eprintid: 15576 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3873 dir: disk0/00/01/55/76 datestamp: 2022-06-30 04:24:49 lastmod: 2022-06-30 04:29:25 status_changed: 2022-06-30 04:24:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Chandra, Mita creators_name: lismawati, lismawati creators_id: lismawati@uhamka.ac.id title: Evaluasi Terhadap Implementasi Program Digital Classroom (Media Pembelajaran E-book) Di SD Muhammadiyah 5 Jakarta ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86208 abstract: Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengungkapkan Evaluasi Terhadap Implementasi Program Digital Classroom (Media Pembelajaran E-Book) Dengan Menggunakan Model CIPP (Context, Input, Process, Product): Studi Kualitatif Pada SD Muhammadiyah 5 Jakarta. Metode Yang Digunakan Adalah Riset Evaluasi Yaitu Suatu Metode Yang Menggunakan Angka-Angka, Keterangan Tertulis, Informasi Lisan Dan Beragam Fakta Untuk Mendapatkan Data Yang Berhubungan Dengan Masalah Evaluasi Terhadap Implementasi Program Digital Classroom (Media Pembelajaran E-Book).Pengumpulan Data Menggunakan Studi Dokumentasi, Wawancara, Observasi.Wawancara Dilakukan Kepada Peserta Didik, Guru, Wali Murid.Berdasarkan Hasil Penelitian Ini Bahwa Konteks Dalam Dalam Implementasi Program Digital Classroom (Media Pembelajaran E-Book) Di SD Muhammadiyah 5 Sudah Jelas Visi, Misi, Dan Tujuannya. Input Dalam Implementasi Program Digital Classroom (Media Pembelajaran E-Book) Masih Kurang Kontrol Dengan Baik, Hal Ini Terlihat Dari Input Guru Yang Masih Banyak Bekerja Tidak Sesuai Dengan Profesinya, Dan Input Wali Peserta Didik Yang Terdapat Kontra Dalam Implementasi Program Digital Classroom (Media Pembelajaran E-Book). Proses Implementasi Program Digital Classroom (Media Pembelajaran E-Book) Masih Belum Efektif, Dilihat Dari Proses KBM Nya Masih Banyak Kendala Yang Didapatkan Seperti, Koneksi Jaringan Wifi Yang Lemah, Masih Banyak Peserta Didik Yang Belum Bisa Menulis Di Ipad, Dan Masih Ada Peserta Didik Belum Memilikidevice Sehingga Peserta Didik Masih Menggunakan Buku Cetak.Produk Implementasi Program Digital Classroom (Media Pembelajaran E-Book) Sudah Ada Baiknya Dalam Bidang Akademik, Namun Belum Ada Produk Yang Dihasilkan Dalam Bidang Non Akademiknya.Diharapkan Bagi Sekolah Untuk Melengkapi Fasilitas Peserta Didik Dalam Pengimplementasian Program Digital Classroom (Media Pembelajaran E-Book)Guru Untuk Memperhatikan Dalam Proses KBM Agar Dapat Maksimal. date: 2017 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka department: Fakultas Agama Islam thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Anam,Khoirul.Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Cet II; Yogyakarta:PustakaPelajar, 2016. Arifin,Zainal.Evaluasi Pembelajaran. Cet V; Bandung: Pt Remaja Rosdakarya, 2013. Asyhar,Rayandra.Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran.Cet I; Jakarta: Gaung Persada Press, 2011. Danim, Sudarwan dan Khairil.Psikologi Pendidikan (Dalam Perspektif Baru).Cet I; Bandung: Alfabeta, 2010. Draf panduan sekolah digital SD muhammadiyah 5 Kebayoran Baru,Jakarta Selatan. Draf profil SD Muhammadiyah 5 Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Kareviati,Evie.“Al-qur’an Sebagai Media Pembelajaran” Jurnal-jurnal Ilmu Agama Islam, Vol. 3, No. 1, (Juli-Desember 2015). Lismawati, “Evaluasi Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2013 Pada Pelajaran Al-Islam di SD Muhammadiyah 5 Jakarta”: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7, No. 2 (September 2016) darI http://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi/article/download/178/135(diakses 26 Juli 2017). Poerwadarminta,W.J.S.Kamus Umum Bahasa Indonesia. Cet III; Jakarta: Balai Pustaka, 2007. Restiyowati, Illa dan I Gusti Made Sanjaya, “Pengembangan E-book Interaktif Pada Materi Kimia Semester Genap Kelas XI SMA,”Jurnal Kimia,Vol. _1,No. 1 (2012) dari jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/article/223/36/article.pdf(diakses 3 Mei 2017). Riyanto,Yatim.Paradigma Baru Pembelajaran. Cet III; Jakarta: Kencana, 2012. Sadiman, Arief S. dkk, Media Pendidikan. Cet XVI; Depok: Putekkom Dikbuddan Pt. RajaGrafindo Persada, 2012. Sagala,Syaiful.Konsep dan Makna Pembelajaran.Cet 12; Bandung: Alfabeta,2014. Sanaky,Hujair AH.Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif.Cet I; Yogyakarta:Kaukaba Dipantara, 2013. Sanjaya,Wina.Media Komunikasi Pembelajaran.Cet I; Jakarta: Kencana, 2012.Semarangdigitalclass.com (diakses 27 Mei 2017). Smaldino,Sharon E. dkk.Instructional Technology & Media ForLearning.CetIII; Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2014. Subarjo,Abdul Haris. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Pendidikan.”Bidang Keahlian Kewarganegaraan, Pancasila, ISBD, Kepemimpinan, Kimia Dasar: Jurnal Angkasa Vol. 7, No 1, (Mei 2015) darihttp://stta.ac.id/data_lp3m/04.Mei2015_AbdulHaris.pdf(diakses1Mei_2017). Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Cet III; Bandung:Alfabeta, 2013. Sutikno,M. Sobry.Media dan Pembelajaran.Lombok: holistica, 2013. Suyono & Hariyanto, Belajar dan Pembelajaran. Cet III; Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012), h. 15. Syukur,Imam Abdul. ”Profesionalisme Guru Dalam Mengimplementasikan _______Teknologi Informasi dan Komunikasi DI Kabupaten Nganjuk”Jurnal_Pendidikan dan Kebudayaan,Vol. 20, No. 2, Juni 2014, h. 206. Tim Permata Press, Undang-undang Sisdiknas & PP No 32 Tahun 2013_Perubahan PP No 19 tahun 2005 Tentang Standar Pendidikan Wati,Ega Rima.Ragam Media Pembelajaran.Yogyakarta: Kata Pena, 2016. Yusnimar, “E-Book Dan Pengguna Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Jakarta,”Jurnal Al-Maktabah, Vol. 13, No 1, (Desember 2014) dari http://download.portalgaruda.org/article.php?article=341617&val=340&title=Ebook%20dan%20pengguna%20perpustakaan%20perguruan%20tinggi%20di%20Jakarta (diakses 8 Mei 2017). Zahara,Nurlia.Dkk. “Optimalisasi Pembelajaran dengan E-book dan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Pada Materi Dunia Tumbuhan, ”Jurnal Biostik,Vol.2,No.2(2014) dari http//jurnal.arraniry.ac.id/index.php/biotic/article(diakses 8 Mei 2017). citation: Chandra, Mita dan lismawati, lismawati (2017) Evaluasi Terhadap Implementasi Program Digital Classroom (Media Pembelajaran E-book) Di SD Muhammadiyah 5 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15576/1/FAI_PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM_%201307015027%20_%20MITA%20CHANDRA.pdf