eprintid: 15598 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3873 dir: disk0/00/01/55/98 datestamp: 2022-06-30 07:54:03 lastmod: 2022-06-30 07:54:03 status_changed: 2022-06-30 07:54:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rizaldi, Mohamad creators_name: lismawati, lismawati creators_id: lismawati@uhamka.ac.id title: Implementasi Kesesuaian Bacaan Hukum Tajwid Siswa Dalam Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas IX SMP Ash-Sholihin Jakarta Barat ispublished: pub subjects: BP subjects: Skripsi divisions: 86208 abstract: Penelitian Ini Dilaksanakan Di SMP Ash-Sholihin Jakarta, Jakarta Barat. Penelitian Ini Merupakan Jenis Penelitian Kualitatif. Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Ini Menggunakan Metode Analisis Kualitatif Deskriptif Dengan Menggunakan Triangulasi Sumber Dan Triangulasi Teknik. Hasil Dari Penelitian Ini Bahwa SMP Ash-Sholihin Menerapkan Hukum Bacaan Ilmu Tajwid Dalam Membaca Al-Qur’an. SMP Ash-Sholihin Jakarta Barat Mengalami Kendala-Kendala Dalam Implementasi Kesesuaian Bacaan Hukum Tajwid Dalam Membaca Al-Qur’an. Kendala-Kendala Dalam Implementasi Kesesuaian Bacaan Tajwid Ini Tergolong Banyak Terutama Dari Peserta Didik Yang Masih Banyak Mendapatkan Kesulitan Dalam Memahami Ilmu Tajwid Yang Disampaikan, Hal Ini Disebabkan Rendahnya Tingkat Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik, Selain Itu Penyampaian Guru Yang Kurang Menarik Membuat Peserta Didik Kurang Tertarik Untuk Mempelajari Ilmu Tajwid. Maka Dari Keseluruhan Peserta Didik Yang Diujikan Yaitu Sebanyak 27 Siswa, Dengan Demikian Siswa Yang Membaca Al-Qur’an Sesuai Dengan Ilmu Tajwid Nun Sukun/Tanwin Dipersentasekan Sebannyak 18,51%, Dan 40,74% Siswa Membaca Al-Qur’an Sesuai Dengan Hukum Tajwid Alif-Lam, Serta 33,33% Siswa Membaca Al-Qur’an Sesuai Dengan Hukum Tajwid Qalqalah, Berdasarkan Data Tersebut Dapat Di Interprestasikan Bahwa Yang Membaca Al-Qur’an Sesuai Dengan Hukum Tajwid Yang Dipelajari Tergolong Dalam Kategori Rendah. Hal Sebagaian Disebabkan Oleh Beberapa Kendala Seperti Rendahnya Kemampuan Baca Al-Qur’an Peserta Didik, Kurangnya Minat Peserta Didik Untuk Mempelajari Al-Qur’an Serta Ilmu Tajwid, Dan Kesulitan Peserta Didik Untuk Memahami Iilmu Tajwid Tersebut. Walau Demikian, Sekolah Telah Berupaya Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Serta Telah Berupaya Untuk Membantu Peserta Didik Untuk Memahami Ilmu Tajwid, Salah Satunya Sekolah Telah Mengadakan Pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Dengan Harapan Dapat Membantu Peserta Didik Untuk Belajar Membaca Al-Qur’an Dan Memahami Ilmu Tajwid. date: 2017 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka department: Fakultas Agama Islam thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Abdul Rauf, Al-Hafiz, Lc, Abdul Aziz. Pedoman Dauroh Al-Qur‟an, Kajian Ilmu Tajwid Disusun secara Aplikatif. Jakarta: Markaz Al-Qur‟an, 2014. Annuri, MA, H. Ahmad. Panduan Tahsin Tilawah Al-Qur‟an dan Ilmu Tajwid (Disusun Secara Aplikatif dan Komprehensif). Jakarta: Penrbit Al-Kautsar, 2013. Aziz, Zabedah A dan Irfan Naufal Umar. Keberkesanan Perisian Kursus Multimedia Pembelajaran Tajwid Terhadap Kefahaman Tajwid dan Bacaan Al-Qur‟an Murid. Malaysia: The Online Jurnal Of Islamic Education (O-jIE), 2015. Chirzin M.Ag, Drs. Muhammad. Al-Qur‟an dan Ulumul Qur‟an. Jakarta: PT Dana Bhakti Primasa Yasa, 2003. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia. balai Pustaka, 1989. Gunawan, Imam, S.Pd., M.Pd. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktek. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2016. Hawai, Zaddatun. “Penerapan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking dan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ssiswa Dalam Mata Pelajaran Al-Qur‟an-Hadits Bidang Ilmu Tajwid Pada Kelas VIII-2 Madrasah Tsanawiyah Cerdas Murni Tembung,” (Tesis S2 IAIN Sumatera Utara-Medan, 2012). Hefni, Lc., M.A, Dr, Harjani. Komunikasi Islam. Jakarta: Pramedia Group. M.Kom, Kusrini dan Andri Kuniyo. Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic Microsoft dan SQL Server. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2007. Mujib Ismail, Abdul dan Maria Ulfah Nawawi. Pedoman Ilmu Tajwid. Surabaya: Karya Abdi Tama, 1995. Poerwandari, Kisti. Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Depok: Perfecta, 2007. Regulasi Pemerintah Tentang Pendidikan Agama Islam. www.kemenag.go.id, Syarbini, Amirulloh dan Sumantri Jamhari, Kedahsyatan Membaca Al-Qur‟an. Regulasi Pemerintah Tentang Pendidikan Agama Islam. www.kemenag.go.id, https://scholar.google.com/scholar?start=70&q=regulasi+pemerintah+tentang+ag ama+islam&hl=id&as_sdt=0,5,. Diakses pada: 26 Oktober 2017. Saepul Hamdi, Asep dan E. Bahruddin. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish, 2014. Shihab, M. Quraish, Wawasan Al-Qur‟an (Tafsir Maudhu‟I atas Pelbagai persoalan umat). Bandung: Mizan Pustaka, 2007. Sugiarto, Eko. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media, 2015. Sugiono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2012. Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi “Mixed Methods”. Bandung: Alfabeta, 2014. Sugiono, Prof. Dr. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013. Syarbini, Amirulloh dan Sumantri Jamhari, Kedahsyatan Membaca Al-Qur‟an. Bandung: Penerbit Ruang Kata, 2012. Tampubolon, Prof. Dr. D.P. Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Penerbit Angkasa, 2015. Undang-undang SISDIKNAS Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokusmedia, 2009. Widiyoko, Prof. Dr. s. Eko Putro, M.Pd. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012. citation: Rizaldi, Mohamad dan lismawati, lismawati (2017) Implementasi Kesesuaian Bacaan Hukum Tajwid Siswa Dalam Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas IX SMP Ash-Sholihin Jakarta Barat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15598/1/FAI_PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM_%201307015028%20_%20MOHAMAD%20RIZALDI.pdf