eprintid: 15614 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/56/14 datestamp: 2022-07-01 06:44:46 lastmod: 2022-07-01 06:44:46 status_changed: 2022-07-01 06:44:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Budinurani, Kharismatika creators_name: Jusra, Hella creators_id: kharismatikabudinurani@gmail.com creators_id: hella.jusra@uhamka.ac.id title: Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) berbantu Media Komik dengan Role Playing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas V SDN Harapan Mulya II Bekasi ispublished: pub subjects: L subjects: QA divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan menggunakan posttest-only control design. Populasi penelitian ini kelas V-A dan V-B berjumlah 61 orang dengan teknik sampling jenuh atau disebut dengan istilah sensus. Uji validitas menggunakan Korelasi Product Moment dengan 7 soal valid. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach diperoleh Rhitung 0,706 > Rtabel 0,396. Maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Analisis persyaratan yaitu uji normalitas kelas eksperimen menggunakan uji Lilliefors diperoleh Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,1136 ≤ 1591 dan hasil perhitungan uji Fisher diperoleh Fhitung ≤ Ftabel yaitu, 1,037 ≤ 1,854 maka dapat disimpulkan bahwa data dari dua kelompok berdistribusi homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh Thitung = 2,897 dengan Ttabel = 2,001 pada a = 0,05 maka dengan demikian H0 ditolak. Kesimpulan penelitian ini terdapat Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas V SDN Harapan Mulya II Bekasi. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. Teorema, 2(1), 39. https://doi.org/10.25157/.v2i1.765 Anitah, S. (2010). Media Pembelajaran. Yuma Pressindo. Ariani, S., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 25. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.304 Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Rajawali Pers. Craciun, D. (2010). Role – Playing As a Creative Method in Science Education. Journal of Science and Arts Year, 10(112), 175–182. Danaswari, R, Kartimi, Roviati, E. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Dalam Bentuk Media Komik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sman 9 Cirebon Pada Pokok Bahasan Ekosistem. Scientiae Educatia, 2(2). https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v2i2.477 Donni, P. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Cv Pustaka Setia. Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas 4 SD. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(2), 71–78. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.761 Fathurrohman, M. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif Alternatif desain Pembelajaran yang Menyenangkan (N. Hidayah (ed.); p. 244). Ar-Ruzz Media. Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ghalia Indonesia. Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo. Herdiana, Y. (2017). Perbandingan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Kalamatika, 2(2), 131–146. https://doi.org/http://sci-hub.tw/10.22236/KALAMATIKA.vol2no2.2017pp131-146 Isrok’atun, & Rosmala Amelia. (2019). Model-model Pembelajaran Matematika). Bumi Aksara. Kurnia Wardani, T. (2013). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran Sosiologi Pada Pokok Bahasan Masyarakat Multikultural. Komunitas: International Journal of Indonesian Society and Culture, 4(2), 230–243. https://doi.org/10.15294/komunitas.v4i2.2418 Kurniasih, I., & Sani, B. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena. Kurniati, D., Rahimah, D., & Rusdi, R. (2017). Efektivitas Media Komik Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas V Sd Negeri 6I Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 14–19. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.14-19 Kurniawan, D., Karlimah, & Suryana, Y. (2015). Penerapan Media Komik Matematika terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Perkalian dan Pembagian Bilangan Cacah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 1(1), 1–6. Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakag) di SMPn Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644 Napfiah, S., & Sulistyorini, Y. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN. 4(2), 193–204. Nendasariruna, T., Masjudin, & Abidin, Z. (2016). Pengembangan komik matematika berbasis kontekstual pada materi persegi panjang bagi siswa smp. Jurnal Media Pendidikan Matematika “ J-MPM,” 4(2), 76–79. Netriwati. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mate matika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Mahasiswa Iain Raden Intan Lampung. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 181–190. Oktarina, N. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 1(1). Rerung, N., Sinon, I. L. S., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) untuk meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiruNi, 06(April), 47–55. https://doi.org/10.24042/jipf Roebyanto, G., & Harmini, S. (2017). Pemecahan Masalah Matematika. PT Remaja Rosdakarya. Rusman. (2016a). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers. Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. In Jakarta: Rajawali Pers. Saparwadi, L., & Cahyowatin, C. (2018). Proses Pemecahan Masalah Matematka Siswa Berkemampuan Tinggi Berdasarkan Langkah Polya. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 99–110. https://doi.org/10.30738/.v6i1.2111 Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 58–67. Ulandari, L., Amry, Z., & Saragih, S. (2019). Development of Learning Materials Based on Realistic Mathematics Education Approach to Improve Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 331–340. https://doi.org/10.29333/iejme/5721 Uno, H. B. (2014). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif (F. Yustianti. Bumi Aksara. Wijayanti, R., Hasan, B., & Loganathan, R. K. (2018). Media comic math berbasis whiteboard annimation dalam pelajaran matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 53. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.19207 Yanto, A. (2015). Jurnal Cakrawala Pendas, Volume I, No. 1 Januari 2015 ISSN: 2442-7470. Jurnal Cakrawala Pendas, I(1), 55–64. citation: Budinurani, Kharismatika dan Jusra, Hella (2020) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) berbantu Media Komik dengan Role Playing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas V SDN Harapan Mulya II Bekasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15614/1/FKIP_PGSD_1601025352_KHARISMATIKA%20BUDINURANI.pdf