%I Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka %T Pengaruh Pendekatan Whole Language Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa pada Kelas IV SDN Pekayon 05 Pagi %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kemampuan menulis narasi dengan menggunakan pendekatan Whole Language pada siswa kelas IV SDN Pekayon 05 Pagi pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Penelitian ini menggunakan rancangan Quasy Experimental Design yang menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini berjumlah 60 siswa yang seluruhnya diteliti. Kelas eksperimen IVC 30 siswa dan kelas kontrol IVB 30 siswa dengan teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh. Dari hasil perhitungan uji normalitas post-test menggunakan liliefors pada kelas eksperimen diperoleh nilai Lhitung = 0, 119, LTabel = 0,162 pada taraf signifikan α = 0,05. Pada kelas kontrol diperoleh nilai Lhitung = 0.153, Ltabel = 0,162 pada taraf signifikan α = 0,05. Pada kedua kelompok tersebut berdistribusi normal. Selanjutnya pada uji homogenitas hasil tes menggunakan uji Fisher. Diperoleh Fhitung = 0,19 dan Ftabel = 1,86 pada a = 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) pembilang = 29 dan derajat kebebasan (dk) penyebut = 29. Sehingga didapat Fhitung = 0,19 < Ftabel (0,05) = 1,86 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sampel kelas IV adalah homogen. Dalam menguji hipotesis yang telah dirumuskan, maka dilakukan perhitungan dengan uji-t. Dari hasil perhitungan diperoleh Thitung = 8,16 sedangkan Tabel = 2,002 pada taraf signifikan a = 0,05 dengan derajat kebebasan = 58. Dengan demikian Thitung > Ttabel yang menyatakan Ho ditolak dan H1 diterima. Ini menunjukan bahwa “Terdapat pengaruh pendekatan whole language terhadap kemampuan menulis narasi siswa pada kelas IV SDN Pekayon 05”. %D 2020 %A Firsty Martian %A Tri Tri Wintolo Apoko %L repository15615