eprintid: 15611 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/56/11 datestamp: 2022-07-01 06:25:49 lastmod: 2022-07-01 06:25:49 status_changed: 2022-07-01 06:25:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Bahriyani, Amelia creators_name: Kusdiwelirawan, Acep creators_id: Ameliabahriyani@gmail.com creators_id: acep_galing@uhamka.ac.id title: Pengembangan Media Ular Tangga Nasionalisme Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Di SDN JATISAMPURNA IV ispublished: pub subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu media pembelajaran untuk tema 7 Indahnya Keragaman Negeriku dengan bentuk media konkret untuk siswa SD kelas IV, serta mengetahui bagaimana kualitas yang terdapat dalam produk ini yang telah dibuat dan dihasilkan sehingga dapat dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran tematik. Penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Dan menggunakan model pengembangan ADDIE yang dalam tahapannya yakni Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Media Ular Tangga Nasionalisme ini dilakukan uji coba kepada 16 siswa SD kelas IV SDN JATISAMPURNA IV. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran untuk pembelajaran tematik dalam bentuk media konkret yang telah dikembangkan berdasarkan validasi ahli media mendapatkan skor prentase 97% dengan kategori sangat baik, sedangkan perolehan skor yang melalui validasi ahli materi mendapatkan presentase 94% dengan kategori sangat baik. Uji coba produk dilakukan pada siswa SD kelas IV mendapatkan skor presentase dengan menilai kualitas produk pada media ular tangga nasionalisme sebesar 87% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil perolehan data membuktikan bahwa pengembangan Media Ular Tangga Nasionalisme memiliki kriteria sangat baik dan layak digunakan sebagai salah satu sumber belajar siswa SD khususnya kelas IV. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Alwan, M. H. (2017). Faktor-Faktor Yang Mendorong Siswa MIA SMAN Mengikuti Bimbingan Belajar Luar Sekolah Di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Jurnal EduFisika , II (01). Arsyad, A. (2017, Cet.20). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali pers. Asrohah, A. K. (2015). Pembelajaran Tematik. Depok: Rajawali Press. Cecep Kustandi, M. d. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia. Eka setiawati, D. E. (2019). Permainan ular Tangga dalam Meningkatkan kemampuan Moral Anak. Jurnal PETIK , 88. Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D dalam Bidang Pendidikan. jurnal kajian keislaman , 130. Hermin Tri Wahyuni, Punaji Setyosari, Dedi Kuswandi. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD. Edcomtech , I (2), 129. Isran Rasyid Karo-karo S, R. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. VII (1). Kurniasih, R. (2014). Media Ular Tangga Jejak Petualang. Cakrawala Dini , V (2), 120. Kusumandari, A. Y. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Berbasis E-Learning Elgg pada Model Project Based Learning. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies , 4 (2), 50. Maimunah. (2016). Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal Al-Afkar , 10. Maryuliana, I. M. (2016). Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert. Jurnal Translator Elektro dan Informatika , I (2). Ni Putu Weda Putri Astiti dan FX, M. S. (2017). penggunaan media permainan lar tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ips tema sejarah peradaban indonesia kelas SDN babatan 1/456 surabaya. JPGSD , V (03). Nourmavita, E. P. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif pada mata pelajaran ipa materi mendeskripsikan daur hidup hewan di lingkungan sekitar suswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar , X (2), 79-85. Rifqi Fatihatul karimah, s. d. (2014). pengembangan media pembelajaran ular tangga fisika untuk siswa SMP/MTs Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika , 2 (1), 6. Riyana, R. S. (2018). Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima. Rusman. (2014, edisi kedua). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan profesionalisme Guru). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Steffi Adam, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal , 79. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Bandung. Sumantri, Mohamad Syarif. (2016). Model Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar. Jakarta: Rajawali Pers. Tafonao, T. Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan , 2 (2). Tatang Ary Gumanti, Y. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bogor, Jawa Barat: Mitra Wacana Media. Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. CV. Solusi Distributor: Kata Pena. Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group. Yusup, F. (2011). Penanaman Nilai-nilai Nasionalisme Dalam Lingkup Kehidupan Sehari-hari. semarang. citation: Bahriyani, Amelia dan Kusdiwelirawan, Acep (2020) Pengembangan Media Ular Tangga Nasionalisme Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Di SDN JATISAMPURNA IV. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15611/1/FKIP_PGSD_1601025348_AMELIA%20BAHRIYANI.pdf