eprintid: 15617 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/56/17 datestamp: 2022-07-01 07:33:19 lastmod: 2022-07-01 07:33:19 status_changed: 2022-07-01 07:33:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Batubara, Lailan Sakila creators_name: Handayani, Trisni creators_id: Lailansyakila8@gmail.com creators_id: trisni@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0001-5364-0819 title: Hubungan Program Adiwiyata Dengan Motivasi Belajar Siswa Di SDN Cijantung 03 Pagi Jakarta Timur ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86206 abstract: Program Adiwiyata adalah salah satu program kementrian Negara lingkungan hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan kesadaran warga sekolah sehingga menjadi sebuah karakter peduli lingkungan dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Pelestarian lingkungan hidup merupakan upaya melindungi lingkungan hidup terhadap tekanan perubahan dan dampak negatif yang ditimbulkan beragam fenomena alam agar tetap mampu mendukung kehidupan makhluk hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan program adiwiyata dengan motivasi belajar pada peserta didik kelas 5 di SDN Cijantung 03 Pagi Jakarta Timur pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif Assosiatif dengan desain penelitian lapangan (field research). Sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data Variabel X dan Variabel Y menggunakan angket Populasi dari penelitian ini adalah 64 siswa kelas V. Teknik pengambilan Non-Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive dan pengambilan sampel tersebut sebanyak 32 siswa dari kelas VA. Uji Validitas menggunakan Korelasi Point Biserial dengan 30 soal pilihan ganda diantaranya 20 soal valid dan 10 soal tidak valid. Sedangkan pada uji realiabel menggunakan rumus Alpha Cronbach, untuk Variabel X = Rhitung 0,886 > 0,349 Rtabel = dan Variabel Y Rhitung = 0,741 > 0,349 Rtabel = . Maka data tersebut memiliki instrument yang realiable. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu normalitas dengan menggunakan uji Liliefors, untuk variabel X Lhitung 0,975 > 0,156 Ltabel dan variabel Y Lhitung 0,166 Ltabel > 0,156, maka dapat disimpulkan bahwa data Ho diterima. Uji Homogenitas menggunakan uji Linieritas di peroleh Fhitung 15,81 < 2,568 Ftabel , maka dapat disimpulkan bahwa uji hipotesis menggunakan uji Product Moment diperoleh Rhitung 0,535 > 0,349 Rtabel maka dengan demikian Ho Diterima H1 ditolak yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Program Adiwiyata dengan Motivasi Belajar Siswa di SDN Cijantung 03 Pagi Jakarta Timur. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Al-anwari, A. M. (2014). Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Adiwiyata Mandiri. Ta’dib, 19(02), 227–252. Bakar, R. (2014). The effect of learrning motivation on students productive competencies in vocational high school, West Sumatra. International Journal of Asian Social Science, 4(6), 2226–5139. Retrieved from http://www.aessweb.com/journals/5007 dr. Seto Mulyadi, D. (2019). Psikolog Pendidikan. depok: Rajawali Pers. Drs.Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor - faktor yang mempengaruhi (Cetakan ke). Jakarta: Perpustakaan Nasional RI : Katalog Dalam Terbitan(KDT). Guru, P. K., Penguatan, E., Karakter, P., Pembiasaan, S., Bagi, K., Didik, P., … Indrapriyatna, A. S. (2020). (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) P-ISSN: 2548-7094 E-ISSN 2614-8021. 5(1). Hamalik, O. (2015). Proses Belajar Mengajar (C. Ketujuhbelas, ed.). Jakarta: Pt. Bumi Aksara. Harmon, M., Skow, B., Simonson, P., Peck, J., Craig, R. T., Jackson, J. P., … McCrae, R. R. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. In Philosophy of Science (Vol. 4). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1007/978-1-4419-8580- 4_5 Iswari, R. D., & Utomo, S. W. (2017). Evaluasi Penerapan Program Adiwiyata Untuk Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan di Kalangan Siswa (Kasus: SMA Negeri 9 Tangerang Selatan dan MA Negeri 1 Serpong). Jurnal Ilmu Lingkungan, 15(1), 35. https://doi.org/10.14710/jil.15.1.35-41 Kemendikbud. (2011). Buku Panduan Adiwiyata. Adiwiyata, 60. Ma‟ruf, A. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif (cetakan ke; E. Mahriani, ed.). Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Pradini, I. K., Sudjanto, B., & Nurjannah, N. (2019). Implementasi Program Sekolah Adiwiyata Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sdn Tanah Tinggi 3 Kota Tangerang. Jurnal Green Growth Dan Manajemen Lingkungan, 7(2), 122–132. https://doi.org/10.21009/jgg.072.03 Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 206–216. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027 Silaban, S. J., & Yuliani, F. (2017). Implementasi program adiwiyata (Studi pada SMP Negeri 20 Pekanbaru). Jom FISIP, 4(2), 1–5. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/128675-ID-implementasiprogram- adiwiyata-studi-pad.pdf Siregar, E., & Nara, H. (2017). Teori Belajar dan Pembelajaran (cetakan ke). bogor: Ghalia Indonesia,Cet. Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian (Cetakan ke). Bandung: Alfabeta. Sumantr, M. S. (2016). Strategi Pembelajaran. Depok: Pt. Rajagrafindo Persada. SYA‟BAN, M. B. A. (2017). Tinjauan Mta Pelajaran Ips Smp Pada Penerapan Pendidikan Lingungan Hidup Untuk Peduli Akan Tanggung Jawab Lingkungan. Jurnal Hukum & Pembangunan, 18(6), 550. https://doi.org/10.21143/jhp.vol18.no6.1285 TERSIANA, A. (2018). METODE PENELITIAN (cetakan ke). Yogyakarta. Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. 2018–2019. https://doi.org/10.31219/osf.io/pcjvx Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI : Katalog Dalam Terbitan(KDT). Wahab, R. (2015). Psikolog Belajar (Cetakan 1). Jakarta: Rajawali Pers. Wahyuningtyas, D., Harsastro, P., & Supratiwi. (2013). Evaluasi Program Adiwiyata Di Sman 11 Semarang. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1–6. Widiasworo, E. (2017). Masalah masalah peserta didik dalam kelas dan solusinya. Yogyakarta: Araska. citation: Batubara, Lailan Sakila dan Handayani, Trisni (2020) Hubungan Program Adiwiyata Dengan Motivasi Belajar Siswa Di SDN Cijantung 03 Pagi Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15617/1/FKIP_PGSD_1601025357_LAILAN%20SAKILA%20BATUBARA.pdf