%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Hubungan kemampuan Pemahaman Konsep dasar IPA dengan menggunakan media Ruang Guru pada siswa kelas IV di SDN Bungur 01 Jakarta Pusat pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Ex post Facto. Sampel penelitian ini terdiri dari 15 siswa kelas IVA dan 15 siswa kelas IVB yang mewakili populasi penelitian sebesar 64 siswa kelas IVA dan IVB. Teknik pengumpulan data ini menggunakan angket dan nilai tes .Teknik analisis data dalam mengambil keputusan diterima atau ditolaknya hipotesis yang diajukan menggunakan analisis Korelasi Product Moment dan uji-t menggunakan Microsoft excel. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan Thitung sebesar 16,1 > Ttabel 2.04 dalam taraf signifikan a = 0.05 dan derajat kebebasan/dk = n – 2 dengan 28 orang . Hal ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep dasar ipa dengan media ruang guru siswa kelas IV SDN Bungur 01 Pagi %I Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka %A Iis Ismiati %A Gufron Amirullah %T Hubungan Antara Media Ruang Guru dengan Kemampuan Pemahaman Konsep Dasar IPA Siswa Kelas IV di SDN Bungur 01 Jakarta Pusat %L repository15609 %D 2020