eprintid: 15620 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/56/20 datestamp: 2022-07-01 07:38:07 lastmod: 2022-07-01 07:38:07 status_changed: 2022-07-01 07:38:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nazili, Muhammad Haqqin creators_name: Kodri, Safrul creators_id: Nazilihaqqin20@gmail.com creators_id: safrul_kodri@uhamka.ac.id title: Pengaruh Bimbingan Orangtua Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN Tegal Alur 02 Jakarta Barat ispublished: pub subjects: L subjects: QA divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh bimbingan orangtua terhadap hasil belajar matematika kelas IV di SDN Tegal Alur 02 Jakarta Barat pada semester 2 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan rumus korelasi product moment sebanyak 20 pernyataan yang dinyatakan valid. Sedangkan pada uji realibilitas menggunakan rumus cronbach alpha memperoleh 0,910 > 0,60, maka data tersebut memiliki instrument yang reliable. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji One-sample kolmogrov-smirnov test diperoleh 0,200 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Test of homogeneity of variances diperoleh 0,80>0,05, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Selanjutnya ada uji linearitas dengan menggunakan tabel anova diperoleh 0,842 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hubungan antar variabel mempunyai arah yang positif. Pada uji hipotesis digunakan analisis regresi linear sederhana dengan titik potong 47,860 yang merupakan peningktan pada variabel terikat dan koefisien beta pada variabel bebas sebesar 0,608 yang artinya angka yang emngindikasi besaran penambahan variabel terikat untuk setiap penambahan variabel bebas. Selanjutnya uji hipotesis dengan uji-t diperoleh thitung 10.398 dengan ttabel 2,04841 a = 0,000 maka dengan demikian Ho ditolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada bimbingan orangtua terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN Tegal Alur 02 Jakarta Barat. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Astuti, S. P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal Dan Minat Belajar Terhaadap Prestasi Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 68– 75. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.167 Bahrudin dan Esa N. Wahyuni. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran. In Teori Belajar & Pembelajaran (p. 11). Choimadi, & Salamah. (2018). Pendidikan Dan Pembelajaran : Strategi Pembelajaran Sekolah. In Pendidikan Dan Pembelajaran : Starategi PembelajaranSekolah (pp. 172–173). PT Grasindo. Husamah, Pantiwati, Y., Restian, A., & Sumarsono, P. (2018). Belajar Dan Pembelajaran. In Belajar Dan Pembalajaran. Universitas Muhammadiyah Malang. Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(1), 90–98. http:/jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/view/25 Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. 3(1), 76–84. Maufur, S., & Puadah, A. (2016). * Dosen Jurusan PGMI FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Noor Komari Pratiwi. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang Noor. Jurnal Pujangga, Vol. 1(No 2), 75- 105. Oemar Hamalik. (2015). Proses Belajar Mengajar. In Proses Belajar Mengajar. PT Bumi Aksara. Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945 Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2018). Belajar Dan Pembelajaran. In Belajar Dan Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada. Risaldy, S., & Idris, M. H. (2015). Bimbingan & Konseling. In Implementasi Bimbingan & Konseling Pada Anak Usia Dini. Luxima. Sihabudin, M. (2017). Peranan Orang Tua Dalam Bimbingan Konseling Siswa. Jurnal Kependidikan, 3(2), 123–137. https://doi.org/10.24090/jk.v3i2.903 Susanto, A. (2014). Teori Belajar & Pembelajaran. In Teori Belajar & Pembelajaran. Kencana. Toyiba, Fitriyani, N. (2016). Pengaruh Strategi pembelajaran Aktif Terhadap hasil belajar pada Madrasah Ibtidaiyah. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 929–930. Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Edukasi, 1(1), 20–28. citation: Nazili, Muhammad Haqqin dan Kodri, Safrul (2020) Pengaruh Bimbingan Orangtua Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN Tegal Alur 02 Jakarta Barat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15620/1/FKIP_PGSD_1601025363_MUHAMMAD%20HAQQIN%20NAZILI.pdf