eprintid: 15563 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/55/63 datestamp: 2022-06-30 03:57:27 lastmod: 2022-06-30 03:57:27 status_changed: 2022-06-30 03:57:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Saputri, Nita Ayu creators_name: SyaePurrohman, Purnama creators_id: purnamasae@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0003-2469-9461 title: Perbedaan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay dengan Snawball Throwing Siswa Kelas III SDN 16 Manggar Belitung Timur ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah terdapat Perbedaan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Course Review Horay dengan Snawball Throwing Siswa Kelas III SDN 16 Manggar Belitung Timur. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat Perbedaan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Model Pembelajaran Model Course Review Horay dengan Snawball Throwing Siswa Kelas III SDN 16 Manggar Beliung Timur. Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pemerintah telah mencanangkan pendidikan sebagai instrumen untuk membangun bangsa dan negara Indonesia menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah terdapat Perbedaan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Course Review Horray dengan Snowball Throwing Siswa Kelas III SDN 16 Manggar Belitung Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas III SDN 16 Manggar Belitung Timur. Hasil penelitian menunjukan terdapat Perbedaan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Course Review Horray dengan Snowball Throwing Siswa Kelas III SDN 16 Manggar Belitung Timur. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agus Suprijono. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Al-Tabany, Trianto Ibnu Bahar. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konstekstual. Jakarta: Prenadamedia Group. Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2016. Penelitian Pendidikan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Danang, Sunyoto. 2013. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi. Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Gunawan, Rudi. 2013. Pendidikan IPS-Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta. Hamdayama, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Huda, M. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Kadir, Abdul. 2015. From Zero to a Pro Arduino. Yogyakarta: ANDI Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstul : Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Adiatama Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV. Sugiyono.2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta. Suyanto dan Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional (Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global). Jakarta: Esensi Erlangga Group Suyono & Hariyanto. 2015. Implementasi Belajar & Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Ekowati, S., Bektiningsih, K., & Sumilah. 2014. Penerapan Model Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS. Joyful Learning Journal. 3(4): 169-175 Faridha, Ayu & Abbas, Nuraeni. 2015. Penerapan Model Think Pair Share Berbantua Puzzle untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS. Joyful Learning Journal. 4(2): 8-17 Kuswandi, Dedi. 2016. Model Pembelajaran IPS yang Menggunakan Unsur-unsur Penting Kehidupan Nyata Masyarakat Sebagai Sumber Belajar. Edcomtech. 1(1): 49-58 Munisah. 2018. Pendidikan Lingkungan Melalui Pembelajaran IPS dengan Pendekatan Project Based Learning dalam Menciptakan Sekolah Hijau. 8(2):1-11. Murfiah, Uum. (2017). Model Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Pesona Dasar.01, (05). ISSN: 2337-9227. Raguwan, Siang Tandi Gonggo dan Sri Mulyani Sabang. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Molekul Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pasangkayu. Jurnal Akademika Kimia Volume 3, No. 1, 2014: 1-7 Rahman, M Fathur. 2017. “Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Fasilitas Belajar di Sekolah terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ungaran.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi dan Bisnis ISBN: 978-602-8580-19 9. Rikki Zevtiawan. 2015. Penerapan Metode Snowball Throwing Pada mata Pelajaran Qur‟an Hadits Materi Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup di Kelas XI Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MA Al-Fatah Palembang. Jurnal Tadrib Vol. 1, No.2 Desember 2015. Sundayana, Rostina. 2016. Kaitan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Garut, 8 (1): 31- 40 WEBSITE: Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Pasal 1 Tahun 2015 Permendikbud No. 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah) Wahidmurni. 2017. “Pemaparan Metode Penelitian Kuantitatif”. Artikel UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (Online). (http://repository.uinmalang.ac.id/1985/2/1985. pdf). Diakses pada hari Senin tanggal 1 Juli 2020 pukul 21.12 WIB. citation: Saputri, Nita Ayu dan SyaePurrohman, Purnama (2020) Perbedaan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay dengan Snawball Throwing Siswa Kelas III SDN 16 Manggar Belitung Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15563/1/FKIP_PGSD_1601025334_NITA%20AYU%20SAPUTRI.pdf