eprintid: 15619 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3859 dir: disk0/00/01/56/19 datestamp: 2022-07-01 07:30:47 lastmod: 2022-07-01 07:30:47 status_changed: 2022-07-01 07:30:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nurrachma, Sherlita Suli creators_name: Sudibyo, Kusindrati creators_name: Safitri, Debby Endayani creators_id: debby_endayani@uhamka.ac.id title: Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Pelayanan Konseling Gizi di Puskesmas Kecamatan Setiabudi Tahun 2016 ispublished: pub subjects: Q1 divisions: 13211 abstract: Kepuasan pasien terhadap pelayanan gizi di rawat jalan merupakan reaksi perilaku setelah pasien menerima pelayanan konseling gizi dari nutrisionis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor meliputi aspek-aspek pelayanan, konselor, fasilitas, dan media yang berhubungan dengan tingkat kepuasan pelayanan konseling gizi di Poli Gizi Puskesmas Kecamatan Setiabudi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2016 dengan menggunakan desain cross sectional dan teknik Accidental Sampling didapatkan jumlah sampel sebanyak 60 orang dengan mayoritas (75%) adalah ibu hamil. Hasil analisis Chi Square, menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara tingkat kepuasan konseling gizi dengan pelayanan pada p value (0,113). Ada hubungan yang bermakna antara tingkat kepuasan konseling gizi dengan konselor, fasilitas dan media pada p value berturut-turut yaitu 0,017, 0,003 dan 0,031. Jadi kesimpulan penelitian ini adalah aspek konselor, fasilitas dan media konseling gizi secara bermakna ada hubungan dengan tingkat kepuasan. date: 2016 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Ilmu Kesehatan thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Anjaryani. 2009. Kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan perawat di RSUD Tugurejo Semarang. Semarang: Universitas Diponegoro. Tesis. Ammerman. 2002. Counseling to Promote a Healthy Diet. Systematic Evidence Reviev Number 18. Agency for Healthcare Research and Quality U.S. Department of Health and Human Service 2101 East Jefferson Street Rockville, MD 20852 http://www.ahrq.gov. (dilihat pada tanggal 22 Juni 2016, jam 22.15WIB) Budiarto. 2015. Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas Di Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang. Makkasar: Universitas Hasannudin. Skripsi. Dede. 2009. Analisis hubungan persepsi mutu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien balai pengobatan (BP) umum Puskesmas di Kabupaten Tasikmalaya tahun 2009. Semarang: Universitas Diponegoro. Tesis. Fibriyani, Neni. 2009. Kepuasan pasien diet khusus di ruang rawat inap terhadap pelayanan gizi di Rumah Sakit Umum Daerah Cianjur Jawa Barat Tahun 2009. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. Skripsi. Gable Judy. 2007. Counseling Skills For Dietitians. Blackwell Publishing. Hayati, Fitri. 2006. Kepuasan kerja perawat instalasi gawat darurat di Rumah Sakit Pusat Pertamina Jakarta. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. Skripsi. Departemen Kesehatan RI. 2004. Sistem Kesehatan Nasional. Jakarta: Kemenkes. Departemen Kesehatan RI. 2006. Upaya Kesehatan Wajib di Puskesmas. Jakarta: Kemenkes. Kementrian Kesehatan RI.2013. Buku Saku Asuhan Gizi Di Puskesmas. Jakarta: Kemenkes. Kementrian Kesehatan RI. 2013. Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit. Jakarta: Kemenkes. Mahan L. Kathleen. 2004. Krause’s Food, Nutrition, & Diet Therapy (11th, ed). Saunders. Martiana. 2006. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap terhadap Pelaksanaan Konsultasi Gizi Ruangan di RSUD Banyumas. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada. Skripsi. Nida, Khairun. 2011. Faktor-faktor yang berhubungan dengan sisa makanan pasien rawat inap di Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Borneo Banjarbaru. Skripsi. Notoatmodjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta Permenkes RI Nomor 128 Tahun 2004 Tentang Kebijakan Dasar Pusat Kesehatan Masyarakat. Permenkes RI Nomor 26 Tahun 2013 Pasal 17 Tentang Tenaga Gizi Dalam Melaksanakan Pelayanan Gizi Di Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Permenkes RI Nomor 75 Tahun 2014 pasal 10 ayat 1 dan 2 Tentang Puskesmas. PERSAGI. 2014. Konseling Gizi. Jakarta: Penebar Plus. PERSAGI. Maret 2013. Proses Asuhan Gizi Terstandar (PAGT). Jakarta: Abadi Publishing. Rahmawati F, dkk. 2014. makalah konsultasi di pelayanan kesehatan konsultasi gizi di rumah sakit tipe A, B, dan C. Jakarta: Politeknik Kesehatan Jakarta II. Roberta. 2013. Effects of Nutritional Counseling on the Anthropometric and Biochemical Nutritional Data of Obese Workers: a Randomized Blind Study. Universal Journal of Clinical Medicine 1(1): 6-12, 2013 http://www.hrpub.org DOI: 10.13189/ujcm.2013.010103. (dilihat pada tanggal 28 Juni 2016, jam 02.00WIB) Snetselaar, L., G. 2009. Nutrition Counseling Skil For Nutrition Care Process. USA Jones and Bartlett Publisher. Sulasty. 2008. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap terhadap Pelaksanaan Konsultasi Gizi Ruangan di Rumah Sakit Umum Mataram. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada. Skripsi. Suparman. 2004. Quality Assurance Pelayanan Gizi di Puskesmas Kota Bandung. Bandung: Gizi Politeknik Kesehatan Bandung. Gizi Indon, 27(2):94-101. Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 Pasal 17 Tentang Kesehatan. Zuhdi. Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Islam Surakarta. Keperawatan FIK UMS. Jurnal. citation: Nurrachma, Sherlita Suli dan Sudibyo, Kusindrati dan Safitri, Debby Endayani (2016) Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Pelayanan Konseling Gizi di Puskesmas Kecamatan Setiabudi Tahun 2016. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15619/1/FIKES_GIZI_1205025075_SHERLITA%20SULY%20NURRACHMA.pdf