eprintid: 15615 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/56/15 datestamp: 2022-07-01 06:53:17 lastmod: 2022-07-01 06:53:17 status_changed: 2022-07-01 06:53:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Martian, Firsty creators_name: Tri Wintolo Apoko, Tri creators_id: firstyxh@gmail.com creators_id: triwin_apoko@uhamka.ac.id title: Pengaruh Pendekatan Whole Language Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa pada Kelas IV SDN Pekayon 05 Pagi ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kemampuan menulis narasi dengan menggunakan pendekatan Whole Language pada siswa kelas IV SDN Pekayon 05 Pagi pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Penelitian ini menggunakan rancangan Quasy Experimental Design yang menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini berjumlah 60 siswa yang seluruhnya diteliti. Kelas eksperimen IVC 30 siswa dan kelas kontrol IVB 30 siswa dengan teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh. Dari hasil perhitungan uji normalitas post-test menggunakan liliefors pada kelas eksperimen diperoleh nilai Lhitung = 0, 119, LTabel = 0,162 pada taraf signifikan α = 0,05. Pada kelas kontrol diperoleh nilai Lhitung = 0.153, Ltabel = 0,162 pada taraf signifikan α = 0,05. Pada kedua kelompok tersebut berdistribusi normal. Selanjutnya pada uji homogenitas hasil tes menggunakan uji Fisher. Diperoleh Fhitung = 0,19 dan Ftabel = 1,86 pada a = 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) pembilang = 29 dan derajat kebebasan (dk) penyebut = 29. Sehingga didapat Fhitung = 0,19 < Ftabel (0,05) = 1,86 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sampel kelas IV adalah homogen. Dalam menguji hipotesis yang telah dirumuskan, maka dilakukan perhitungan dengan uji-t. Dari hasil perhitungan diperoleh Thitung = 8,16 sedangkan Tabel = 2,002 pada taraf signifikan a = 0,05 dengan derajat kebebasan = 58. Dengan demikian Thitung > Ttabel yang menyatakan Ho ditolak dan H1 diterima. Ini menunjukan bahwa “Terdapat pengaruh pendekatan whole language terhadap kemampuan menulis narasi siswa pada kelas IV SDN Pekayon 05”. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arifin, H. E. Z., & Haryono, A. (2016). Metodologi Pengajaran Bahasa dan Sastra. Tangerang: Pustaka Mandiri. Cahyani, A. B. (2019). Pengaruh Bermain Amplas (Sandpaper Letters) terhadap Kemampuan Menulis Awal Anak Usia 5-6 Tahun (Universitas Negeri Jakarta). Retrieved from http://repository.unj.ac.id/75/ Daslan, Ana, H., & Harmin. (2019). Kemampuan Menulis Iklan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kulisusu. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 4(1), 122–138. Efendi, Y., & Widodo, A. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Tes Shooting Sepak Bola pada Pemain Tim Persiwu FC Jatiyoso. Jurnal Kesehatan Olahraga, 7(2), 367–372. Fauziah, R. (2016). Penerapan Whole Language Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1, 12–24. Fitri, Saprin, & Nasbi, I. (2019). Pengaruh Penggunaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Cerita Peserta Didik Kelas IV MIM Romang Lompoa Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa. Jurnal Ilmiah Madrasah Ibtidaiyah, 01(1), 29–34. Hartati, Hendriani, A., & Syaripudin, T. (2019). Penerapan Pendekatan Whole Language Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 245–255. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i1.20664 Hasanah, A. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Film. Magistra, 8, 139–161. Hikmat, A., & Solihati, N. (2016). Bahasa Indonesia (untuk Mahasiswa S1 & pascasarjana, Guru, Dosen, Praktisi, dan Umum). Jakarta: Grasindo. Iskandar, N. M. (2016). Penerapan Pendekatan Whole Language untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV Sekolah Dasar (Universitas Pendidikan Indonesia). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Kusdiwelirawan, A. (2017). Statistika Pendidikan. Jakarta: Uhamka Press. Lestari, K. (2018). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Al-Qur’an di MI Tholabuddin Gandusari Blitar (Institut Agama Islam Negeri Tulungagung). Retrieved from http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7786/ Linda, W. (2019). Pengaruh Metode Collaborative Learning terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 2(2), 158–174. https://doi.org/10.31539/kibasp.v2i2.621 Lutvaidah, U. (2016). Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 279–285. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.653 M. S, Z. (2012). Pembelajaran Bahasa Indonesia Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Much, H. T. K. V. (2017). Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi melalui Pendekatan Kontekstual dengan Inspirator Lingkungan Sekolah Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sano Nggoang, Manggarai Barat Tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(1), 301–313. Muharipin. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas Iii Semester 2 Sdn 1 Wanasaba Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Linguistik, Sastra, Dan Pendidikan (Jurnalistrendi), 2(2). https://doi.org/10.26499/mab.v11i1.64 Naibaho, E. H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap kemampuan Siswa Menulis Biografi Pahlawan Di Kelas X SMA Mulia Pratama Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Ramadhanti, D. (2017). Penerapan Model Kooperatif Tipe CIRC dalam Pembelajaran Menulis Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lembah Gumanti. Gramatika, 3(1. ISSN 2442-8485), 27–42. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22202/JG.2017.V3i1.1230 Ratri, R. K. (2019). Cakap Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Saputra, H. (2020). Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa kelas V SDN 3 Margodadi Jati Agung Lampung Selatan. Seminar Nasional 2020. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Sayekti. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung dengan Menggunakan Pembelajaran Model Jigsaw melalui Buku Tulis Halus pada Siswa Kelas II SDN 02 Mojorejo Kota Madiun. Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 91–104. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/linguista.v3i2.5730 Siregar, A. B. (2019). Efektivitas Model Accelerated Learning Terhadap Kemampuan Menulis Resensi Novel Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2018/2019 Semester Genap. Retrieved from http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2339 Subana, M., & Sunarti. (2011). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia. Sudarmi. (2016). Menulis Teks Berita. Penerbit Sani Tama. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta. Sumantri, M. S. (2016). Model Pembelajaran Terpadu di Sekolah dasar. Jakarta: RajaGrafindo Persada. Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group. Susi, P. (2019). Analisis Jenis-Jenis Kalimat dalam KaranganNarasi Siswa Kelas VII SMP Pangudi Luhur 1 YogyakartaTahun Ajaran 2017/2018. Universitas Sanata Dharma. Utami, D., Setiadi, D., & Suparman, F. (2019). Pengaruh Media Film Pendek Berjudul Inilah Aku terhadap Kemampuan Menulis Narasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V-2 Tingkat Mathayom di Islamic Santitham Foundation SchoolThailand Selatan . Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 92–99. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/20226 Wahya, & Waridah, E. (2017). Buku Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Bmedia. Widodo, A. P. S. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Model Think Talk Write dengan Media Gambar Seri pada Siswa Kelas VB SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang. Universitas Negeri Semarang. citation: Martian, Firsty dan Tri Wintolo Apoko, Tri (2020) Pengaruh Pendekatan Whole Language Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa pada Kelas IV SDN Pekayon 05 Pagi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15615/1/FKIP_PGSD_1601025353_FIRSTY%20MARTIANA.pdf