eprintid: 15591 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/01/55/91 datestamp: 2022-06-30 07:23:21 lastmod: 2022-06-30 07:24:06 status_changed: 2022-06-30 07:23:21 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Adila, Eka Putri Nur creators_name: Rachmawati, Emma creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Faktor-Faktor Bauran Pemasaran yang Berhubungan dengan Keputusan Pasien Rawat Jalan Non BPJS Memilih Kembali Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih Tahun 2018 ispublished: pub subjects: RA0421 subjects: Skripsi divisions: 13201 abstract: Poliklinik Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih mengalami penurunan jumlah kunjungan pasien pada tahun 2016 sampai 2017. Hal ini merupakan tanda bahwa adanya masalah pada strategi pemasaran yang dilakukan. Bauran pemasaran (Marketing Mix) adalah salah satu alat yang tepat untuk mengevaluasi strategi pemasaran RS sehingga menghasilkan respons yang diinginkan di pasar sasaran. Bauran pemasaran (Marketing Mix) terdiri dari 7P yaitu Product, Price, Promotion, Place, Personal, Physical Evident dan Process. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan pendekatan cross sectional. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Jumlah sampel penelitian yaitu 122 orang pasien rawat jalan non BPJS di Poliklinik Gedung Raudhah Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih. Teknik pengambilan sampel dengan cara quota sampling dan dianalisis dengan metode univariat dan bivariat uji chi-square. Hasil Penelitian diketahui bahwa variabel Produk (Pvalue=0.241) dan Proses (Pvalue=0.126) tidak berhubungan dengan keputusan pasien non BPJS memilih Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih Tahun 2018. Sedangkan, variabel lainnya seperti Harga (Pvalue=0.003), Promosi (Pvalue=0.028), Tempat (Pvalue=0.032), Orang (Pvalue=0.002), dan Bukti Fisik (Pvalue=0.021) berhubungan dengan keputusan pasien non BPJS memilih Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih Tahun 2018. Saran bagi pihak Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih yaitu meningkatkan promosi, sarana, keamanan, kebersihan toilet dan kedisiplinan dokter agar pasien memutuskan memilih kembali Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih sebagai pilihannya. date: 2018 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA department: Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Alfianti, Kiki Reski. Dkk. (2017). Hubungan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dengan Keputusan Pasien Rawat Inap Memilih Layanan Di Rumah Sakit Umum Bahteramas Provinsi Sulawesi TenggaraTahun 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat 2 (5), ISSN 250-731X. Arie, Wayan, Putu Dedy. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Jumlah Kunjungan Pasien di Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Sanjiwani Gianyar. Community Health I (2): 99-111. Hamdani, Rambat Lupiyoadi. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat. Hartono, Bambang. (2010). Manajemen Pemasaran untuk Rumah Sakit. Jakarta: Rineka Cipta. Heryanto, Imam. (2015). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Disribusi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship 9 (2): 80-101. Hurriyati, Ratih. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta. Istijanto. (2009). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran : Cara Praktis Meneliti Konsumen Dan Pesaing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Kafa, Rifqi. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pasien Dalam Memilih Jasa Rumah Sakit. Ekbisi VIII (1): 105-121. Kementrian Kesehatan RI. (2017). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Kemenkes RI. Pada Tanggal 29/09/2018, diakses dari http://www.pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/profilkesehatan- indonesia/Data-dan-Informasi_Profil-Kesehatan-Indonesia- 2017.pdf Kotler, P., & Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (Jilid 1 Edisi 8). Jakarta: Erlangga. Kotler, P., & Keller, Kevin L. (2009). Marketing Management (13th ed). New Jersey: Pearson Pertince Hall. Kotler, P., & Keller, Kevin L. (2012). Marketing Management (14th ed). New Jersey: Pearson Education Limited. Kotler, P., & Keller, Kevin L. (2013). Marketing Management (14th ed). New Jersey: Pearson Education Limited. Laksana, Fajar. (2008). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis (Edisi 1). Yogyakarta: Graha Ilmu. Lestari, Puji & Rindu. (2018). Hubungan Bauran Pemasaran Rumah Sakit (Markeing Mix 7p) Terhadap Tingkat Kunjungan Pasien di Rumah Sakit Sahid Sahirman Tahun 2017. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat 7 (2). Lovelock, Christopher & Wirtz Jochen. (2010a). Pemasaran Jasa (Jilid 1. Edisi 7). Jakarta: Erlangga. Lovelock, Christopher & Wirtz Jochen. (2010b). Pemasaran Jasa (Jilid 1. Edisi 7). Jakarta: Erlangga. Lupiyoadi, Rambat & Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat. Lupiyoadi, Rambat & Hamdani. (2008). Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi 2). Jakarta: Salemba Empat. Nurlia, Cahya. Dkk. (2012). Hubungan Bauran Pemasaran dengan Keputusan Pasien Rawat Inap Memilih Layanan Kesehatan Di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar Tahun 2011. Jurnal AKK 1 (1): 1-55. Purnamasari, Andi Hardianty. Dkk. (2012). Hubungan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dengan Kunjungan Pasien Di Unit Rawat Jalan RSIA Pertiwi Makassar Tahun 2011. Jurnal AKK 1 (1): 1-55. Rahma, Nyayu. Dkk. (2014). Hubungan Bauran Pemasaran Terhadap Pemanfaatan Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Pelabuhan Palembang. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat 1 (5): 1. Rangkuti, Freddy. (2008). Riset Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Rismiati, E. Catur. (2001). Pemasaran Barang dan Jasa. Yogyakarta: KANISIUN. Rotsana, Farah Syakya. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pasien Berobat Di Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Walisongo. Sabarguna. 2009. Manajemen Rumah Sakit. Jakarta: CV Sagung Seto.. Sudarto, Totok. (2011). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Kelas VIP (Studi Kasus Pasien Di Kota Jember). Balance Economics, Bussiness, Management And Accounting Journal (14), ISSN 1693-9352. Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis Cetakan Ketujuh. Penerbit CV. Alfabeta, Bandung. Supriyanto, Ernawaty. (2010). Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Yogyakarta: Andi. Swastha, B. (2009). Azas-Azas Marketing. Yogyakarta: Liberty. Swastha, B. (2010). Manajemen Penjualan: Pelaksanaan Penjualan. Yogyakarta: BPFE. Tafdilla, Alfia Suci. (2016). Pengaruh Persepsi Pasien Tentang Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pasien Rawat Jalan Memilih Layanan Kesehatan Di Rumah Sakit Uum Daerah Majenang Tahun 2015. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Semarang. Tjiptono, Fandy. (2004). Service Marketing: esensi & aplikasi. Yogyakarta: Marknesis. Tjiptono, Fandy. (2006). Manajemen Jasa (Edisi 4). Yogyakarta: Andy. Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andy. Ulfah, Maria. Dkk. (2011). Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Rawat Jalan Di Rumah Sakit Bina Sehat Jember. Jurnal Aplikasi Manajemen 11 (3), ISSN: 1693-5241. Undang-Undang RI Nomor 36 tahun 2009. Kesehatan. Jakarta: Presiden RI. Pada Tanggal 19/03/2018, diakses dari http://binfar.depkes.go.id/dat/lama/1303887905_UU%20362009%20Kesehatan .pdf. Undang-Undang RI Nomor 44 tahun 2009. Rumah Sakit. Jakarta: Presiden RI. Pada Tanggal 19/03/2018, diakses dari http://www.depkes.go.id/resources/download/peraturan/UU%20No.%2044%20 Th%202009%20ttg%20Rumah%20Sakit.PDF. Umar, H. (2010). Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen (Edisi 5). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Utami. (2009). Hubungan Bauran Pemasaran dengan Loyalitas Pasien Poliklinik Kebidanan dan Kandungan Rumah Sakit Hospital Care Cinere Tahun 2010. Skripsi. Program Sarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Depok. citation: Adila, Eka Putri Nur dan Rachmawati, Emma (2018) Faktor-Faktor Bauran Pemasaran yang Berhubungan dengan Keputusan Pasien Rawat Jalan Non BPJS Memilih Kembali Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih Tahun 2018. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15591/1/FIKES_KESMAS_1405015046_EKA%20PUTRI%20NUR%20ADILA.pdf