eprintid: 15613 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/56/13 datestamp: 2022-07-01 06:31:17 lastmod: 2022-07-01 06:31:17 status_changed: 2022-07-01 06:31:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Setiawati, Dewi creators_name: Purwanto, Sigid Edy creators_id: dewisetiawatimm2@gmail.com creators_id: sigid@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-1432-1564 title: Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Kelas III SDN Mekarjaya 19 Depok ispublished: pub subjects: L subjects: QA divisions: 86206 abstract: Berdasarkan hasil analisis jawaban siswa pada materi pelajaran matematika kelas III ditemukan bahwa masih banyak siswa yang tidak dapat mengerjakan soal dengan benar. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menganalisis jawaban siswa yang dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu: letak kesalahannya, jenis kesalahannya, dan faktor-faktor yang menyebabkan siswa tersebut dalam menjawab soal matematika materi kelas III di SDN Mekarjaya 19 Depok. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei – Agustus 2020 dengan digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa hasil jawaban siswa dalam mengerjakan soal matematika dan berdasarkan wawancara yang dilakukan via google form bersama guru,siswa dan kepala sekolah. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengambilan data menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikkan kesimpulan. Untuk teknik pengujian keabsahan data menggunakan tringulasi sumber. Berdasarkan hasil analisis penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dari 21 siswa yang mengerjakan soal MEMBARATIKA, kesalahan terbanyak terletak di soal no 6 materi pecahan sederhana dengan jumlah sebanyak 16 siswa menjawab salah. Jenis kesalahan terdapat pada Kesalahan konsep yaitu kesalahan dalam memahami materi yang diberikan terkait dengan materi soal, Letak kesalahanya dalam memahami soal yang diberikan mengakibatkan banyak kesalahan dalam penggunaan rumus dan simbol matematika, hal diperkuat dengan hasil wawancara melalui google form yang diberikan ternyata terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi diantaranya karena materi pecahan belum tuntas diajarkan oleh guru disekolah, siswa belajar dirumah di dampingi oleh orang tua yang sudah lupa akan materi pelajaran tersebut sehingga mereka kesulitan dalam mengerjakan soal yang telah diberikan. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abbas, & Hidayat, M. Y. (2018). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Fisika Pada Peserta Didik Kelas Ipa Sekolah Menengah Atas Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 45–49. Ournal.Uin Alauddin.Ac.Id/Index.Php/Pendidikanfisika/Article/View/3273/4228 Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62. Fahrurrozi, & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Fatta, H. Al. (2007). Analisis & Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan & Organisasi Modern. Hanik Mujiati, S. (2014). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Stok Obat Pada Apotek Arjowinangun. Indonesian Jurnal On Computer Science - Speed (Ijcss) Fti Unsa, 9330(2), 1–6. Helmi, S. Situmorang. (2010). Analisis Data. Hidayah, S. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Spldv Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. E-Dumath, 1, 1–9. Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media & Sumber Pelajaran. Lefudin. (2017). Belajar & Pemebelajaran (Yogyakarta). Makinuddin, & Sasongko, T. H. (2006). Analisis Sosial Bersaksi Dalam Advokasi Iri. Moh.Suardi. (2018). Belajar Dan Pembelajaran. Munawaroh, N., Rohaeti, E. E., & Aripin, U. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kategori Kesalahan Menurut Watson Dalam Menyelesaikan Soal Komunikasi Matematis Siswa Smp. Jpmi (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 12. Https://Doi.Org/10.22460/Jpmi.V1i5.P993-1004 Najoan, R. A. . (2019). Stategi Pemecahan Soal Masalah Soal Cerita Matematika Di Sekolah Dasar. Nurjanatin, I., Sugondo, G., & Manurung, M. M. (2017). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalammenyelesaikan Soal Cerita Padamateri Luas Permukaan Balok Di Kelas Viii – F Semester Ii Smp Negeri 2 Jayapura. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pembelajaranya, 2(1), 22–31 Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Raco, J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya. Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/Mfzuj Rangkuti, F. (2006). Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis. Rukajat, A. (2018). Manajemen Pembelajaran. Salle, N., & Pai’pinan, M. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalammenyelesaikan Soal Matematika Pada Topik Keliling Dan Luas Lingkaran Di Kelas Viii C Smp Ypk Hedam Semester Genap. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pembelajarannya, 3(1), 23–30. Https://Ejournal.Uncen.Ac.Id/Index.Php Siti Nur Ulifa, D. E. (2014). Hasil Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Relasi Error Analysis Of Students In Math Problem Solving In The Matter Relationship Siti. Jurnal Pendidikan Matematika Stkip Pgri Sidoarjo, 2(1), 11. Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004 Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Syamsidah. (2019). 45 Permainan Matematika. Widodo, S. A. (2013). Analisis Kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membuktikan Pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 106–113. Dodok_Chakep@Yahoo.Com Wijaya, A. A., & Masriyah. (2012). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. MATHEdunesa, 7. Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika SD. Yulia, R., Fauzi, & Awaluddin. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Mengerjakan Soal Matematika di Kelas V SDN 37 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 124–131. citation: Setiawati, Dewi dan Purwanto, Sigid Edy (2020) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Kelas III SDN Mekarjaya 19 Depok. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15613/1/FKIP_PGSD_1601025350_DEWI%20SETIAWATI.pdf