eprintid: 15566 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/55/66 datestamp: 2022-06-30 04:05:52 lastmod: 2022-06-30 04:05:52 status_changed: 2022-06-30 04:05:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Siddiq, Muhammad Ilyas creators_name: Amirullah, Gufron creators_id: ilyassiddiq7@gmail.com creators_id: gufron_amirullah@uhamka.ac.id title: Pengaruh Penggunaan Media Board Games Snakes And Ladders Terhadap Hasil Belajar Matematika ispublished: pub subjects: L subjects: QA divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari media Board Games Snakes And Ladders terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun datar kelas III SDN Marunda 01 Pagi Jakarta Utara Semester 2 Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Tru Eksperimen. Sampel yang digunakan adalah Teknik Sampling Jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan kolerasi Point Biserial sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan 30 soal valid dan 10 soal invalid. Sedangkan pada uji realibilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh memperoleh Rhitung= 0,935 > Rtabel= 0,361, maka data tersebut dapat memiliki soal yang reliabel. Selanjutnya data analisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Chi – Square diperoleh hasil dari kelas kontrol yaitu pada pre-test 6.63 < 11.1 dan pada post-test 12.55 < 12.6. Pada kelas eksperimen diperoleh hasil yaitu pada pre-test 9.99 < 12.6 dan pada post-test 25.26 < 12,56 , maka dapat disimpulkan bahwa semua data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji fisher diperoleh dari hasil pre-test kedua kelas yaitu 1, 57 < 1,86 sedangkan pada hasil post-test yaitu 1,23 < 1,86, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t pada soal post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Thitung 6,22 dan Ttabel 2,01 pada a=5% maka demikian H0 diterima yang menyatakan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Media Board Games Snakes And Ladders Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Kelas III SDN Marunda 01 Pagi Jakarta Utara. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Alamsyah Said. 2015 : 240 Strategi Mengajar Multiple Intelligences Mengajar Sesuai Kerja Otak Dan Gaya Belajar Siswa. Jakarta: PRENADA MEDIA GROUP. Asyhar. 2012: 8. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta. Azhar, A. 2015 : 1. Media Pembelajaran. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada. Cahyono. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berhitung Menggunakan Media Belajar Ular Tangga Di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita 2 Jragan Tembarak Temanggung. Laporan Penelitian UnIIIersitas Negeri Yogyakarta, 4. Dimyati, M. 2013 : 7. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Fadillah, Ahmad. 2016. Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 115. Fitri Wulandari, Leonard. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 107. Hanmalik, O. 2011: 15. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Pt Bumi Arkasa. Mudlofir Dan Rusydiyah. 2019 : 121. Desain Pembelajaran Inovatif : Dari Teori Ke Praktik. Depok: Rajawali. Nara, Siregar. 2015 : 3. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Sudjana. 2006 : 3. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya. Sudrajat, Hari. 2003 : 8. Undang Undang Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Sukiman. 2015 : 51. Sistem Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi. Sumantoro, Joko. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Menggunakan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 79. Susanto. 2018 : 56. Belajar Tuntas Filosofi, Konsep Dan Implementasi. Jakarta: Pt Bumi Aksara Tarigan, Daitin. 2006 : 63. Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Wati. 2016 : 3. Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena. citation: Siddiq, Muhammad Ilyas dan Amirullah, Gufron (2020) Pengaruh Penggunaan Media Board Games Snakes And Ladders Terhadap Hasil Belajar Matematika. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15566/1/FKIP_PGSD_1601025341_MUHAMMAD%20ILYAS%20SIDDIQ.pdf