eprintid: 15608 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/56/08 datestamp: 2022-07-01 04:19:25 lastmod: 2022-07-01 04:19:25 status_changed: 2022-07-01 04:19:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Prakoso, Bayujati creators_name: Ramadhan, Said creators_name: Dzaljad, Rifma Ghulam title: Produksi Makna Headline Berita (Studi Hermeneutika Gadamer Pada Headline Berita Tentang Jokowi-Ma’ruf Dalam Pilpres 2019 Di Surat Kabar Online Media Indonesia Edisi 21 November-21 Desember 2018) ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk memahami produksi makna pada headline berita melalui hermeneutika Gadamer tentang Jokowi-Ma’ruf dalam Pilpres 2019 di surat kabar online Media Indonesia Edisi 21 November-21 Desember 2018. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan teori hermeneutika Gadamer. peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, paradigma interpretif, serta metode hermeneutika Gadamer. Perspektif hermeneutika digunakan untuk menafsirkan dan memproduksi teks headline berita Jokowi-Ma’ruf di surat kabar online Media Indonesia Edisi 21 November-21 Desember 2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produksi makna headline Jokowi-Ma’ruf dalam Pilpres 2019 di surat kabar online Media Indonesia Edisi 21 November-21 Desember 2018 yaitu; Pertama, headline mediaindonesia.com bersifar temporer, dan berupaya menerangkan kondisi ekonomi mengenai mahalnya harga-harga pangan di pasar tradisional. Dilain pihak, headline tersebut tidak memberikan informasi secara utuh mengenai subjek; Ada Orang Superkaya?. Kedua, headline ini sebagai bentuk apresiasi terhadap Jokowi dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. Ketiga, headline berdampak secara elektoral dapat menguntungkan bagi Jokowi dalam Pilpres 2019, seperti pemilihan narasumber JK (Dewan Penasehat 01). Keempat, headline dimaknai sebagai hasil survei dan mengklaim isu pemilih perempuan memiliki kepribadian Jokowi dan rekam jejak baik. Kelima, adanya kecenderungan secara spesifik dalam rangka konstruksi realitas hasil survei yang memihak pada kubu 01. Makna ini dapat memiliki kecenderungan untuk menjadi sumber referensi positif ke kubu 01. Selain itu, terdapat dampak yang ditimbulkan dari produksi makna headline tersebut, yaitu headline dijadikan sebagai alat konsolidasi politik, dan sarana publikasi citra, serta sarana finansial perusahaan. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Anggoro, Linggar. 2000. Teori Dan Profesi Public Relations. Jakarta: Bumi Aksara. Ardianto, Elvinaro & Lukiati Komala Erdinaya. 2004. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Alwasilah, A. Chaedar. 2000. Pokoknya Kualitatif, Rancangan Melakukan Penelitian Kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya. Arifin, Anwar. 2003. Komunikasi Politik. Cet.1. Jakarta: Balai Pustaka. Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta. Basuki, Wishnu. 1995. Pers dan Penguasa: Pembocoran Pentagon Papers dan Pengungkapan oleh New York Time. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan. Bleicher, Josef. 2007.Hermeneutika Kontemporer, Hermeneutika Sebagai Metode, Filsafat, dan Kritik.Yogyakarta: Fajar Pustaka. Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif, Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta:PT. Raja. Grafindo Persada. ______. 2009. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. ______. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. ______. 2018. Komunikasi Politik Pencitraan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Butterick, Keith. 2012. Pengantar Public Relations: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Bulaeng, Andi. 2004. Metode Penelitian Komunikasi Kontemporer. Yogyakarta: Andi. Burrel, G. dan G. Morgan. 1979. Sociological Paradigms and Organisational Analysis. USA: Ashgate Publishing Company. Cangara, Hafied. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. _______. 2009. Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi. Ed. 1. Jakarta: Rajawali Pers. Caporaso, James A & David P. Levine. 1992. Theories of Political Economy. Cambridge: Cambridge University Press. Terj. Suraji. 2008. Teori-Teori Ekonomi Politik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Chalik, Abdul. 2010. Hermeneutika Untuk Kitab Suci. Surabaya: Tanpa Penerbit. Denzin, N. K., & Lincoln. Y. S. (Eds). 1998. Handbook of Qualitative Research. London: Sage Publications. Effendy, Onong Uchjana. 2006. Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikologi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. _______. 2006. Ilmu Komunikasi; Teori dan Praktek. Bandung: Penerbit Remaja Rosda Karya. _______. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti. Eriyanto. 2012. Analisis Framing; Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Cet.III. Yogyakarta: LkiS Group. Gadamer, Hans-Georg. 1975. Truth and Method. London: Sheed and Ward. _______. 2004. Truth and Method.Translated By Joel Sheinmer&Donald G. Marshal. London: Continuum. Gunawan, Imam. 2016. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Ed. 1, Cet. 4. Jakarta: Bumi Aksara. Grondin, Jean. 2012. Sejarah Hermeneutik Dari Plato sampai Gadamer.Yogyakarta: Ar Ruz Media. Hamad, Ibnu. 2004. Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massa. Jakarta: Granit. Hamid, Farid & Heri Budianto. 2011. Ilmu Komunikasi: Sekarang dan Tantangan Masa Depan. Ed. 1, Cet. 1. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Hadari, Nawawi. 2003. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Halim, Abdul. 2014. Aswaja Politisi Nahdlatul Ulama Perspektif Hermeneutika Gadamer.Jakarta: LP3S. Jefkinks, Frank, Daniel Yadin. 2003. Public Relations.Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga. Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Ed. 1. Cet. 5. Bandung: Kencana Prenadamedia Group. Kellner, Douglas. Budaya Media: Cultural Studies, Identitas, dan Politik antara Modern dan Postmodern. Yogyakarta: JALASUTRA. Kusumastuti, Frida. 2002. Dasar-Dasar HUMAS. Jakarta: Ghalia Indonesia. Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Edisi 1. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Lorens Bagus. 2002. Kamus Filsafat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Margono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. McLuhan, Marshal. 1999. Understanding Media, The ExtensionOf Man. London: The MIT Press. Muhammad. 2011. Metode Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Moleong, Lexy J. 2004.Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Mondry. 2008. Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia. Morissan, Andy Corry Wardhani, Farid Hamid U. 2010. Teori KomunikasiMassa: Media, Budaya, dan Masyarakat. Bogor: Ghalia Indonesia. Mufid, Muhamad. 2009. Etika dan Filsafat Komunikasi. Ed. 1. Cet. 1. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi; Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. ______. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif; Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya. Mulyono, Edi. 2013. Belajar Hermeneutika. Cet.II. Yogyakarta: IRCiSoD. Muzir, Inyiak Ridwan. 2012. Hermeneutika Filosofis Hans-Georg Gadamer. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Nazir, M. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia. Neuman, W.Lawrence. 2016. Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Ed.7. Jakarta: PT Indeks. Nimmo, Dan. 2011. Political Communication and Public Opinion in America. Goodyear Publishing Co. Terj. Tjun Surjaman. 2011. Komunikasi Politik: Komunikator, Pesan, dan Media. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nurudin. 2009. Pengantar Komunikasi Masa.Edisi 1. Jakarta: Rajawali Pers. _______. 2016. Ilmu Komunikasi: Ilmiah dan Populer. Ed.1, Cet.1. Jakarta: Rajawali Pers. _______. 2009. Jurnalisme Masa Kini. Ed.1. Jakarta: Rajawali Press. Pawito. 2008.Penelitian Komunikasi Kualitatif.Yogyakarta: LKIS. Rachmadi, F. 1992. Public Relations dalam Teori dan Praktek, Aplikasi dalam Badan Usaha Swasta dan Lembaga Pemerintah. Jakarta: Gramedia. Rahardjo, Mudjia. 2007. Hermeneutika Gadamerian: Kuasa Bahasa dalam Wacana Politik Gus Dur. Malang: Universitas Islam Negeri Malang Press. _______. 2016. Dasar-Dasar Hermeneutika: Antara Intensionalisme & Gadamerian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Ricoeur, Paul. 2009.Hermeneutika Ilmu Sosial. Bantul: Kreasi Wacana. Riduwan. 2004. Metode Riset. Jakarta: Rineka Cipta. _______. 2012. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian (Untuk Mahasiswa S-1, S-2, dan S-3). Bandung: CV Alfabeta. Rolnicki, Tom E, et al. 2008. Pengantar Dasar Jurnalisme (Scholastic Journalism). Edisi 11. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Rosyidi, M. Ikhwan, Trisna G, et al. 2010. Analisis Teks Sastra. Ed. 1. Yogyakarta: Graha Ilmu. Ruslan, Rosady. 2013. Metode Penelitian: Public Relation & Komunikasi. Ed.1. Jakarta: Rajawali Press. _______. 2007. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Edisi Revisi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Saenong, Ilham B. 2002.Hermeneutika Pembebasan: Metodologi Tafsir Al Quran Menurut Hasan Hanafi.Jakarta: Teraju. Salim, Agus. 2001. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana. Santana K, Septiawan. 2005. Jurnalisme Kontemporer. Ed.1. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Neuman, W.Lawrence. 2016. Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Ed.7. Jakarta: PT Indeks. Nimmo, Dan. 2011. Political Communication and Public Opinion in America. Goodyear Publishing Co. Terj. Tjun Surjaman. 2011. Komunikasi Politik: Komunikator, Pesan, dan Media. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nurudin. 2009. Pengantar Komunikasi Masa.Edisi 1. Jakarta: Rajawali Pers. _______. 2016. Ilmu Komunikasi: Ilmiah dan Populer. Ed.1, Cet.1. Jakarta: Rajawali Pers. _______. 2009. Jurnalisme Masa Kini. Ed.1. Jakarta: Rajawali Press. Pawito. 2008.Penelitian Komunikasi Kualitatif.Yogyakarta: LKIS. Rachmadi, F. 1992. Public Relations dalam Teori dan Praktek, Aplikasi dalam Badan Usaha Swasta dan Lembaga Pemerintah. Jakarta: Gramedia. Rahardjo, Mudjia. 2007. Hermeneutika Gadamerian: Kuasa Bahasa dalam Wacana Politik Gus Dur. Malang: Universitas Islam Negeri Malang Press. _______. 2016. Dasar-Dasar Hermeneutika: Antara Intensionalisme & Gadamerian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Ricoeur, Paul. 2009.Hermeneutika Ilmu Sosial. Bantul: Kreasi Wacana. Riduwan. 2004. Metode Riset. Jakarta: Rineka Cipta. _______. 2012. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian (Untuk Mahasiswa S-1, S-2, dan S-3). Bandung: CV Alfabeta. Rolnicki, Tom E, et al. 2008. Pengantar Dasar Jurnalisme (Scholastic Journalism). Edisi 11. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Rosyidi, M. Ikhwan, Trisna G, et al. 2010. Analisis Teks Sastra. Ed. 1. Yogyakarta: Graha Ilmu. Ruslan, Rosady. 2013. Metode Penelitian: Public Relation & Komunikasi. Ed.1. Jakarta: Rajawali Press. _______. 2007. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Edisi Revisi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Saenong, Ilham B. 2002.Hermeneutika Pembebasan: Metodologi Tafsir Al Quran Menurut Hasan Hanafi.Jakarta: Teraju. Salim, Agus. 2001. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana. Santana K, Septiawan. 2005. Jurnalisme Kontemporer. Ed.1. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/refleksi/article/download/911/802 (diakses pada 11 Januari 2018, pukul 00.23 WIB). Arief Permadi. ____. Autoetnografi, Dimensi Profetik Dalam Praktik Jurnalistik. https://mfr.osf.io/export?format=pdf&url=https%3A//files.osf.io/v1/resources/9y6gj/providers/osfstorage/5a7eb498e83246000eeb9b4d%3Faction%3Ddownload%26version%3D1%26direct%26format%3Dpdf (diakses pada 11 April 2018 pukul 21.13 WIB). Hasyim Hasanah. 2017. Hermeneutik Ontologis-Dialektis Hans-Georg Gadamer (Produksi Makna Wayang sebagai Metode Dakwah Sunan Kalijogo). Jurnal At-Taqaddum, Volume 9, Nomor 1, Juli 2017. Hlm. 19, http://journal.walisongo.ac.id/index.php/attaqaddum/article/download/1785/pdf (diakses pada 6 Mei 2018 pukul 21.43 WIB) Mochtar Lutfi. Hermeneutika: Pemahaman Konseptual dan Metodologis. http://www.journal.unair.ac.id/filerPDF/Hermeneutika.pdf (diakses pada 11 Januari 2018 pukul 17.29 WIB). Nurudin. Media Massa dan Dehumanisasi. https://www.academia.edu/6301936/Nurudin_Media_Massa_dan_Dehumanisasi (diakses pada 12 April 2018 puku; 00.25 WIB). Syarifuddin. 2011. Konstruksi Filsafat Barat Kontemporer. http://substantiajurnal.org/index.php/subs/article/download/71/69 (diakses pada 17 Januari 2018 pukul 00.44 WIB). Wasman. Hermenetika Hadis Hukum. Jurnal Peradaban Islam,http://www.e-jurnal.com/2015/08/hermeneutika-hadis-hukum.html (diakses pada tanggal 10 Januari 2019, pukul 23.54 WIB). Skripsi/Tesis: Abdul Aziz Faradi. 2012. Epistemologi Anarkhis Paul Feyerabend dan Implikasinya Bagi Pemikrian Islam. http://digilib.uin- suka.ac.id/7018/1/BAB%20I%2C%20V.pdf (diakses pada 17 Januari 2018 pukul 00.42 WIB). Agus Darmaji. 1999. Pergeseran Hermeneutik Ontologis Melalui Bahasa dalam Pemikiran Hans Georg Gadamer.Tesis. Jakarta: Universitas Indonesia (diakses pada 31 Oktober 2018 pukul 00.09 WIB). Eristia Mulyawan. 2017. PEMBACAAN MAKNA MAAF DALAM HADIS MENGHALALKAN TINJAUAN HERMENEUTIKA GADAMER. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/38143/2/ERISTIA%20MULYAWAN-FU.pdf (diakses pada 11 Januari 2019, pukul 01.19 WIB), hlm. 42-44 Hendro Muhaimin. 2012. MAKNA DI BALIK HEADLINE BERITA (Studi Hermeneutika pada Headline Berita tentang Presiden Yudhoyono di Surat Kabar Online Media Indonesia edisi Juli 2011). http://etd.repository.ugm.ac.id/index.php?mod=penelitian_detail&sub=Pen elitianDetail&act=view&typ=html&buku_id=60750&obyek_id=4 (diakses pada 7 Mei 2018 pukul 03.27 WIB). Media Online: Agus S. 2008. https://agussetiaman.wordpress.com/2008/11/14/media-massa-dan-imperialisme-kultural/, diakses pada 12 April 2018 puku; 00.49 WIB. ____. 2014. https://www.dakwatuna.com/2014/04/03/48898/membumikan- kepemimpinan-profetik/#axzz5DPRUulHJ (diakses pada 22 April 2018 pukul 21.14 WIB). ____. 2013. http://ipongnugraha.blogspot.com/2013/05/pengertian-media- online.html (diakses pada 19 Juli 2018 pukul 10.55 WIB). Ferdinand. 2018. Elite Parpol Harus Ubah Citra Negatif. http://mediaindonesia.com/read/detail/197224-elite-parpol-harus-ubah-citra-negatif (diakses pada 12 November 2018 pukul 10.55 WIB). Kompas. Jokowi-Ma'ruf Amin Nomor Urut Satu, Prabowo-Sandiaga Nomor Urut Dua. https://nasional.kompas.com/read/2018/09/21/20433751/jokowi-maruf-amin-nomor-urut-satu-prabowo-sandiaga-nomor-urut-dua (diakses pada 22 Desember 2018, pukul 17.12 WIB). KPU. _____. http://kpu.go.id/koleksigambar/1131_Baru.pdf (diakses pada 22 Desember 2018, pukul 18.00 WIB). KPU. _____. http://kpu.go.id/koleksigambar/1142_No_urut_capres.pdf (diakses pada 22 Desember 2018, pukul 18.02 WIB). KPU. KPU: 23 September Hari Pertama Kampanye Pilpres 2019. https://news.detik.com/berita/d-4223676/kpu-23-september-hari-pertama-kampanye-pilpres-2019 (diakses pada 22 Desember 2018, pukul 17.17 WIB). Media Indonesia. Jokowi: Ada Orang Superkaya, Masuk Pasar Bilang Harga-harga Mahal. http://mediaindonesia.com/read/detail/199978-jokowi-ada-orang-superkaya-masuk-pasar-bilang-harga-harga-mahal (diakses pada 22 Desember 2018, pukul 20.37 WIB). Media Indonesia. Perbaikan Ekonomi Terus Diupayakan Agar Jokowi Terpilih Lagi. http://mediaindonesia.com/read/detail/203286-perbaikan-ekonomi-terus-diupayakan-agar-jokowi-terpilih-lagi (diakses pada 22 Desember 2018, pukul 20.49 WIB). Putra, Ananda. 2018. Jokowi Ajak Perangi Isu Negatif. http://mediaindonesia.com/read/detail/194028-jokowi-ajak-perangi-isu-negatif?utm_source=dable (diakses pada 12 November 2018 pukul 10.43 WIB). Remotivi. ____. Selamat Datang di Era Post-Truth. http://www.remotivi.or.id/kabar/345/Selamat-Datang-di-Era-Post-Truth (diakses pada 14 Maret 2019 pukul 03.04 WIB). ____. Modul Komunikasi Massa. https://nanopdf.com/download/modul-komunikasi-massa-tm6-5_pdf (diakses pada 14 Maret 2019 pukul 06.32 WIB). ____. Model Komunikasi Tubbs – Konsep – Elemen. https://pakarkomunikasi.com/model-komunikasi-tubbs (diakses pada 8 November 2018 pukul 14.19 WIB). ___. ___. Model Komunikasi Maletzke. https://studylibid.com/doc/8659/6.3.-model-komunikasi-maletzke (diakses pada 14 Maret 2019 pukul 06.35 WIB). ____. Pengertian Media Online. http://arya-neo.blogspot.com/2010/10/pengertian-media-online.html (diakses pada 19 Juli 2018 pukul 10.59 WIB). citation: Prakoso, Bayujati dan Ramadhan, Said dan Dzaljad, Rifma Ghulam (2019) Produksi Makna Headline Berita (Studi Hermeneutika Gadamer Pada Headline Berita Tentang Jokowi-Ma’ruf Dalam Pilpres 2019 Di Surat Kabar Online Media Indonesia Edisi 21 November-21 Desember 2018). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15608/1/FISIP_ILKOM_%20BAYUJATI%20PRAKOSO_1506015030.pdf