eprintid: 15584 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/55/84 datestamp: 2022-06-30 04:54:43 lastmod: 2022-06-30 04:54:43 status_changed: 2022-06-30 04:54:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Afrian, Achmad creators_name: Mustika, Sri creators_name: Basuki, Maryono creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Hubungan Perhatian Kepada Berita Politik Di Media Daring Detik.Com Dengan Minat Memilih Calon Presiden Nomor Urut Satu Dalam Pemilu 2019 ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Detikcom merupakan sebuah portal web yang berisi berita dan artikel daring di Indonesia. Detikcom merupakan salah satu situs berita terpopuler di Indonesia. Berbeda dari situs-situs berita berbahasa Indonesia lainnya, Detikcom hanya mempunyai edisi daring dan menggantungkan pendapatan dari bidang iklan. Meskipun begitu, Detikcom merupakan yang terdepan dalam hal berita-berita baru (breaking news). Sejak tanggal 3 Agustus 2011, detikcom menjadi bagian dari PT Trans Corporation, salah satu anak perusahaan CT Corp. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah stimulus organism response dan teori AIDDA untuk menjelaskan bagaimana reaksi balik dari individu ketika menerima stimuli dari media.Penelitian ini menjelaskan bagaimana hubungan perhatian kepada isi situs detik.com apakah berpengaruh terhadap minat memilih calon presiden 01 dalam pemilu 2019. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta jenis penelitian yang digunakan bersifat eksplanatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei eksplanatif (analitik). Populasi dalam penelitian adalah para pengakses situs detik.com dari bulan Juli-Agustus 2019. Sampel yang didapat sebanyak 100 orang dengan mengukur menggunakan rumus Taro Yamane. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner atau angket yang diberikan kepada responden secara online, yaitu para pengakses situs detik.com. Selanjutnya, penelitian ini melakukan uji validitas dan reliabilitas serta menganalisis datanya dengan uji korelasi. Hasil uji korelasi Pearson’s Product Moment menunjukkan bahwa koefisien korelasi (r) sebesar 0,677, berdasarkan Tabel Guilford, termasuk dalam interval koefisien 0,400 – 0,699 dimana tingkat keeratan korelasi termasuk sedang artinya bahwa terdapat hubungan yang sedang antara perhatian kepada isi situs Detik.com dengan minat memilih calon presiden dalam pemilu 2019. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi media online. Khususnya yang mewadahi para pembacanya menyalurkan minat memilih calon presiden dalam pemilu. Penelitian ini juga diharapkan memberikan manfaat yang positif bagi Detik.com agar semakin berkembang. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Ardianto dan Erdinaya, 2007. Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : Simbiosa Rekatama Media. Alisuf, Sabri. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya. Budiarjo, Miriam. 2008. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Gramedia Pustaka. Jakarta Bungin, M. Burhan. 2005. Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta: Kencana. _____________. 2006. Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta: Kencana. Cangara, Hafied. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Dakir. 1993. Dasar-dasar Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Djuarto Totok. 2003. Mengelola Radio Siaran. PT. Dahara Prize. Semarang. Effendy, Onong Uchjana. 2001. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti. _____________. 2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosda Karya. _____________. 2005. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosda Karya. _____________. 2007.Ilmu Komunikasi (Teori dan Praktek). Bandung: PT. Remaja Rosda karya. Fiske, John. 2012. Pengantar Ilmu komunikasi/John Fiske; penerjemah Hapsari Dwiningtyas.- Ed. 3-1. Jakarta: Rajawali Pers. H. Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Hurlock, E.B. 1999. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih bahasa: Istiwidayati & Soedjarwo. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga. Kartini, Kartono. 1990. Psikologi Perkembangan Anak. Bandung: CV. Mandar. Kountur, S. 2009. Metode Penelitian untuk Sekripsi dan Tesis. Jakarta : Rineka Cipta. Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi : Disertai Contoh Praktis Media Riset, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta :Kencana Prenada Media Group. ___________________.2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relation, Advertising, KomunikasiOrganisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta :Kencana Prenada Media Group. ___________________.2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relation, Advertising, KomunikasiOrganisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: KencanaPrenada Media Group. ___________________.2012. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Kusumaningrat, Hikmat dan Purnama Kusumaningrat. 2005. Jurnalistik, Teori dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. _______________. 2007. Jurnalistik, Teori dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. MacQuail, Dennis.1996. Teori Komunikasi Massa “Suatu Pengantar”. Jakarta : Erlangga. _______________. 2011. TeoriKomunikasi. Jakarta :Salemba Humanika Morissan. 2008. Teori Komunikasi Organisasi. Ghalia Indonesia. Bogor ________. 2009. Teori Komunikasi Organisasi. Ghalia Indonesia. Bogor Muda, Deddy Iskandar. 2003. Jurnalistik Televisi, Menjadi Reporter Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi, Pengantar. Bandung :Remaja. Rosdakarya. _____________. 2008. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja. Rosda karya. _____________. 2011. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja. Rosda karya. Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Narbuko, Cholid & Abu Ahmadi. 2000. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara. Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Menulis Secara Populer. Jakarta: Pustaka Jaya. Nurjamal, Sumirat dan Darwis. 2011. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta. Rakhmat, Jalaludin. 2003. MetodePenelitianKomunikasi. Bandung: PT. Remaja. ________________. 2004. MetodePenelitianKomunikasi. Bandung: PT. Remaja. ________________. 2008. MetodePenelitianKomunikasi. Bandung: PT. Remaja. Romli, Asep Syamsul M. 2012. Jurnalistik Online : Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendikia. Santana, Septiawan. 2005. Jurnalisme Kontemporer. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia. Singarimbun, M. dan S. Effendi. 1995. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES. Siregar, Ashadi. 1998. Bagaimana Meliput dan Menulis Berita Untuk Media Massa. Yogyakarta : Penyunting Rondang Pasaribu, Kanisius. Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Soekanto, Soerjono. 1985. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : CV Rajawali. Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito. Suharman. 2005. Psikologi Kognitif. Jakarta; Aneka Karyacipta. Suparman. 1990. Pengumpulan dan Penyajian Data. Jakarta: Karunika UT. Suryanto. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi (1). Bandung: CV Pustaka Setia Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa. Wagiran, Mokh Doyin. 2009. Bahasa Indonesia Pengantar Karya Ilmiah. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Wahyudi, J.B. 1991. Komunikasi Jurnalistik Pengetahuan Praktis Kewartawanan Surat Kabar, Majalah, Radio, dan Televisi. Bandung. Skripsi : Putri Permata Nurmaningsih. Hubungan Perhatian Pengakses Situs Hipwee.com terhadap Minat Menulis. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA) tahun 2016. Peminatan Komunikasi Massa. Agus Dwi Lanto. Hubungan Perhatian kepada Tayangan Iklan Meikarta di Televisi dengan Brand Awareness Warga Perumahan Puribeta 1 RW 12 Ciledug Tangerang. Tahun 2018. Peminatan Periklanan. Maulana Yusuf. Respon Irema (Ikatan Remaja Masjid) Nurul Ikhsan Bogor Terhadap Sinetron Islam KTP. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Tahun 2011. Peminatan Komusikasi Dakwah. https://id.wikipedia.org/wiki/DetikCom diakses pada 12 Maret 2019 Pukul 18.34 Wib. https://id.techinasia.com/tingkah-laku-pengguna-internet-indonesia diakses pada 17 Maret 2019 pukul 22.03 wib. citation: Afrian, Achmad dan Mustika, Sri dan Basuki, Maryono (2019) Hubungan Perhatian Kepada Berita Politik Di Media Daring Detik.Com Dengan Minat Memilih Calon Presiden Nomor Urut Satu Dalam Pemilu 2019. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15584/1/FISIP_ILKOM_%20ACHMAD%20AFRIAN_%201206015005.pdf