%A Muhammad Azhar Nawawi %A Yamin Yamin %I Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka %X Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model picture and picture terhadap minat membaca siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN kramat jati 01 pagi Jakarta timur semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan merumuskan hipotesis dengan menggunakan angket pre-test dan post-test. Sampel yang digunakan adalah Probabily Sampling. Pada uji validitas dan Reliabilitas menggunakan Expert Judgement atau pendapat ahli dengan jumlah pernyataan angket pada pre-test dan post-test masing-masing 35 pernyataan. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji liliefors diperoleh Lhitung 0,111 > 0,171, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji fisher diperoleh Fhitung 1,831 < 1,929 = Ftabel, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh Thitung 2,219 dengan ttabel 2,060 pada taraf signifikan a = 0,05. Maka dengan demikian Ho ditolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada minat membaca siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN Kramat Jati 01 Pagi Jakarta Timur. %L repository15625 %D 2020 %T Pengaruh Penggunaan Model Picture and Picture Terhadap Minat Membaca Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Kramat Jati 01 Jakarta Timur