eprintid: 15562 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3873 dir: disk0/00/01/55/62 datestamp: 2022-06-30 03:50:44 lastmod: 2022-06-30 03:50:44 status_changed: 2022-06-30 03:50:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Asydin, Ikram Faran creators_name: Fathonah, Siti title: Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMA Al-Kholidin Jakarta ispublished: pub subjects: LB1603 subjects: Skripsi divisions: 86208 abstract: Secara Teori Minat Belajar Merupakan Kecenderungan Untuk Selalu Memperhatikan Dan Mengingat Sesuatu Secara Terus Menerus. Sedangkan Hasil Belajar Adalah Hasil Nilai Siswa Yang Telah Dicapai Dalam Proses Pembelajaran Yaitu Nilai Hasil Belajar Siswa Dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Dalam Proses Pembelajaran, Minat Belajar Sangat Diperlukan Untuk Pencapaian Belajar Siswa. Namun Minat Bukan Satu-Satunya Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Menjadi Rendah Ataupun Tinggi. Dan Berdasarkan Hasil Penelitian Diketahui Bahwa Nilai Koefisien Korelasi (R) Sebesar 0,049 Dengan Arah Hubungan Positif. Berdasarkan Kekuatan Hubungan Korelasi, Nilai R Tersebut Masuk Pada Interval 0 < KK < 0,20 Dengan Kekuatan Sangat Rendah Atau Lemah Sekali. Nilai Signifikansi Pada Tabel Di Atas Sebesar 0,798. Hasil Tersebut Menunjukan Bahwa Ho Ditolak, Dibuktikan Dengan Nilai Koefisiensi Korelasi Lebih Kecil Dari R Tabel Yaitu 0,049 < 0,361 Dan Nilai Signifikansi Lebih Besar Dari Nilai Signifikansi Yang Telah Ditetapkan Yaitu 0,798 > 0,05. Jadi, Disimpulkan Bahwa Tidak Terdapat Hubungan Antara Variabel Minat Belajar (X) Dengan Hasil Belajar Siswa (Y), Sehingga Dapat Dikatakan Bahwa Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Yang Optimal Tidak Hanya Ditentukan Oleh Minat Belajar Saja Akan Tetapi Dapat Dipengaruhi Faktor Lain. date: 2017 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka department: Fakultas Agama Islam thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Abdurrahman, Mulyono. Pendidikan Anak Bagi Berkesulitan Belajar, Jakarta: PT Asdi Mahasatya, 2003. Akhdiyat, Hendra. Pendidikan Islam, Bandung: Alfabeta, 2009. Ali, Muhammad Daud. Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005. Alim, Muhammad. Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006. Arief, Armai. Pengantar Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2000. Arkinto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara 2012. Daradjat, Zakiyah. Pendidikan Agama dan Pengembangan Watak Bangsa, Jakarta: Grafindo Persada, 2005. Danim, Sudarman. Pengantar Kependidikan, Bandung: Alfabeta, 2010. Djaali. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2008. Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2008. Hamid, Abdul. Studi Islam 3, Surakarta: UMS Press, 2001. Hasan, M. Iqbal. Pokok-pokok Materi Statistika 1, Jakarta: Bumi Aksara, 2005. Hasan, M. Iqbal. Pokok-pokok Materi Statistika 2, Jakarta: Bumi Aksara, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia dari https://kbbi.web.id/minat (diakses 9 oktober 2017). Loekmono, J.T. Belajar Bagaimana Belajar, Salatiga: BPT Gunung Mulia, 1994. Majid, Abdul dan Dian Andayani. Pendidikan Agama Islam Berbaris Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, Bandung Rosda Karya, 2004. Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2010. Misbahuddin dan Iqbal Hasan. Analisis Data Penelitian dengan Statistik, Jakarta: Bumi Askara, 2013. Mustafa, Zainal. Mengurangi Variabel Hingga Instrumen, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013. Poerwadaminta, WJS. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta, 2007. Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2009. Riduwan. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2011. Riduwan. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula, Bandung: Alfabeta, 2013. Rifa’I, Muhammad. Sosiologi Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011. Sabri, Alisuf. Psikologi Pendidikan Berdasarkan Kurikulum Nasional, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2007. Shaleh, Abdul Rahman dan Muhbib Abdul Wahab. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam, Jakarta: Prenada Media, 2004. Siregar, Eveline. Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia, 2011. Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010. Soemanto, Wasty. Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006. Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012. Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2011. Sukmadinata, Nana Syaodih. Landasan Psikologi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003. Sumartaman, Wayan Nurkacana. Evaluasi Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1983. Susanto, A. Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta: Sinar Grafika Offset, 2009 Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Rosdakarya, 2008. Thobroni, Muhammad dan Arif Mustofa. Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011. Wingkel, W.S. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Jakarta: PT Gramedia, 1983. Zuhairini. Metode Khusus Pendidikan Agama Islam, Surabaya: Usaha Nasional, 1993. citation: Asydin, Ikram Faran dan Fathonah, Siti (2017) Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMA Al-Kholidin Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15562/1/FAI_PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM_1207015024_IKRAM%20FARAN%20ASYDIN.pdf