cara Mengatasinya. Diakses dari http://staff.uny.ac.id. Pada tanggal September 2019, jam 15.30 WIB. Hasan, Alwi. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2012). Pembelajaran Membaca dan Menulis di Kelas Rendah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2013). Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 untuk SD Kelas 1 (buku guru). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Rahim, Farida. (2007). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Bumi Aksara Tarigan, Henri Guntur. (2015). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV. Angkasa Sumantri, Mulyani. (2011). Perkembangan Peserta Didik. Banten: Universitas Terbuka Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Sumantri, Muhammad Syarif. (2015). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktek di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. (2019). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Skripsi, Makalah, Artikel. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Wardhani, Igak. Kuswaya Wihardit. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Banten: Universitas Terbuka Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. citation: Musyafa’ah, Musyafa’ah dan Iba, Khairil (2020) Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Kata Lembaga Pada Peserta Didik Kelas 1 SDN Pinangsia 03 Kecamatan Tamansari Jakarta Barat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15626/1/FKIP_PGSD_1701029173_MUSYAFA%27AH.pdf