eprintid: 15623 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/56/23 datestamp: 2022-07-01 07:50:26 lastmod: 2022-07-01 07:50:26 status_changed: 2022-07-01 07:50:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahayu, Nova Dwi creators_name: Zulherman, Zulherman creators_id: novar647@gmail.com creators_id: zulherman@uhamka.ac.id title: Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Adobe After Effects pada Materi Lngkungan Tempat Tinggalku ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya proses pembuatan media video animasi berbasis Adobe After Effects pada materi lingkungan tempat tinggalku pada kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah Reaserch and Development desain model ADDIE dengan 5 tahapan, yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation and 5) Evaluation. Tahap awal uji media dilakukan pada 3 orang ahli media, 3 orang ahli materi, 5 orang guru kelas dari lima sekolah yang berbeda wilayah. Jumlah sampel penelitian ini berjumlah 132 peserta didik. Data diambil menggunakan kuesioner skala likert 1 sampai 5. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan : (1) rata-rata nilai uji ahli media sebesar (89,71%) termasuk kriteria “Sangat Valid”. (2) rata-rata nilai uji ahli materi sebesar (84,88%) termasuk kriteria “Sangat Valid” (3) rata-rata ujicoba kelayakan produk oleh guru sebesar (90,25%) termasuk kriteria “Sangat Baik” dan (4) rata-rata hasil ujicoba produk oleh peserta didik sebesar (91,79%) termasuk kriteria “Sangat Baik”. Kesimpulan penelitian yang diperoleh dari hasil validitas oleh ahli media, ahli matei, uji kelayakan pada guru dan ujicoba pada peserta didik bahwa media video animasi sangat baik digunakan pada pembelajaran kurikulum 2013 kelas IV Sekolah Dasar pada Materi Lingkungan Tempat Tinggalku. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Chakim, M. L., & Kustijono, R. (2018). Inovasi Pendidikan Fisika ISSN : 2302- 4496 Muchamad Lukman Chakim , Rudy Kustijono. Inovasi Pendidikan Fisika, 07(03), 402–406. Dewi, S. Z., & Hilman, I. (2019). Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 48. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15100 Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89 Diputra, K. S. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 830. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8475 Enterprise, J. (2018). Adobe After Effects Komplet (1st ed.). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=mJhaDwAAQBAJ Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–29. Fitria, N., Lamada, M. S., Bakri, H., Pend, P., Informatikan, T., Pend, J., & Elektro, T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Organ Tubuh Manusia Berbasis Videografis SMPN 1 Limbong. Jurnal UNM. Fitriani, E., Suhartono, S., & Mugiarti, I. (2019). Simulation of 3D molecules using Augmented Reality in chemical bonding topic. Journal of Physics: Conference Series, 1402(5). https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1402/5/055058 Haryadi, R., Vita, M., Utami, I. S., Ihsanudin, I., Setiani, Y., & Suherman, A. (2019). Briquettes production as teaching aids physics for improving science process skills. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032006 Hidayati, A., Adi, E., & Praherdhiono, H. (2019). Bangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Kelas IV Di Sdn Sukoiber 1 Jombang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 45– 50. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p045 Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran (1st ed.). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=wBVNDwAAQBAJ Jannah, M., & Julianto. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Digestive System Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 124–134. Krissandi, A. D. S. (2018). Pengembangan video tematik sebagai pengantar pembelajaran kurikulum 2013 di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 68. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2233 Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal p ada Pembelajaran I PA Kelas V d i Sekolah Dasar. 5(21), 153–166. Made Yeni Suranti, N. G. F. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. In Indonesian Journal of Teacher Education (Vol. 1). Retrieved from https://corona.ntbprov.go.id/ Malawi, I., & Kadarwati, A. (2017). Pembelajaran Tematik (Konsep Dan Aplikasi) (2nd ed.). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=tq9yDwAAQBAJ Maryuliana, Subroto, I. M. I., & Haviana, S. F. C. (2016). Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert. Jurnal Transistor Elektro Dan Informatika (TRANSISTOR EI), 1(2), 1–12. Retrieved from http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/EI/article/view/829 Miranda, D. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Karakter Cinta Tanah Air Untuk Anak Usia Din. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(2), 12–22. https://doi.org/10.26418/jvip.v11i2.32565 Palguna, K. D. Y. A., Sunarya, I. M. G., & Putrama, I. M. (2016). Pengembangan Media Promosi Berbasis Aransemen Musik dan Video Profil Jurusan Pendidikan Teknik Informatika. Pengembangan Media Promosi Berbasis Aransemen Musik Dan Video Profil Jurusan Pendidikan Teknik Informatika, 5(1), 1–10. Sastrawan, P. V., Arthana, I. K. R., & Partha, S. I. G. (2017). Pengembangan SOP Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha Berbasis Animasi. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(1), 114. https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9394 Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar (1st ed.). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=23NRDwAAQBAJ Sembiring, E. B. (2015). Pengembangan Media Sosialisasi Etika Kampus Dalam Bentuk Animasi 2D. Teknomatika, 7(2), 13–26. Syah, F. (2018). menggunakan After Effect CC 2018 , Adobe Premiere CC 2018 , dan Sony Vegas 15. 20–24. Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran Visual - Audio Visual - Komputer - Power Point - Internet - Interactive Video (A. Jarot, ed.). Jakarta: Kata Pena. Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif (1st ed.). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=9pULDgAAQBAJ Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda, I. wayan. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(20), 140–146. Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran (1st ed.; S. fatimah S. Sirate, ed.). Makassa: Prenada Media. Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083 Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (1st ed.). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 citation: Rahayu, Nova Dwi dan Zulherman, Zulherman (2020) Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Adobe After Effects pada Materi Lngkungan Tempat Tinggalku. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15623/1/FKIP_PGSD_1601025367_NOVA%20DWI%20RAHAYU.pdf