TY - THES AV - public N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada pada peserta didik kelas awal. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pinangsia 03 Kecamatan Tamansari Jakarta Barat pada semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Subyek penelitian ini berjumlah 32 peserta didik kelas 1B SDN Pinangsia 03 yang seluruhnya diteliti dengan membaca menggunakan metode kata lembaga. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas (PTK), prosedur penelitian yang digunakan berbentuk siklus dan masing-masing siklus dilakukan melelui empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes, alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan instrument soal. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan metode kata lembaga dalam pembelajaran membaca permulaan kelas 1B SDN Pinangsia 03 dapat meningkatkan kemampuan membaca peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar dan capaian KKM. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata nilai hasil belajar peserta didik siklus I (65) dan siklus II (81). Sedangkan ketuntasan hasil belajar atau peserta didik yang telah mencapai KKM pada siklus I yaitu 20 peserta didik (63 %), dan terjadi peningkatan pada siklus II yaitu 29 peserta didik (91 %). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode kata lembaga dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas 1B SDN Pinangsia 03 Kecamatan Tamansari Jakarta Barat. PB - Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka A1 - Musyafa?ah, Musyafa?ah A1 - Iba, Khairil ID - repository15626 UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15626/ M1 - bachelor Y1 - 2020/// TI - Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Kata Lembaga Pada Peserta Didik Kelas 1 SDN Pinangsia 03 Kecamatan Tamansari Jakarta Barat. ER -