eprintid: 15616 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/56/16 datestamp: 2022-07-01 07:02:24 lastmod: 2022-07-01 07:02:24 status_changed: 2022-07-01 07:02:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Puteri, Navira Humairoh creators_name: Jusra, Hella creators_id: navirahumairohputeri@gmail.com creators_id: hella.jusra@uhamka.ac.id title: Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas IV SDN Kebon Jeruk 01 Pagi ispublished: pub subjects: L subjects: QA divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Open Ended lebih tinggi daripada yang tidak menggunakan model pembelajaran Open Ended. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparatif jenis Quasy Experimental Design, dengan subyek penelitian peserta didik kelas IV SDN Kebon Jeruk 01 Pagi yang memiliki populasi sebanyak 64 peserta didik. Sampel penelitian ini yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Instrumen berupa tes soal uraian yang diberikan. Uji validitas instrumen menggunakan Product Moment Angka Kasar dengan hasil 6 soal valid dan 1 soal tidak valid. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cornbach dengan hasil 0,611 > 0,60 yang artinya instrumen tersebut reliable. Dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors,dari kelas eksperimen diperoleh Lo = 0,1220 < Ltabel = 0,157 dan pada kelas kontrol diperoleh Lo = 0,1403 < Ltabel = 0,157, dapat disimpulkan bahwa data kelas eksperimen kontrol berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung = 1,08 < Ftabel = 1,82 dapat disimpulkan bahwa Ho diterima yang artinya homogen. Kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-tHitung diperoleh = 8,23 > Ftabel = 1,998 dengan a = 0,05 dan dk = 32, dapat disimpulkan bahwa h1 diterima yang artinya terdapat pengaruh terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran Open Ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas IV SDN Kebon Jeruk 01 Pagi. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. Teorema, 2(1), 39. https://doi.org/10.25157/.v2i1.765 Argarini, D. F. (2018). Analisis Pemecahan Masalah Berbasis Polya pada Materi Perkalian Vektor Ditinjau dari Gaya Belajar. Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 91–93. https://doi.org/10.33477/mp.v6i1.448 Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. Seminar Nasional Matematika X, 151–153. Fathurrohman, M., Anwar, C., & Firdos, H. (2019). Pengaruh pembelajaran penemuan terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari kemampuan awal matematis. 12(2). Herlawan, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Melalui Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbasis Kontekstual. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Pengajaran Matematika, 3(1), 33. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644 Herman Tatang. (2007). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Educationist, 1(1), 3. http://ejournal.sps.upi.edu/index.php/educationist/article/view/28/22 Lestari, K. D., Suniasih, N. W., & Manuaba, I. B. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Berbasis Keterampilan Menjelaskan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal of Education Technology, 1(3), 169. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12501 Lestari, Y. E., Rahayu, R., & Ulya, H. (2018). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika Kelas IV melalui Model Open Ended Berbantuan Miniatur Rumah Adat Kudus. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 89–92. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i2.2660 Mulyati, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2), 143–144. https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2807 Rosa, E. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) Menggunakan Media Petak Warna-Warni Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Segitiga di Kelas VII MTs. Putra-Putri Simo. Inspiramatika, 3(1), 43–52. Rostika, D., & Junita, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sd Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Diskursus Multy Representation (Dmr). EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1), 35–36. https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6176 Saputra, A. I., & Susilawati, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended Problem terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 3 Kota Bima Tahun Pelajaran. 103–111. Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 58–65. Sugiyono, P. D. (2016). metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. In Alfabeta, cv. Sulaiman, D. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Argumentasi Ilmiah Siswa Sma Negeri 1 Tarakan Dinamika Gerak Rotasi. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 7(1), 55. https://doi.org/10.26714/jps.7.1.2019.55-63 Sulistyaningsih, I. (2018). Penerapan Pembelajaran Open Ended Untuk Mengetahui Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas Viii-D Smp Negeri 26 Surabaya Tahun Pelajaran 2015–2016. Education and Human Development Journal, 3(2), 159–170. https://doi.org/10.33086/ehdj.v3i2.56 Wahyudi, W., & Anugraheni, I. (2017). Strategi pemecahan masalah matematika. In Satya Wacana University Press (Issue August). https://herryps.files.wordpress.com/2010/09/strategi-pemecahan-masalah-matematika.pdf Waluyo, S., & Surya, E. (2017). Pengaruh Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika. citation: Puteri, Navira Humairoh dan Jusra, Hella (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas IV SDN Kebon Jeruk 01 Pagi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15616/1/FKIP_PGSD_1601025354_NAVIRA%20HUMAIROH%20PUTERI.pdf