%I Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka %L repository15614 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan menggunakan posttest-only control design. Populasi penelitian ini kelas V-A dan V-B berjumlah 61 orang dengan teknik sampling jenuh atau disebut dengan istilah sensus. Uji validitas menggunakan Korelasi Product Moment dengan 7 soal valid. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach diperoleh Rhitung 0,706 > Rtabel 0,396. Maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Analisis persyaratan yaitu uji normalitas kelas eksperimen menggunakan uji Lilliefors diperoleh Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,1136 ≤ 1591 dan hasil perhitungan uji Fisher diperoleh Fhitung ≤ Ftabel yaitu, 1,037 ≤ 1,854 maka dapat disimpulkan bahwa data dari dua kelompok berdistribusi homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh Thitung = 2,897 dengan Ttabel = 2,001 pada a = 0,05 maka dengan demikian H0 ditolak. Kesimpulan penelitian ini terdapat Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas V SDN Harapan Mulya II Bekasi. %A Kharismatika Budinurani %A Hella Jusra %D 2020 %T Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) berbantu Media Komik dengan Role Playing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas V SDN Harapan Mulya II Bekasi