eprintid: 15585 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3873 dir: disk0/00/01/55/85 datestamp: 2022-06-30 04:58:54 lastmod: 2022-06-30 04:58:54 status_changed: 2022-06-30 04:58:54 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Muntazzah, Afwah creators_name: Fuad, Ai Fatimah Nur creators_id: fatimah_nf@uhamka.ac.id title: Pengaruh Metode Muroja’ah Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Al Qur’an Hadist Di Kelas XI Madrasah Aliyah Annajah Jakarta Selatan. ispublished: pub subjects: LB1603 subjects: Skripsi divisions: 86208 abstract: Penelitian ini dilakukan dalam rangka mengetahui pengaruh metode Muroja’ah terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini sebanyak tiga kelas XI IIS 1, XI IIS 2 dan XI Mia. Dan samplenya adalah kelas XI MIA sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS 1 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest yang telah dilakukan uji validitas dan uji realiabilitas serta uji prasyarat analisis. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis, menggunakan analisis independent sample t test. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan Sig (2 tailed) sebesar 0,0002.007). Berdasarkan perhitungan analisis di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode Muroja’ah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Al Qur’an Hadist kelas XI di Madrasah Aliyah Annajah Jakarta Selatan. date: 2018 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka department: Fakultas Agama Islam thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Aisyah, Siti. Perkembangan Peserta Didik dan Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Deepublish, 2015. Ali, Mohammad Daud. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers, 2010. Al-Maliki, M. Alwi. Prinsip-Prinsip Pendidikan Rasulullah. [t.d]. Al-Qarni, Aidh. Cahaya Zaman. Jakarta: Al-Qalam, 2006. Al-Qaththan, Syaikh Manna’. Pengantar Studi Ilmu Hadist. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2005. Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010. Dalyono, M. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2015. Darajat, Zakiah. Dkk. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2011. Djaali, dan Pudji Muljono. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Sigit Pamunglas, 2007. Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press, 2012. Ghony, M. Djunaidi dan Fauzan Almanshur. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Malang: UIN-Malang Press, 2009. Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Universitas Dipenegoro, 2013. Ghuddah, Abu Fatah Abu. Pendidikan dan Pengajaran Rasulullah. Bandung: Irsyad Baitus Alam, 2012. Izzan, Ahmad dan Saehuddin. Hadis Pendidikan Konsep Pendidikan Berbasis Hadis. Bandung: [t.p.] [t.th]. Aisyah, Siti. Perkembangan Peserta Didik dan Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Deepublish, 2015. Ali, Mohammad Daud. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers, 2010. Al-Maliki, M. Alwi. Prinsip-Prinsip Pendidikan Rasulullah. [t.d]. Al-Qarni, Aidh. Cahaya Zaman. Jakarta: Al-Qalam, 2006. Al-Qaththan, Syaikh Manna’. Pengantar Studi Ilmu Hadist. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2005. Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010. Dalyono, M. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2015. Darajat, Zakiah. Dkk. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2011. Djaali, dan Pudji Muljono. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Sigit Pamunglas, 2007. Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press, 2012. Ghony, M. Djunaidi dan Fauzan Almanshur. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Malang: UIN-Malang Press, 2009. Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Universitas Dipenegoro, 2013. Ghuddah, Abu Fatah Abu. Pendidikan dan Pengajaran Rasulullah. Bandung: Irsyad Baitus Alam, 2012. Izzan, Ahmad dan Saehuddin. Hadis Pendidikan Konsep Pendidikan Berbasis Hadis. Bandung: [t.p.] [t.th]. Siyoto, Sandu. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015. Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, [t.th]. Supranto, J. Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga, 2000. Syakur, M. ‘Ulum Al-Hadits Kajian Musthalahah dan Sejarah. Kudus: MASEIFA Jendela Ilmu, 2011. Tobari. Penerimaan Pegawai Baru. Yogyakarta: Deepublish, 2012. Wahyono, Teguh. 25Model Analisis Statistik dengan SPSS 17. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2009. Widiyanto, Mikha Agus. Statistika Terapan: Konsep dan Aplikasi SPSS dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Elex Media Kompetindo, 2013 Widoyoko, S. Eko Putro. Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidikan dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011. Wahyono, Teguh. 25Model Analisis Statistik dengan SPSS 17. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2009. Widiyanto, Mikha Agus. Statistika Terapan: Konsep dan Aplikasi SPSS dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Elex Media Kompetindo, 2013 Widoyoko, S. Eko Putro. Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidikan dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011. Wahyono, Teguh. 25Model Analisis Statistik dengan SPSS 17. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2009. Widiyanto, Mikha Agus. Statistika Terapan: Konsep dan Aplikasi SPSS dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Elex Media Kompetindo, 2013 Widoyoko, S. Eko Putro. Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidikan dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011. Wahyono, Teguh. 25Model Analisis Statistik dengan SPSS 17. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2009. Widiyanto, Mikha Agus. Statistika Terapan: Konsep dan Aplikasi SPSS dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Elex Media Kompetindo, 2013 Widoyoko, S. Eko Putro. Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidikan dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011. Wahyono, Teguh. 25Model Analisis Statistik dengan SPSS 17. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2009. Widiyanto, Mikha Agus. Statistika Terapan: Konsep dan Aplikasi SPSS dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Elex Media Kompetindo, 2013 Widoyoko, S. Eko Putro. Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidikan dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011. Wahyono, Teguh. 25Model Analisis Statistik dengan SPSS 17. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2009. Widiyanto, Mikha Agus. Statistika Terapan: Konsep dan Aplikasi SPSS dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Elex Media Kompetindo, 2013 Widoyoko, S. Eko Putro. Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidikan dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011. citation: Muntazzah, Afwah dan Fuad, Ai Fatimah Nur (2018) Pengaruh Metode Muroja’ah Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Al Qur’an Hadist Di Kelas XI Madrasah Aliyah Annajah Jakarta Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15585/1/FAI_PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM_1407015005%20_%20AFWAH%20MUNTAZZAH.pdf